Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 33?

Imajinasi yang liar sudah mulai mengenalkannya pada monster, naga, hantu, dan makhluk misterius lain dalam kegelapan, jadi takut akan kegelapan sering terjadi.

Kemampuan berhitung dimulai saat anak Anda menghitung langkahnya. Awalnya anak dapat mengenal satu, lalu lebih dari satu (walaupun tidak tahu apakah itu 2 atau 6). Di usia 2 tahun, anak dapat berhitung hingga 2, dan di usia 3 tahun, ia dapat menghitung hingga 3, namun jika ia dapat menghitung hingga 10, mungkin sebenarnya ia belum mengerti dan mengenal jumlah yang ia sebut.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 33?

Untuk menenangkan anak Anda yang ketakutan:

  • Jangan sepelekan rasa takutnya. Jangan meledek dan mentertawakan fantasi anak Anda yang membuatnya takut.
  • Jangan gunakan logika. Penjelasan logis bahwa tidak mungkin monster dapat hidup di lemari tidak akan membuatnya yakin. Pandang lemari tersebut dari sudut pandang anak Anda. Mungkin ada bayangan aneh yang terlihat seperti jaring laba-laba, yang membuatnya takut.
  • Hidupkan lampu. Cahaya lampu malam yang menenangkan atau cahaya dari lorong depan kamar bisa menenangkannya.  
  • Berikan kasih sayang lebih. Rasa takut sering berarti kecemasa dalam hidup anak Anda; ia mungkin hanya membutuhkan pelukan dan dekapan Anda. Rutinitas tidur yang menyenangkan dan aman sebelum ia masuk selimut juga penting.

Cara terbaik mempersiapkan kemampuan matematika anak Anda nantinya bukan mengajari berhitung dan penjumlahan, namun dengan menyelipkan angka-angka di hari-harinya. Membaca banyak buku membantu ia berkembang pra-membaca dan membuat ia mengerti simbol angka di halaman buku sebenarnya memiliki arti tertentu. Hitunglah langkah saat berjalan atau hitung balok saat bermain. Sediakan puzzle dalam berbagai bentuk (lingkaran, kotak, segitiga); mengenal bentuk ini adalah jenis lain dari pra-membaca.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 33?

Mengompol dapat mengganggu tidur nyenyak anak Anda. Tidak jelas mengapa beberapa anak tidak dapat tidur tanpa mengompol, namun ini sering terjadi, khususnya pada anak laki-laki dan anak-anak yang sedang dalam proses toilet training. Teori menyebutkan beberapa penyebabnya adalah akibat tidur amat nyenyak, kandung kemih yang kecil, dan perkembangan sistem saraf pusat yang lambat. Mengompol dapat juga disebabkan faktor genetik. Datanglah ke dokter untuk mendapatkan saran.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 33?

Jika Anda merasa anak Anda terlambat bicara atau tiba-tiba berhenti berkembang atau mengalami kemunduran, beri tahukan pada dokter. Skrining pendengaran dan penilaian gangguan bicara-bahasa dapat mengetahui apakah ada gangguan lain seperti tuli dan dapat dilakukan intervensi dini untuk membantunya.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 33?

Kadang-kadang anak Anda mengalami demam ringan. Mungkin karena gigi susu terakhir, “molar kedua”, biasanya tumbuh antara 20 dan 33 bulan. Gigi molar cenderung lebih sakit karena gigi ini besar. Hal ini bahkan dapat membuat anak yang tenang saat tidur terbangun menangis di malam hari.

Bagaimana anak Anda bertumbuh bulan depan?

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca