Perkembangan Janin

Bagaimana pertumbuhan bayi saya di minggu 32?

Bayi Anda sekarang seukuran bengkoang besar. Bayi Anda memakan banyak ruang di dalam rahim, dengan berat 1.7 kg dan panjang 42,5 cm dari kepala sampai tumit. Ia dapat bertahan hidup di luar rahim jika Anda melahirkan pada saat ini.

Sentuhan akhir sedang berlangsung pada pembentukan tubuh bayi Anda. Bulu mata, alis, dan rambut di kepala bayi Anda sudah jelas. Rambut lanugo yang telah menutupi bayi Anda sejak awal bulan keenam mulai berjatuhan, meskipun beberapa mungkin tetap berada di bahu dan di punggung saat lahir.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya di minggu 32?

Untuk mengakomodasi pertumbuhan Anda dan kebutuhan bayi Anda, volume darah Anda meningkat 40 hingga 50 persen sejak Anda hamil. Dengan rahim yang semakin mendorong dekat ke diafragma Anda dan perut Anda semakin padat, konsekuensinya Anda mungkin mengalami sesak napas dan panas ulu hati. Untuk membantu meringankan ketidaknyamanan Anda, cobalah tidur diganjal dengan bantal dan makan makanan dengan porsi lebih kecil namun lebih sering.

Anda mungkin mengalami nyeri punggung bawah seiring perkembangan kehamilan Anda. Jika Anda mengalaminya, segera beri tahu dokter Anda, terutama jika Anda belum pernah memiliki sakit punggung sebelumnya, karena dapat menjadi tanda persalinan prematur.

Dengan asumsi bahwa Anda tidak sedang menghadapi persalinan prematur, alasan lain untuk nyeri punggung Anda mungkin adalah pertumbuhan rahim Anda  dan perubahan hormonal. Uterus yang membesar menggeser pusat gravitasi Anda dan melebarkan serta melemahkan otot-otot perut Anda, mengubah postur tubuh Anda dan memberi beban pada punggung Anda. Perubahan hormonal pada kehamilan akan melonggarkan sendi dan ligamen yang mengikat tulang panggul Anda ke tulang belakang Anda. Hal ini dapat membuat Anda merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit ketika Anda berjalan, berdiri, duduk untuk waktu yang lama, berguling di tempat tidur, berdiri dari kursi yang rendah atau bak mandi, berbelok, atau mengangkat barang.

Apa yang perlu saya perhatikan di minggu 32?

Risiko persalinan prematur mungkin muncul saat ini. Tanda dan gejala persalinan prematur meliputi:

  • Kontraksi mungkin tidak menyakitkan, tapi terasa kencang di perut
  • Kontraksi ditambah nyeri punggung atau perasaan tekanan di panggul atau paha
  • Perubahan keputihan: bercak atau perdarahan, cairan bocor dari vagina atau cairan yang menebal dan bernoda darah.

Jika Anda memiliki lebih dari enam kontraksi dalam satu jam dan setiap kontraksi berlangsung setidaknya 45 detik, hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit bahkan ketika kontraksi tidak terasa sakit. Hal ini perlu diwaspadai terutama jika Anda memiliki perdarahan vagina dan kram perut.

Kunjungan ke Dokter

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 32?

Tanyakan dokter Anda, teman, tetangga, kolega atau saudara yang memiliki bayi untuk menemukan dokter anak yang dapat dipercaya. Ini adalah sebuah keputusan penting sebagai orangtua sebelum melahirkan.

Napas pendek kadang-kadang merupakan gejala dari kandungan zat besi yang rendah dalam tubuh, jadi pergilah ke dokter untuk memeriksa kondisi ini.

Tes apa yang perlu saya ketahui di minggu 32?

Setelah minggu 32, dokter bisa saja meminta Anda untuk melakukan pengecekan dua kali seminggu untuk memantau kemajuan Anda dan bayi Anda. Dokter dapat memberikan tes berdasarkan kebutuhan Anda dan cara kerja dokter, termasuk:

  • Menimbang berat badan dan tes tekanan darah
  • Pemeriksaan urin untuk memeriksa kadar gula dan protein
  • Uji denyut jantung janin
  • Pemeriksaan ukuran rahim dengan menyentuh bagian luar untuk mengecek kesiapan kelahiran
  • Ketinggian fundus (puncak rahim)
  • Kaki varises, tangan dan kaki bengkak
  • Skrining glukosa
  • Tes darah untuk anemia
  • Inokulasi terhadap difteri
  • Gejala yang sudah ada, terutama gejala yang tidak normal
  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada dokter Anda
Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca