Bayi Alergi Susu Sapi, Sebaiknya Pilih Susu Formula Jenis Apa?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Beberapa bayi mungkin terlahir dengan ketidakmampuan untuk mencerna protein susu sapi. Hal ini membuatnya tidak bisa mengonsumsi susu sapi maupun susu formula yang terbuat dari susu sapi. ASI mungkin menjadi salah satu solusi agar bayi yang alergi protein susu sapi bisa tetap mendapatkan asupan yang cukup.

Namun, bagaimana jika bayi tersebut juga tidak bisa menerima ASI dengan baik, susu apa yang sebaiknya diberikan pada bayi alergi susu sapi?

Kenapa bayi bisa alergi susu sapi?

Alergi susu sapi merupakan masalah yang cukup serius bagi bayi. Hal ini membuat ibu harus memperhatikan dengan baik makanan untuk bayinya. Salah dalam memberikan makan untuk bayi dapat membuat bayi sakit dan mengalami ketidaknyamanan pada saluran pencernaannya. Secara tidak langsung, masalah ini juga dapat membatasi asupan makan bayi.

Masalah alergi protein susu sapi terjadi saat sistem kekebalan pada tubuh bayi menganggap protein susu sapi adalah zat asing dan dapat membahayakan tubuh, sehingga hal ini memicu respon alergi pada tubuh bayi. Alergi protein susu sapi paling sering terjadi pada bayi yang diberi susu formula. Namun dalam beberapa kasus, masalah ini juga dapat terjadi pada bayi yang diberi ASI.

Susu formula yang tepat untuk bayi alergi susu sapi

Susu formula biasanya terbuat dari susu sapi yang diolah dan ditambahkan dengan berbagai nutrisi penting. Hal ini membuat susu formula menjadi makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi alergi susu sapi karena terdapat protein susu sapi di dalamnya. Ini tentu membuat Anda harus memutar otak untuk memberikan makanan yang tepat untuk si kecil.

Sebenarnya, ASI merupakan makanan yang sangat tepat untuk bayi yang alergi susu sapi. Namun, Anda jangan khawatir jika bayi tidak bisa menerima ASI, terdapat beberapa jenis susu formula yang bisa diberikan untuk bayi yang alergi susu sapi.

1. Susu formula yang terbuat dari kedelai

Ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk bayi yang alergi susu sapi. Namun, 8-14% bayi dengan alergi susu tampaknya juga bereaksi terhadap susu kedelai. Jadi, tidak semua bayi dengan alergi susu sapi cocok diberikan susu kedelai.

2. Susu formula yang dihidrolisis

Terdapat dua jenis susu formula yang dihidrolisis, yaitu yang dihidrolisis sebagian dan yang dihidrolisis seluruhnya. Sebagian besar bayi yang alergi susu sapi lebih cocok diberikan susu formula yang dihidrolisis seluruhnya.

Susu formula ini berbahan dasar susu sapi, tapi protein dalam susu sapi (kasein) diubah menjadi partikel-partikel yang sangat kecil. Sehingga, tubuh bayi tidak mengenali protein tersebut sebagai zat asing dan memungkinkan reaksi alergi berisiko lebih kecil untuk terjadi.

3. Susu formula berbasis asam amino

Jika bayi tidak cocok diberikan susu formula yang dihidrolisis, susu formula jenis ini bisa menjadi pilihan lain. Susu formula ini terbuat dari asam amino atau protein dalam bentuk yang paling sederhana. Sehingga, protein atau asam amino yang terkandung dalam susu tidak sampai bisa memicu reaksi alergi pada bayi. Hampir semua bayi yang alergi protein susu sapi bisa menerima susu formula jenis ini dengan baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Artikel dari ahli Arinda Veratamala, S.Gz

Zat Besi Sangat Penting Bagi Bayi, Berapa Banyak yang Dibutuhkannya?

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi bayi. Nah, jika terjadi kekurangan zat besi, apa sih dampaknya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
kebutuhan zat besi bayi

Makanan Padat Bayi Sebaiknya yang Seperti Apa?

Bayi yang tadinya biasa menerima makanan dalam bentuk cair (ASI), harus belajar menerima makanan padat. Nah, makanan padat bayi sebaiknya yang seperti apa?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
makanan padat untuk aanak

Bayi Baru Belajar Makan, Berapa Banyak Porsi yang Harus Diberikan?

Memberi makanan pertama bayi merupakan tantangan khusus bagi ibu. Salah-salah, asupan gizi bayi bisa kurang. Nah, berapa banyak sebaiknya bayi diberi makan?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
makanan pertama bayi

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Sesak Nafas pada Bayi dan Cara Menanggulanginya

Bayi sesak napas dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah karena alergi. Alergi apa yang menyebabkan sesak napas pada bayi ini?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Bayi, Parenting, Bayi Satu Tahun Pertama 23/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Ketahui Faktor Penyebab Ruam pada Bayi

Ruam pada bayi bisa disebabkan oleh beragam faktor, misalnya alergi susu sapi, biang keringat, dan lainnya. Ada beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Alergi, Health Centers 23/01/2020 . Waktu baca 6 menit

Apakah Alergi Susu Sapi Dapat Disembuhkan?

Banyak yang bertanya apakah alergi susu sapi bisa sembuh pada bayi? Sebagai pertolongan pertama, alergi susu sapi dapat dikelola secara tepat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Parenting, Nutrisi Anak 21/01/2020 . Waktu baca 6 menit

Alasan Rasa Susu Sapi Organik Lebih Manis dan Khas

Selain lebih alami, susu sapi organik juga punya citra rasa yang lebih khas dibanding susu sapi biasa, lho! Bagaimana rasanya? Yuk, cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Nutrisi, Hidup Sehat 28/07/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ciri anak alergi susu sapi

Gejala Alergi Susu Sapi dan Nutrisi yang Diperlukan pada Si Kecil Usia 1-3 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 5 menit
alergi-buah-kiwi

Alergi Buah Kiwi Cukup Umum Terjadi pada Anak, Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . Waktu baca 6 menit
susu sapi vs susu kedelai

Susu Sapi vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Bernutrisi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020 . Waktu baca 5 menit
makanan penyebab alergi

7 Jenis Makanan yang Paling Sering Memicu Reaksi Alergi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19/02/2020 . Waktu baca 6 menit