Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan X minggu?

Saat ini janin sudah sepanjang buncis, yaitu sekitar 7 cm dari kepala sampai kaki dan berat 30g.

Ketika memasuki bulan ke-4 masa kehamilan, plasenta Anda telah berkembang dan bertanggung jawab atas pasokan oksigen, nutrisi, dan pengolahan kotoran bayi. Plasenta juga menghasilkan hormon progesteron dan estrogen yang membantu menjaga kehamilan.

Sekarang kelopak mata bayi dapat tertutup untuk melindungi mata. Dia dapat meletakkan ibu jari di mulutnya di minggu ini, meskipun otot pengisap masih belum sepenuhnya berkembang.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 13?

Pada pemeriksaan pertama, dokter mungkin memberikan suplemen gizi dan vitamin untuk kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat akan memastikan bayi yang belum lahir dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang diperlukan, seperti asam folat, seng, zat besi, dan kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan cara terbaik mengonsumsi vitamin, seperti diminum sambil makan atau diminum bersama-sama dengan jenis minuman tertentu.

Menjaga kehamilan yang berjalan 13 minggu

Ingatlah tips di bawah ini selama kehamilan jika Anda ingin melanjutkan rutinitas berolahraga seperti sebelum hamil, atau memulai kebiasaan olahraga baru:

  • Jaga intensitas olahraga Anda pada tingkat di mana Anda dapat berbicara tanpa merasa sesak napas
  • Kurangi intensitas olahraga atau istirahatlah jika Anda mulai merasa sesak napas, kelelahan, dan pusing
  • Modifikasi olahraga rutin seiring kehamilan membesar. Ingat bahwa bayi Anda akan menambahkan berat badan Anda. Jadi, berolahraga saat hamil akan seperti Anda membawa ransel yang semakin berat setiap minggunya. Apa yang Anda lakukan di kehamilan minggu ke-10 tak ada apa-apanya dibandingkan olahraga di minggu ke-30 masa kehamilan karena badan Anda jauh lebih besar
  • Perhatikan perubahan dalam tubuh Anda. Selain itu, Anda juga harus mendiskusikan olahraga rutin dengan dokter Anda jika Anda memiliki perasaan tidak nyaman, nyeri, atau kelelahan parah lainnya.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 13?

Sesak napas ringan hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak akan mempengaruhi pasokan oksigen ke bayi. Tetapi jika Anda mengalami kesulitan bernapas, bibir atau jari Anda tampak kebiruan, atau Anda memiliki nyeri dada dan denyut nadi tidak normal yang cepat, silakan berkonsultasi dengan dokter segera.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 13 minggu

Tergantung pada dokter dan kebutuhan spesifik Anda, dokter mungkin melakukan tes dan pemeriksaan berikut:

  • Mengukur berat badan dan tekanan darah
  • Memeriksa gula dan protein dalam urin
  • Periksa denyut jantung janin
  • Periksa ukuran rahim dengan palpasi eksternal
  • Mengukur panjang dari bagian bawah sampai rahim
  • Periksa apakah tangan dan kaki Anda memiliki pembuluh darah bengkak atau varises

Beri tahu dokter tentang gejala yang Anda alami, khususnya gejala yang tidak biasa. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah yang ingin Anda bahas, buatlah catatan agar Anda tak lupa menanyakannya di jadwal konsultasi.

Sumber

Direview tanggal: July 14, 2017 | Terakhir Diedit: July 14, 2017

Yang juga perlu Anda baca