Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 21 minggu?

Pada saat ini, panjang bayi seukuran wortel. Janin sekarang memiliki panjang sekitar 26,7 cm dari kepala sampai tumit dan berat sekitar 340 g.

Cairan ketuban yang memiliki efek bantalan dan dukungan untuk bayi di dalam rahim, sekarang memiliki tujuan lain. Usus bayi telah cukup berkembang untuk menyerap sejumlah kecil gula cair dan cairan ini ditelan dan melewati sistem pencernaan dari usus besar. Namun, sebagian besar nutrisi bayi telah diberikan melalui plasenta.

Pada saat ini, hati dan limpa bayi telah bertanggung jawab untuk produksi sel darah. Sumsum tulang cukup berkembang untuk berkontribusi pada pembentukan sel darah, dan sumsum tulang menjadi bagian utama yang menghasilkan sel-sel darah merah sejak bulan 9 kehamilan dan setelah melahirkan. Pankreas berhenti memproduksi sel-sel darah pada minggu ke-30 kehamilan dan hati berhenti memproduksi sel-sel darah beberapa minggu sebelum kelahiran.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 21?

Anda mungkin merasa lebih nyaman pada mingggu ini. Perut Anda tidak terlalu besar dan ketidaknyamanan pada awal kehamilan sudah hilang. Jika Anda merasa lebih baik, bersantai dan nikmati selama Anda bisa, karena trimester ketiga Anda akan mengalami lebih banyak ketidaknyamanan dan kelelahan.

Namun tidak berarti Anda tidak memiliki keluhan apapun sekarang. Untuk beberapa wanita hamil, jerawat adalah masalah utama. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi minyak dalam tubuh. Jika itu terjadi, Anda harus rajin mencuci daerah yang terkena jerawat dengan sabun ringan atau pembersih dua kali sehari, dan pastikan bahwa setiap pelembap atau makeup yang Anda gunakan tidak mengandung minyak. Jangan mengonsumsi obat jerawat oral karena beberapa obat yang sangat berbahaya selama kehamilan. Jangan pula menggunakan produk jerawat tanpa memeriksa terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Anda juga mungkin rentan terhadap varises. Ketika secara bertahap janin berkembang dan meningkatkan tekanan di pembuluh darah di kaki Anda, konsentrasi hormon progesteron yang lebih tinggi daripada biasanya akan menjadi penyebab pembuluh darah melemah dan membuat masalah lebih buruk. Anda lebih mungkin mendapatkan varises jika anggota keluarga yang lain memiliki riwayat penyakit ini. Selain itu, varises cenderung lebih buruk ketika Anda mengalami hamil berturut-turut dan pada usia yang lebih tua. Untuk membantu mencegah atau mengurangi varises, Anda harus berolahraga setiap hari, menopang kaki Anda bila memungkinkan, tidur di sisi kiri, dan memakai peralatan dukungan untuk ibu hamil.

Anda juga mungkin memiliki pembuluh darah laba-laba (spider veins), yaitu sekelompok kecil pembuluh darah dekat permukaan kulit yang terlihat jelas, terutama di pergelangan kaki atau wajah. Pembuluh laba-laba berbentuk kecil seperti sinar yang berasal dari matahari atau cabang-cabang pohon, atau sebagai sekelompok kecil darah yang bercabang dan tidak memiliki bentuk tertentu. Meskipun mungkin sedikit tidak sedap dipandang tetapi spider veins tidak menyebabkan perasaan tidak nyaman dan biasanya menghilang setelah melahirkan.

Apa yang perlu saya perhatikan di minggu 21?

Waktu akan berlalu dengan cepat ketika Anda memiliki bayi dan membesarkan mereka. Sebelum masa itu lewat, abadikan momen kehamilan Anda untuk generasi mendatang dengan menggunakan perangkat yang bisa ‘membekukan waktu.’ Bertahun-tahun kemudian, anak Anda (yang sudah bukan anak-anak lagi) akan bisa melihat masa lalu saat ia masih di dalam kandungan Ambillah kotak, dan masukkan di dalamnya gambar Anda saat hamil, suami Anda, hewan peliharaan, rumah dan mobil sekarang.

Coba tambahkan foto USG, makanan yang membuat Anda ngidam selama hamil, majalah atau surat kabar yang terbit di hari anak Anda dilahirkan, dan benda-benda pengingat lainnya. Simpan kotak ini sampai anak Anda sudah cukup tua untuk menghargai itu.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 21?

Meskipun masih beberapa bulan sebelum Anda melahirkan, payudara Anda sudah mulai mempersiapkan diri dan hasilnya adalah saluran susu yang tersumbat. Kondisi berupa benjolan keras, kemerahan, dan lembut ketika dada disentuh adalah umum di hari-hari awal kehamilan, terutama setelah kehamilan memasuki bulan ke-6 dan setelah kehamilan berakhir. Gunakan kompres hangat dan pijatan lembut untuk membersihkan saluran susu. Beberapa ahli menyarankan bahwa menghindari bra berkawat juga akan berguna, tapi pastikan Anda memakai bra yang bisa mendukung payidara Anda. Ingat bahwa pemeriksaan payudara bulanan tetap harus dilakukan ketika Anda sedang hamil. Meskipun pemeriksaan tumor akan lebih rumit karena perubahan pada payudara selama kehamilan, tes ini masih sangat penting. Beri tahu dokter jika Anda menemukan benjolan pada payudara Anda.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 21 minggu

Mulai sekarang, kunjungan rutin ke dokter akan menjadi kebiasaan Anda. Anda mungkin meminta dokter Anda untuk memeriksa hal berikut, meskipun dapat bervariasi, tergantung pada kebutuhan spesifik Anda dan cara kerja dokter:

  • Mengukur berat badan dan tekanan darah
  • Periksa urin untuk glukosa dan protein
  • Periksa detak jantung janin
  • Mengukur ukuran rahim dengan palpasi eksternal (perabaan dari luar) untuk melihat bagaimana korelasi dengan tanggal lahir
  • Ketinggian posisi bawah (pada rahim)
  • Periksa pembengkakan tangan dan kaki, memeriksa varises di kaki.
  • Gejala yang Anda alami, terutama gejala-gejala yang tidak normal.

Siapkan daftar pertanyaan atau masalah yang ingin Anda diskusikan dengan dokter Anda.

Sumber

Direview tanggal: July 16, 2017 | Terakhir Diedit: July 16, 2017

Yang juga perlu Anda baca