Perkembangan Janin

Bagaimana pertumbuhan bayi saya di minggu 7?

Saat ini janin sudah sebesar apel hijau dan panjangnya dua kali lipat minggu lalu, yaitu 1.27cm.

Bayi Anda sedang berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan di dalam rahim. Dalam minggu ini, ari-ari yang menghubungkan Anda dengan bayi selama kehamilan sudah terbentuk. Ari-ari ini akan menyediakan oksigen, nutrisi, dan pembuangan kotoran untuk bayi. Selain itu, paru-paru dan sistem pencernaan bayi juga akan terbentuk.

Anda mungkin sudah tak sabar untuk melihat wajah bayi Anda saat ia lahir. Momen ini masih lama datangnya. Namun, saat ini wajah bayi sedang dalam proses pembentukan. Kontur mata, hidung, mulut, telinga, dan beberapa fiture lain di wajah mereka akan mulai terbentuk minggu ini. Anda tak sabar ini menggenggam tangan gemuk bayi Anda? Minggu ini, lengan bayi juga akan mulai terbentuk dan akan terlihat seperti dayung kecil.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya di minggu 7?

Kehamilan akan mengubah serviks Anda. Selama minggu ini, rahim Anda akan terus membesar dan sumbat ketuban akan terbentuk. Sumbat ini berfungsi melindungi rahim Anda dan mengontrol menutup/membukanya rahim. Sumbat akan terus ada sampai serviks Anda terbuka dan Anda bersiap untuk melahirkan.

Apa yang perlu saya perhatikan di minggu 7?

Jika Anda pernah hamil sebelumnya, perut Anda bisa jadi lebih besar dibanding kehamilan sebelumnya, dan gejala-gejala kehamilan juga akan muncul lebih awal di kehamilan ini. Hal ini dinamakan efek pemanasan. Sederhananya, seperti halnya bola karet akan lebih mudah ditiup menjadi lebih besar setelah kedua atau ketiga kalinya, rahim Anda juga akan lebih mudah melar dan membesar jika Anda sudah pernah hamil. Otot perut dan ligamen Anda sudah pernah melar sebelumnya, jadi kali ini akan lebih mudah melakukannya lagi.

Namun, rahim yang membesar dalam waktu singkat dapat menimbulkan gejala-gejala seperti panggul tertekan dan sakit punggung, yang akan mulai terasa sejak awal kehamilan dibanding saat kehamilan pertama.

Kunjungan ke Dokter

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 7?

Tanyakan pada dokter, kapan waktu terbaik bagi Anda untuk mengumumkan kepada teman-teman dan keluarga bahwa Anda hamil. Ada banyak faktor untuk dipertimbangkan. Kondisi kesehatan Anda dan perkembangan bayi Anda mungkin menentukan kapan Anda sudah bisa membagi kabar baik ini dengan semua orang.

Tes apa yang perlu saya ketahui di minggu 7?

Dokter Anda akan mengecek berat badan, tekanan darah, dan urine Anda, mengukur lingkar pinggang, mengecek posisi janin, mendengarkan detak jantung bayi, dan melakukan tes lain yang diperlukan. Dokter akan memonitor adanya komplikasi yang dapat muncul pada kehamilan Anda, supaya bisa segera ditangani.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca