Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 6 minggu?

Saat ini janin sudah sebesar kacang dengan panjang 0.6 cm.

Pada minggu ke-6, otak dan sistem saraf bayi berkembang sangat cepat. Perkembangan mata dimulai di minggu ini. Jalur berkerut akan menjadi telinga bagian dalam yang telah mulai berkembang.

Jantung janin mulai berdetak dan dapat dideteksi melalui USG. Sistem pencernaan dan pernapasan bayi akan mulai terbentuk dengan baik. Sel-sel tunas akan berkembang menjadi lengan dan kaki yang juga muncul di minggu ini.
Kaki bayi melengkung di sekitar tubuhnya selama berbulan-bulan sehingga sangat sulit untuk mengukur tinggi bayi secara akurat. Itulah sebabnya ketinggian janin sering diukur dari puncak kepala sampai bokong, bukan dari kepala sampai kaki. Di minggu ini, bayi Anda memiliki ukuran 2-5 mm dari puncak kepala hingga bokong.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 6?

Di minggu ini Anda mungkin akan merasakan lebih banyak tanda-tanda kehamilan daripada minggu lalu. Tubuh Anda bekerja keras untuk menopang bayi Anda sehingga menyebabkan kelelahan yang ekstrem. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda melewati periode ini.

  • Perhatikan tubuh Anda. Jika Anda merasa lelah segeralah untuk beristirahat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja
  • Mintalah bantuan. Biarkan pasangan Anda mengetahui  bagaimana perasaan Anda sehingga ia dapat membantu untuk mendukung Anda. Jika teman atau keluarga menawarkan bantuan janganlah menolaknya. Mempunyai teman untuk membawakan makanan berarti Anda mungkin dapat memiliki energi yang cukup untuk berjalan santai setelah makan malam.
  • Tidur yang cukup. Jika Anda terus-menerus mengantuk, luangkanlah lebih banyak waktu untuk tidur lebih lama.  Jika memungkinkan, pergi tidur lebih awal lalu tetap berbaring di tempat tidur setelahnya.
  • Makan teratur. Untuk menjaga energi, Anda memerlukan pasokan bahan bakar dari makanan. Ikuti diet kehamilan dengan berfokus pada penguat energi jangka panjang, seperti protein dan karbohidrat. Lalu pastikan Anda mendapatkan cukup kalori.
  • Rasa mual dapat membuat Anda tidak nafsu makan. Sangat penting untuk menemukan makanan yang dapat dengan mudah Anda makan seperti bubur dan sup. Tambahkan sedikit jahe untuk dapat membantu mengurangi rasa mual.
  • Seringlah makan. Rasa lelah Anda dapat diatur dengan memakan 6 makanan dengan porsi kecil dalam sehari. Menjaga gula darah Anda pada level tertentu akan membantu menjaga energi Anda tetap stabil. Cara terbaik yaitu untuk menemukan makanan ringan sehat yang dapat memberikan energi untuk Anda.
  • Terus bergerak. Anda mungkin ingin berbaring di sofa sepanjang hari. Tetapi lebih baik jika Anda melakukan olahraga ringan secara rutin agar dapat meningkatkan energi Anda.
  • Anda dapat berjalan santai selama 30 menit  atau berenang di pagi hari. Ini akan membuat Anda berenergi dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Konsultasikan dengan dokter jika rasa lelah Anda tidak berkurang atau bertambah parah. Mungkin terdapat penyebab lain untuk kelelahan Anda. Dokter dapat memberikan diagnosa yang tepat.

Menjaga kehamilan yang berjalan 6 minggu

Anda mungkin khawatir dengan seringnya Anda buang air. Janganlah khawatir karena hal ini sangatlah normal. Hormon kehamilan HCG menyebabkan seringnya buang air kecil. Hal ini meningkatkan aliran darah ke ginjal untuk membuang kotoran dari tubuh Anda dan bayi Anda. Anda buang air tidak hanya untuk Anda, tetapi juga untuk sang bayi. Berikut beberapa tips.

  • Condongkan badan ke depan ketika buang air kecil. Ini membantu mengosongkan kandung kemih. Ketika selesai buang air, buang airlah lagi untuk memastikan bahwa kandung kemih Anda benar-benar dikosongkan setiap kalinya sehingga dapat sedikit mengurangi frekuensi ke kamar mandi.
  • Banyak minum. Jangan berpikir bahwa Anda akan jadi sering ke kamar mandi jika sering minum. Tubuh Anda dan bayi Anda membutuhkan banyak cairan selama masa kehamilan, ditambah juga dehidrasi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.
  • Hindari kafein. Kafein menyebabkan Anda semakin sering buang air kecil.

Gejala ini memang sangat mengganggu, tapi buang air dapat membantu membuang semua kotoran dari tubuh Anda dan bayi Anda.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 6?

Pada bulan kedua kehamilan, perasaan bersemangat ketika tahu Anda sedang hamil dapat lenyap lalu berubah menjadi rasa takut. Apa yang akan terjadi jika Anda melakukan sesuatu yang membahayakan bayi sebelum Anda tahu Anda sedang hamil? Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak sengaja meminum aspirin untuk mengobati sakit kepala atau minum segelas wine saat makan malam? Apa yang harus dilakukan jika Anda sakit flu? Ini adalah hal yang normal. Janganlah merasa tertekan.  Dokter dapat meyakinkan Anda bahwa bayi Anda tidak akan kenapa-kenapa. Anda hanya perlu memberi tahu mereka.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 6 minggu

Tes pertama akan dilakukan pada kunjungan dokter pertama Anda. Beberapa wanita hamil mungkin menunggu sampai minggu ke 8 atau 9 untuk periksa ke dokter. Jika Anda cemas, Anda dapat menjadwalkan kunjungan Anda di sekitar saat ini. Beberapa tes darah dapat dilakukan selama kunjungan pertama untuk menentukan golongan darah Anda (A, B, AB atau O) dan faktor Rh (Rh positif atau Rh negatif), dan menentukan apakah Anda masih memiliki kekebalan terhadap beberapa penyakit dari vaksinasi sebelumnya, seperti rubella dan hepatitis B.

Sumber

Direview tanggal: July 14, 2017 | Terakhir Diedit: July 14, 2017

Yang juga perlu Anda baca