Perkembangan Janin

Bagaimana pertumbuhan bayi saya di minggu 17?

Janin hampir seukuran lobak, memiliki berat sekitar 150 gram dan panjang sekitar 12 sentimeter dari kepala hingga ujung kaki

Bagian dari bayi yang paling betul-betul berkembang selama periode ini adalah plasenta. Plasenta Anda telah berkembang dengan ribuan pembuluh darah untuk mengoptimalkan fungsi yang memberi menyalurkan nutris serta oksigen kepada bayi, dan mengeliminasi zat sisa pembuangan untuk bayi.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya di minggu 17?

Anda mungkin akan menyadari adanya perubahan pada payudara Anda secara signifikan sejak awal kehamilan. Penyebab dari fenomena ini adalah karena aktifnya hormon untuk mempersiapkan Anda memproduksi ASI. Darah akan lebih banyak mengalir ke duktus atau saluran ASI, dan payudara akan tumbuh demi mempersiapkan Anda untuk menyusui. Hal ini dapat meningkatkan ukuran dada Anda dan membuat pembulu darah vena utama menjadi terlihat. Pastikan ukuran bra Anda sesuai pada saat dada Anda berkembang selama masa kehamilan.

Apa yang perlu saya perhatikan di minggu 17?

Anda mungkin merasa panas dan lebih berkeringat dalam hari-hari ini. Hal ini terjadi karena hormon-hormon meningkatkan aliran darah ke kulit. Di samping itu, metabolisme selama masa kehamilan juga meningkat dan membuat Anda selalu basah oleh keringat.

Kunjungan ke Dokter

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 17?

Terkadang Anda diserang pusing dan membuat Anda jadi sangat khawatir? Tenang saja, ini bukan fenomena yang berbahaya. Faktanya, hal ini adalah gejala yang relatif umum, dan hampis selalu muncul ketika Anda hamil. Saat Anda merasa pusing, berbaringlah menghadap ke arah kiri dan angkat kaki Anda setinggi mungkin; atau Anda dapat duduk dan taruh kepala Anda di antara lutut Anda. Ambil nafas yang dalam dan longgarkan pakaian Anda sehingga tidak ada yang ketat. Segera setelah Anda merasa lebih baik, makanlah walau sedikit dan konsultasikan mengenai gejala pusing tersebut pada kunjungan berikutnya ke dokter. Pingsan sebenarnya jarang terjadi, namun jika Anda pingsan, jangan anggap sepele. Sebaiknya Anda segera pergi ke dokter secepatnya.

Tes apa yang perlu saya ketahui di minggu 17?

Tergantung pada kebutuhan spesifik Anda dan ketentuan dokter, Anda akan melakukan pemeriksaan sebagai berikut :

  • pengukuran berat badan dan tekanan darah
  • pemeriksaan gula dan protein di urine
  • pemeriksaan denyut jantung janin
  • pemeriksaan ukuran uterus atau rahim dengan cara palpitasi eksternal
  • pengukuran tinggi uterus dari bagian bawahnya
  • pemeriksaan tangan dan kaki terhadap bengkak dan varises
  • beri tahu dokter gejala yang anda alami terutama gejala yang tidak biasa
  • jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang ingin Anda diskusikan dengan dokter Anda, sebaiknya Anda membuat daftartnya terlebih dahulu sebelum pemeriksaan dilakukan

 

X-ray

 

X-ray selama masa kehamilan pada umumnya cukup aman. Akan tetapi tingkat keamanannya bergantung pada tipe x-ray yang Anda perlu lakukan dan jumlah paparan radiasi yang akan Anda dapatkan.

 

Kebanyakan pemeriksaan x-ray biasanya tidak menyebabkan kemungkinan buruk terhadap janin, dan hal ini pun adalah fakta yang telah terbukti. Namun Anda perlu mengetahui bahwa terlalu banyak paparan radiasi pada intensitas tinggi juga dapat meningkatkan risiko berbahaya pada janin.

 

Ketika janin terpapar x-ray pada 10 radian, risiko dari retaradasi mental dan penyakit yang menyebabkan kerusakan pada mata menjadi lebih tinggi. Namun jangan khawatir, pemeriksaan mengguakan x-ray yang melebihi 5 radian sangat jarang terjadi.

 

Kenaikan suhu tubuh

 

Anda akan merasa panas dan berkeringat akhir-akhir ini. Ini adalah salah satu konsekuensi dari hormon kehamilan di tubuh Anda yang meningkat.

 

Untuk menjaga suhu tubuh tetapsejuk, Anda sebaiknya menghindari olahraga di luar rumah pada hari yang cerah. Jika ingin jogging, lakukanlah sebelum atau sesudah sarapan atau saat udara segar. Anda juga dapat berolahraga di gym yang dilengkapi dengan AC. Apapun olahraga pilihan Anda, hentikanlah apapun yang Anda lakukan jika Anda sudah merasa terlalu panas.

Jadi, minggu depan, janin Anda akan tumbuh seperti apa?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca