Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 16?

Takut akan suara berisik yang keras kadang-kadang terjadi mendadak. Anak Anda mungkin akan gemetar ketakutan, menangis, dan jongkok ketakutan dengan suara penyedot debu, petir, sirine, kembang api, atau balon pecah.
Kadang-kadang anak usia antara 15-18 bulan sering tidak tidur di pagi hari. Tidur tengah hari atau sore hari sudah cukup. Biasanya dimulai dengan, tidur siang lebih lama dari sebelumnya. Jangan sampai ia tidur terlalu lama karena anak akan tidak merasa ngantuk saat malam hari. Anda perlu membangunkannya saat sudah tidur siang terlalu lama selama waktu transisi ini.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 16?

Anak Anda mungkin mudah terkejut atau mulai memiliki rasa takut terhadap beberapa hal. Cara terbaik mendukungnya yaitu dengan menjamin ketenangan padanya. Peluklah ia dan yakinkan ia bahwa Anda tahu itu menakutkan, misalnya dengan bilang, “Wow, petirnya menakutkan, ya?” Tunjukan pada anak bagaimana caranya untuk menutup telinganya untuk mengendalikan diri. Anak Anda akhirnya akan merasa tidak takut dengan suara berisik setelah mengerti dari mana asal suara dan bahwa suara itu sebenarnya tidak berbahaya.

Waktu tidur akan lebih mudah jika Anda melakukan rutinitas pada anak Anda. Rutinitas waktu tidur harus cukup panjang untuk mempermudah anak Anda ke dalam tahap rileks, namun tidak terlalu panjang atau rumit untuk pekerjaan rumah Anda – dan tidak cukup rumit untuk diikuti oleh babysitter atau siapapun yang harus menggantikan Anda dalam melakukan ritual sebelum tidur saat Anda tidak ada. Dua puluh hingga tiga puluh menit merupakan waktu yang cukup.

Anak Anda mungkin masih membutuhkan waktu santai di pagi hari setelah bangun tidur. Sediakan camilan dan rencanakan aktivitas ringan, seperti mendengarkan musik yang tenang, membaca buku, atau beristirahat di sofa dengan selimut (daripada di tempat tidur, yang berhubungan dengan tidur). Sebisa mungkin jangan ajak anak Anda berkendara dengan mobil di jam tidur pagi, karena anak bisa saja malah tertidur di jam ini, sehingga melewatkan tidur siang dan rewel di malam hari.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 16?

Anda harus memberitahukan dokter tanda-tanda perilaku tidak normal. Jika anak Anda terlihat sehat dan normal, periksakan pada waktu kontrol reguler. Anak Anda mungkin takut datang ke dokter. Ia akan mengira akan disuntik vaksin lain. Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk menenangkannya:

  • Jangan terlalu cepat datang, datanglah dekat dengan waktu yang dijadwalkan. Buat waktu terasa cepat dengan berinteraksi dengannya sebisa Anda.
  • Bawa mainan favoritnya, anak Anda akan asyik dan nyaman.
  • Tetap pada dokter yang sama. Ini cara anak Anda mengenal dokternya (dan sebaliknya) dan sekitarnya.
  • Alihkan perhatian bayi Anda saat ia disuntik.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 16?

Saat usia 16 bulan, Anda harus tahu bahwa anak Anda mungkin tidak membutuhkan tidur pagi. Dia akan membutuhkan aemilan ringan untuk menambah tenaga. Saat usia ini, tidur siang saja sudah cukup untuk menjaganya tetap bertenaga dan sehat.

Anda harus mencoba menjadwalkan tidur siang lebih awal. Tidur siang yang terlalu sore akan berpengaruh pada waktu tidur malamnya. Seperti Anda, anak Anda akan rewel dan bad mood jika ia tidak cukup istirahat.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 16?

Anda akan khawatir mengenai berapa lama anak Anda seharusnya dibolehkan menonton TV. Berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP), televisi atau DVD tidak dianjurkan sebelum anak berusia 2 tahun. Hal ini juga termasuk penggunaan iPad. Menonton atau bermain iPad sesekali saja tentu tidak masalah, namun Anda juga tidak mau anak Anda kecanduan, bukan?

Dorong anak Anda untuk melakukan aktivitas di luar rumah seperti bermain bola, berenang, atau berlari di sekitar taman bermain. Anda juga dapat memasang musik agar anak Anda menyanyi atau menari.

Membaca buku juga dianjurkan. Semakin banyak interaksi Anda, semakin banyak anak Anda menyerap konsep dan kata baru. Semua aktivitas ini lebih baik dari tontonan TV.

Mari kita lihat apa yang anak Anda pelajari bulan depan.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Yang juga perlu Anda baca