Apakah Alergi Bisa Benar-Benar Sembuh Total?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Alergi adalah kondisi kronis yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Jika Anda punya alergi, tentu Anda tahu betul bahwa masalah ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sebenarnya, alergi bisa sembuh total atau tidak, sih?

Kenapa alergi bisa terus kambuh?

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap sesuatu yang seharusnya tidak berbahaya. Alergi bisa kambuh bila dipicu oleh penyebabnya. Penyebab alergi disebut dengan alergen. Entah itu makanan, debu, bulu binatang, suhu dingin, obat, atau paparan bahan kimia tertentu.

Setelah sistem imun bertemu dengan zat penyebab alergi tersebut, tubuh akan mulai memproduksi antibodi pemicu reaksi alergi yang disebut dengan immunoglobin E (IgE). Reaksi alergi dapat muncul cepat segera setelah terpapar alergen atau lebih lambat, bisa 2-3 jam setelah paparan.

Pada jenis reaksi alergi lambat, seperti pada kasus dermatitis kontak, tubuh perlu menghabiskan waktu yang lebih lama untuk memproduksi antibodi IgE. Selama waktu ini, alergen bisa saja masuk berkali-kali tanpa menimbulkan reaksi. Namun, ketika frekuensinya sudah semakin sering hingga melewat batas, tubuh kemudian akan bereaksi dan menimbulkan gejala alergi.

badan gatal gejala penyakit kuning

Jadi, apakah alergi bisa sembuh total?

Kenyataannya, tidak ada kemungkinan untuk benar-benar membuat alergi sembuh total, dilansir dari Web MD. Gagasan untuk menyembuhkan alergi secara total sebenarnya sama saja seperti harus mengubah kerja sistem kekebalan tubuh dalam merespon alergen yang menyerang tubuh. Mengubah semua proses tersebut sangatlah sulit, tidak semudah seperti mematikan ponsel dan menyalakannya ulang.

Namun, bukan berarti Anda harus berpasrah diri begitu saja dalam menghadapi  alergi yang kambuhan ini. Anda harus sebisa mungkin menghindari penyebab alergi yang Anda miliki. Misalnya dengan mengurangi keluar rumah saat cuaca mendung berangin, memilah-milah jenis makanan yang tidak memicu alergi, hingga rutin mengganti seprai setidaknya 2 minggu sekali.

Lanjutkan dengan minum obat-obatan yang dapat membantu meredakan gejala alergi Anda. Baik itu obat-obatan yang dijual bebas di apotek seperti antihistamin, dekongestan, maupun obat yang diresepkan oleh dokter. Dengan begini, risiko kekambuhan alergi bisa ditekan hingga seminimal mungkin.

Jika diperlukan, dokter biasanya akan memberikan krim, lotion, maupun obat oles lainnya bila gejala alergi menimbulkan rasa gatal hebat, kemerahan, bahkan pembengkakan pada kulit. Jangan lupa, selalu konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang Anda alami.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca