Pusing Sebagai Gejala Alergi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13/03/2020 . 7 menit baca
Bagikan sekarang

Jika Anda merasa pusing, Anda mungkin bertanya-tanya tentang penyebabnya. Dehidrasi, obat-obatan, dan berbagai kondisi dapat menyebabkan Anda merasa pusing dan mual. Walaupun pusing mungkin tampak seperti kondisi ringan, namun kondisi ini benar-benar bisa sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Kondisi ini bahkan bisa menjadi begitu parah sehingga bisa membuat Anda terbaring di tempat tidur selama berjam-jam atau berhari-hari.

Di antara banyak penyebab pusing salah satunya yaitu alergi. Alergi adalah respon sistem kekebalan tubuh untuk zat asing yang  biasanya tidak berbahaya bagi tubuh Anda. Zat-zat asing disebut alergen. Mereka mungkin termasuk makanan tertentu, serbuk sari, atau bulu hewan peliharaan, dan lainnya.

Kemacetan sinus berhubungan dengan alergi dapat menyebabkan pusing atau jenis pusing yang lebih parah  disebut vertigo. Bacalah penjelasan di bawah untuk mempelajari apa yang menyebabkan pusing terkait alergi dan bagaimana mengobatinya.

Apa penyebab pusing akibat alergi?

Pusing yang disebabkan alergi dapat disebabkan oleh zat yang disebut alergen. Alergen dapat ditemukan baik di udara dan dalam makanan yang Anda makan.

Pusing akibat alergi udara

Jika Anda alergi terhadap zat udara tertentu, termasuk debu, serbuk sari, dan bulu hewan peliharaan, tubuh Anda mulai melepaskan zat kimia yang disebut antihistamin untuk melawan zat penyusup. Histamin ini adalah penyebab dari gejala yang Anda kenal sebagai gejala alergi. Gejala alergi khas termasuk kemacetan sinus, bersin, tenggorokan gatal, dan batuk.

Alergi mempengaruhi saluran Eustachian. Saluran Eustachian pada dasarnya adalah sebuah saluran yang menghubungkan telinga tengah ke bagian belakang tenggorokan Anda dan membantu mengatur keseimbangan Anda, selain itu juga menyamakan tekanan di telinga tengah dengan tekanan udara ambien. Ketika Anda mulai mengalami gejala di telinga Anda, termasuk perasaan tersumbat yang mengganggu yang dapat membuat sulit mendengar, sering kali karena tabung Eustachian Anda diblokir oleh lendir. Ketika tabung inj diblokir, maka tabung ini tidak lagi mampu menyamakan tekanan di telinga dan menjaga keseimbangan dalam tubuh Anda. Gangguan telinga tengah ini dapat menyebabkan gejala pusing pada mereka yang menderita alergi, pilek, dan infeksi sinus.

Kepala ringan juga mungkin merupakan gejala alergi. Kepala ringan dan pusing adalah dua gejala khusus yang biasanya dibedakan dari satu sama lain. Saat Anda mengalami kepala ringan, Anda merasa seolah-olah Anda mungkin pingsan atau tidak sadar, bukan perasaan ruangan berputar (atau yang kepala Anda berputar). Berbaring biasanya dapat meredakan kepala ringan, setidaknya untuk sementara, sedangkan pusing umumnya tidak reda ketika Anda berbaring.

Pusing akibat alergi makanan

Kepala ringan dan pusing kadang-kadang dikaitkan dengan alergi makanan. Ini adalah manifestasi dari usaha tubuh untuk melawan zat asing, mirip dengan reaksi histamin yang terjadi dengan alergi udara. Jika Anda secara teratur memiliki gejala pusing, alergi udara mungkin tidak menjadi penyebabnya. Anda mungkin memiliki intoleransi terhadap gluten atau gandum atau produk makanan lainnya.

Gejala dapat terjadi segera setelah makan makanan yang menyebabkan alergi atau beberapa jam kemudian, tapi alergi makanan yang sebenarnya cenderung muncul dengan cepat. Di sisi lain,  ‘intoleransi makanan’ ringan mungkin tidak menimbulkan gejala selama beberapa jam, atau bahkan berhari-hari. Untuk itu, Anda mungkin tidak mengaitkan pusing Anda dengan makanan yang Anda baru saja makan. Bahkan mungkin alergi ink tidak diketahui sampai tes alergi menghasilkan adanya sensitivitas.

Apakah vertigo juga bisa disebabkan oleh alergi?

Vertigo adalah bentuk parah dari pusing yang menyebabkan Anda melihat ruang seolah-olah berputar. Seseorang dengan vertigo juga mungkin merasa seolah-olah mereka bergerak ketika mereka masih duduk atau berdiri. Dalam kasus vertigo  yang disebabkan alergi, penyebabnya adalah timbunan cairan di telinga tengah.

Sangat penting untuk diketahui bahwa walaupun vertigo dapat melemahkan atau mengganggu, namun kondisi ini dapat diobati. Dokter Anda mungkin akan menjalankan berbagai tes untuk menentukan penyebabnya. Jika vertigo diketahui berhubungan dengan alergi rhinitis, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai atau merujuk Anda ke dokter spesialis (biasanya dokter ahli alergi atau telinga, hidung, dan tenggorokan).

Karena vertigo dapat berhubungan dengan isu-isu kesehatan yang lebih serius, penting untuk mencari pengobatan secepat mungkin setelah Anda mengalami gejala ini.

Bagaimana mengobati pusing akibat alergi?

