Perkembangan Janin

Bagaimana pertumbuhan bayi saya di minggu 38?

Bayi Anda sekarang sudah seukuran seikat daun bawang, panjang kurang lebih 45cm dari kepala hingga tumit dengan berat 3.2kg. Berat masih akan terus bertambah walau pertumbuhan sudah semakin melambat. Anda mungkin akan sadar berat badan Anda telah menurun atau berhenti bertambah.

Karena bayi Anda telah memiliki otot untuk mengisap dan menelan cairan ketuban, kotoran sudah mulai terakumulasi pada ususnya. Sel-sel yang berasal dari usus, sel kulit mati, dan rambut lanugo, adalah beberapa material yang berkontribusi dalam membentuk meconium, a greenish-black substance.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya di minggu 38?

Karena posisi bayi berada pada panggul, kandung kemih Anda akan tertekan. Oleh karena itu frekuensi buang air kecil semakin sering tidak dapat dihindari.

Jika bayi Anda laki-laki, Anda dan pasangan akan diminta untuk membuat keputusan terkait penyunatan. Sunatan adalah proses bedah untuk menghilangkan kulup pada penis bayi laki-laki. Bagi beberapa orangtua keputusan menyunat merupakan hal yang agamis. Bagi yang lainnya, keputusan ini tidak mudah dibuat. Bicarakan dengan pusat kesehatan mengenai isu terkait sunat, termasuk pilihan pereda rasa sakit bagi bayi.

Apa yang perlu saya perhatikan di minggu 38?

Sangatlah normal untuk melahirkan satu bahkan dua minggu sebelum – atau sesudah – waktu yang telah ditentukan. Jika kehamilan Anda harus terus berlanjut selama dua minggu setelah melewati waktu yang telah ditentukan, ini dinamakan overdue pregnancy. Anda mungkin mengalami overdue pregnancy jika:

  • Tanggal pasti dari menstruasi terakhir Anda tidak diketahui
  • Ini adalah kehamilan pertama Anda
  • Pernah mengalami overdue pregnancy sebelumnya
  • Sering terjadi overdue pregnancy pada keluarga Anda
  • Bayi Anda laki-laki

Kunjungan ke Dokter

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 38?

Perawatan prenatal akan terus berlanjut bahkan saat due date sudah lewat. Dokter akan memantau kesehatan dan juga serviks Anda untuk melihat apakah sudah mulai menipis dan melebar untuk persiapan proses bersalin. Jika Anda telah melewati satu minggu dari batas waktu yang telah ditentukan, dokter akan memeriksa detak jantung bayi Anda menggunakan monitor janin elektronik atau ultrasound untuk mengamati pergerakan bayi Anda dan mengukur jumlah cairan ketuban.

Tes apa yang perlu saya ketahui di minggu 38?

Semakin Anda dekat dengan waktu yang telah ditentukan, dokter mungkin akan memeriksa panggul Anda secara rutin untuk memastikan posisi bayi Anda di dalam rahim. Tes tersebut dapat membantu dokter untuk mengetahui posisi bayi Anda saat persalinan nanti: kepala lebih dulu, kaki lebih dulu, atau bokong lebih dulu dari dalam kandungan Anda. Kebanyakan bayi berada pada posisi kepala-lebih dulu pada masa akhir kehamilan. Pada posisi tersebut kepala bayi terletak pas pada seluk panggung Anda. Selama tes panggul, dokter juga akan memeriksa serviks untuk melihat apakah serviks Anda sudah mulai terbuka atau melembut atau lebih tipis, dan informasi ini akan ditunjukkan melalui angka dan persentase.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca