Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 25?

Imajinasi yang berapi-api merupakan bagian paling menyenangkan bagi anak prasekolah, kecuali jika ini membuatnya merasa takut. Anak usia 2 tahun dapat mengembangkan semua jenis kegelisahan karena mereka mampu membentuk gambaran mental dari yang mereka lihat. Ini adalah gabungan rasa tidak senang anak pada orang lain dan kemampuan mengingat pengalaman masa lalu seperti nyeri saat divaksin.

Otak anak prasekolah bagaikan sarang lebah yang penuh dengan aktivitas, dengan tersambungnya banyak saraf baru yang membantu ia mengerti apa, mengapa dan bagaimana dunia di sekitarnya. Ia mulai bertanya banyak pertanyaan. Ini adalah cara ia mengetahui tentang sesuatu dan juga cara bertukar pendapat dengan Anda. Hal ini membuat ia lebih lama terikat dengan Anda dan menambah lebih banyak kata.

Apakah ini waktunya toilet training? Kebanyakan anak usia 2 tahun tidak dapat menggunakan toilet sendiri, namun banyak yang memulai proses toilet training di usia ini.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 25?

Untuk mengurangi rasa takut anak saat harus melakukan kunjungan ke dokter atau hendak imunisasi, lakukan beberapa trik berikut:

  • Selalu bawa “tas dokter” dengan stetoskop mainan, termometer dan lainnya, jadi anak Anda dapat bermain dokter-dokteran. Selalu bawa boneka bayi untuk menjadi “pasien” anak Anda.
  • Jabarkan aktivitas Anda dan jelaskan apa yang akan terjadi: “Pertama kita akan berjalan ke meja besar dan menyebutkan namamu. Lalu kita akan menunggu sambil membaca buku…”
  • Pangku anak 2 tahun Anda selama pemeriksaan dan penyuntikkan, jika memungkinkan.
  • Jangan berbohong. Jangan pernah berkata, “Suntikannya tidak akan terasa sakit sama sekali.”
  • Jangan berjanji yang tidak benar, seperti, ”Kamu tidak akan disuntik,” jika anak Anda mungkin akan disuntik.
  • Tetap ceria. Anak usia 2 tahun ahli dalam membaca raut wajah dan bahasa tubuh.

Untuk mendorong anak bersemangat dalam belajar:

  • Jangan menghentikannya dalam menjelajahi benda di sekitar rumah.
  • Stimulasi semua inderanya. Beri mainan taktis seperti mainan tanah liat dan pasir, dan alat musik seperti xylophone atau maracas.
  • Ajak anak Anda ke tempat dan pengalaman baru: kolam renang, kebun binatang, bandara.
  • Selalu bawa buku. Sering kunjungi perpustakaan lokal untuk mencari buku baru.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 25?

Anda mungkin sudah melakukan kontrol di usia 2 tahun. Jika belum, Anda harus kontrol bulan ini. Beri tahukan dokter semua perubahan perilaku atau kebiasaannya.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 25?

Anda mungkin bertanya-tanya kapan Anda bisa memulai toilet training. Yang perlu Anda tahu yaitu setiap anak memulainya pada usia yang berbeda-beda. Toilet training dapat membuat stres, untuk Anda dan anak Anda. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  • Jangan paksa anak Anda jika ia belum siap. Pemaksaan malah dapat menunda kesiapan anak melakukan toilet training. Ia akan merasa lebih takut.
  • Cobalah dudukkan anak Anda pada potty sambil memejamkan mata. Lalu Anda dapat mengatakan padanya tentang potty dan cara kerjanya.
  • Coba dengan membaca buku. Anda dapat membiarkannya membaca buku saat duduk di tempat duduk potty. Hal ini dapat membuatnya lebih santai.
  • Berikan penghargaan. Misalnya Anda dapat menawarkan camilan favoritnya setelah ia selesai. Atau Anda dapat menawarkan tambahan 15 menit untuk bermain iPad.
  • Jika semuanya gagal, Anda dapat berhenti dan mencobanya kembali lain waktu.

Jangan marah saat Anda frustrasi. Anak Anda perlu rileks dan tenang.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 25?

Anda mungkin cemas apakah boleh untuk mulai membatasi asupan lemak dan kolesterol untuk menghindari masalah kesehatan di masa yang akan datang. Sangat penting untuk mempertahankan lemak baik dan membuang lemak jahat. Artinya Anda dapat memberikan susu tinggi lemak, namun hindari keripik kentang dan kentang goreng. Anda harus meningkatkan jumlah gandum kaya serat, kacang-kacangan, buah, dan sayuran pada diet anak Anda dengan sumber protein non lemak seperti ayam dan ikan. Namun jangan terlalu berlebihan membatasinya. Anak membutuhkan lemak untuk kesehatan jantung untuk bertumbuh secara fisik dan intelektual, jadi konsultasikan pada dokter anak mengenai pola makan yang sehat.

Bagaimana anak Anda bertumbuh bulan depan?

Sumber

Direview tanggal: July 17, 2017 | Terakhir Diedit: July 17, 2017

Yang juga perlu Anda baca