Obat untuk pusing  yang disebabkan alergi biasanya diberikan untuk mengobati penyebabnya – yaitu alergi itu sendiri. Menghindari alergen adalah cara yang paling efektif untuk mengobati alergi. Sayangnya, tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari alergen di udara. Obat resep dan obat yang tersedia di pasaran dapat membantu meringankan pusing dan gejala lain dari alergi. Namun, mengobati penyebabnya merupakan cara yang lebih efektif untuk menghilangkan pusing untuk selamanya.

Pertama, dokter akan mencoba untuk menentukan penyebab pusing Anda. Hal ini biasanya dilakukan dengan tes alergi tradisional, dengan analisis rinci dari alergen tertentu. Alergi makanan biasanya didiagnosis melalui proses eliminasi. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk melakukan ‘diet eliminasi’ untuk mencari tahu  makanan mana yang menyebabkan gejala Anda. Berdasarkan hal ini, Anda dapat menentukan perawatan atau perubahan pola makan yang diperlukan.

Obat-obatan

Ada banyak pilihan untuk memerangi gejala alergi. Antihistamin yang populer untuk penggunaan jangka pendek dapat sangat efektif dalam mengurangi kemacetan yang mungkin menyebabkan pusing Anda. Antihistamin juga digunakan untuk mengobati vertigo. Ketahui bahwa banyak antihistamin yang dapat menyebabkan kantuk. Sangat penting untuk tidak mengemudi atau mengoperasikan mesin ketika Anda pertama kali menggunakan antihistamin. Anda juga harus menghindari penggunaan antihistamin dengan antidepresan, obat anti-kecemasan, relaksan otot, obat tidur, atau alkohol. Bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

Selain antihistamin, jenis-jenis obat untuk mengobati alergi atau gejala alergi termasuk:

  • Pil kortikosteroid
  • Natrium kromolin
  • Semprotan steroid untuk mulut atau hidung
  • Dekongestan
  • Pengubah leukotrien

Suntikan alergi

Untuk perawatan jangka panjang, dokter akan cenderung ingin mengobati alergi yang menyebabkan reaksi histamin. Hal ini dapat dilakukan dengan obat resep yang aman untuk penggunaan sehari-hari. Hal ini juga bisa dilakukan dengan suntikan alergi khusus yang diformulasikan.

Ketika Anda menerima suntikan alergi, Anda akan disuntik dengan sejumlah kecil alergen. Hal ini membantu menurunkan reaksi pada alergen di tubuh Andq dari waktu ke waktu. Kemudian secara bertahap dosis Anda ditingkatkan, sehingga tubuh Anda dapat menyesuaikan. Gejala Anda akan berkurang dari waktu ke waktu. Suntikan alergi saat ini tidak tersedia untuk alergi makanan.

Diet

Anda mungkin perlu mempertimbangkan perubahan diet jika pusing Anda terkait dengan makanan. Diet bebas gluten, diet bebas susu, atau diet bebas gandum dapat direkomendasikan. Ada banyak pilihan di pasar saat ini untuk memenuhi kebutuhan makanan khusus tersebut. Dokter Anda mungkin juga memantau Anda untuk tanda-tanda penyakit celiac. Kondisi ini adalah bentuk yang lebih serius dari intoleransi gluten yang memerlukan penghindaran penuh dari gluten dalam diet Anda atau komplikasi kesehatan yang serius dapat terjadi.

Pusing bisa menjadi masalah, tetapi ketika alergi adalah akar penyebabnya, pengobatan yang tepat dapat memulihkan gejala Anda. Kuncinya adalah untuk menentukan penyebab pusing dan mengobatinya, bukan gejala itu sendiri.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Ingin Warnai Rambut? Hati-hati, Kenali Dulu Gejala Alergi Cat Rambut

    Alergi cat rambut terkadang dapat berakibat fatal. Ini sederet gejala alergi yang harus Anda waspadai sebelum menggunakan cat rambut.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Hidup Sehat, Fakta Unik 13/05/2020 . 5 menit baca

    5 Cara Atasi Efek Berhenti Minum Kopi Saat Puasa

    Saat puasa, Anda mungkin berhenti minum kopi, sehingga timbul efek samping seperti sakit kepala. Lalul bagaimana cara mengatasinya?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Hari Raya, Ramadan 04/05/2020 . 6 menit baca

    4 Penyebab Kepala Anda Pusing Saat Puasa

    Kepala pusing saat puasa pasti membuat Anda tidak nyaman. Tapi, apa penyebab kepala senut-senut saat sedang menjalani ibadah puasa? Apakah berbahaya?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Hari Raya, Ramadan 03/05/2020 . 3 menit baca

    Alergi Buah Kiwi Cukup Umum Terjadi pada Anak, Apa Gejalanya?

    Siapa yang tak tahu buah kiwi? Buah berwarna hijau ternyata dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang. Yuk, kenali apa itu alergi buah kiwi.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi

    Direkomendasikan untuk Anda

    obat migrain alami

    10 Obat Alami yang Mampu Redakan Migrain

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020 . 8 menit baca
    obat sakit kepala sebelah kanan atau kiri

    6 Obat yang Ampuh Redakan Sakit Kepala Sebelah

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020 . 6 menit baca
    cara menghilangkan sakit kepala

    14 Cara yang Bisa Dicoba untuk Menghilangkan Sakit Kepala

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 15/05/2020 . 8 menit baca
    penyebab hidung meler

    Beragam Penyebab Hidung Meler Terus Padahal Tidak Sedang Flu

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . 4 menit baca