Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 27?

Anak prasekolah membuat kemajuan sosial yang penting. Ia berubah dari selalu bermain sendiri, sekarang ia tertarik dengan anak-anak lain. Walaupun anak-anak tidak berinteraksi saat bermain, namun mereka sadar satu sama lain. Bermain dengan anak lain, walaupun permainan paralel, sangat penting di usia ini. Anak-anak sering menggunakan permainan ini untuk bergabung dalam kegiatan yang sedang berlangsung.

Terdapat bukti bahwa anak mempelajari bahasa lebih mudah di tahun awal kehidupan karena otak mereka menghubungkan saraf baru dengan cepat. Anak yang tumbuh dalam rumah tangga dua bahasa mengerti kosakata lebih sedikit pada setiap bahasanya, namun jumlah kata yang mereka tahu hampir sama dengan anak yang tahu atu bahasa, dan mengerti dua bahasa terbukti bermanfaat dalam segi kognitif.

Kadang-kadang anak Anda terlihat memiliki konsentrasi dan persistensi bak ilmuwan. Faktanya, ia berkembang dengan melakukan hal tertentu terus menerus. Pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang menyempurnakan kemampuan motoriknya. Ini alasan mengapa ia selalu memanjat sesuatu yang sudah berulang-ulang Anda larang.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 27?

Jika anak Anda dalam keluarga dua bahasa, cara terbaik untuk anak bisa belajar bahasa yaitu melalui percakapan dengan pembicara asli. Rekaman atau kelas mingguan kurang efektif.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 27?

Jika anak Anda belum mencapai target bicara, jangan cemas. Walaupun anak prasekolah Anda terlihat ketinggalan dibanding anak seusianya, ini tidak masalah selama ia menunjukan peningkatan dalam perkembangan bahasanya setiap bulan.

Jika Anda tidak melihat perbaikan apapun, bicarakan dengan dokter mengenai evaluasi bahasa. Terapi bicara sering dilakukan untuk anak prasekolah yang terlambat bicara, dan biasanya gratis dan berhasil. Walaupun biaya terapi bicara dapat bervariasi tergantung kebutuhan anak Anda dan layanan yang tersedia di daerah Anda.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 27?

Anda harus tahu bahwa aktivitas fisik anak sangatlah penting. Hal ini dapat mencegah kegemukan dan menjaga kesehatan anak Anda. Berikut beberapa tips untuk menjaga agar si kecil tetap aktif:

  • Keluar dari rumah. Tidak ada yang bisa menggantikan udara segar dan hangatnya matahari. Anda dapat mengajak ia jalan-jalan atau ke taman. Anak Anda dapat melompat dan berlari.
  • Lakukan rutinitas yang sehat. Anda dapat berjalan ke supermarket daripada menggunakan mobil. Dan Anda dapat selalu menggunakan tangga daripada eskalator.
  • Batasi waktu istirahat. Sebesar apapun godaan untuk memberikan anak Anda iPad atau menyalakan acara Disney, jika terlalu sering ini dapat mengganggu perkembangan anak Anda. Dianjurkan untuk membatasi waktu menonton tidak lebih dari 2 jam.
  • Bergabung dalam tim. Anak Anda dapat masuk dalam tim sepak bola. Bermain dengan balita lain dapat mendorongnya aktif secara fisik.
  • Jadilah panutan. Jika Anda ingin ia aktif secara fisik, Anda juga harus aktif. Anda dapat berolahraga bersama. Bersenang-senanglah! Hal ini sangat bermanfaat bagi anak dan juga Anda.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 27?

Anda mungkin selalu mencemaskan kesehatan anak Anda. Cara terbaik menjaga kebersihan tangan anak yaitu dengan mengajarinya cara cuci tangan.

Pertama, pastikan alat cuci tangan tersedia seperti sabun cair, handuk, tangga kecil untuk mencapai wastafel dan memonitornya. Untuk menghentikan penyebaran kuman, anak dan orang dewasa harus mencuci tangan dengan sabun minimal 15 detik dan pastikan Anda juga menggosok telapak tangan dan punggung tangan, kuku, kutikula, dan sela jari.

Pastikan Anda menjelaskan pada anak Anda mengapa dan kapan waktu penting mencuci tangan. Waktu terbaik yaitu setelah ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah bermain.

Lihat perkembangan anak Anda dengan Hello Sehat saat usia 28 bulan.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca