Selain merasa ngantuk, banyak juga yang merasakan lapar setelah berhubungan seks. Kondisi ini sebetulnya wajar terjadi. Ada beberapa alasan dasar yang bisa menyebabkan seseorang merasakan serangan lapar setelah seks atau orgasme. Kira- kira apa, sih, yang membuat lapar sehabis bercinta?

Penyebab tubuh merasa lapar setelah berhubungan seks

Berhubungan seks butuh banyak energi

Ketika Anda berhubungan seks, Anda butuh banyak energi dan darah yang mutlak diperlukan ketika berada di ranjang. Begini, ketika Anda berhubungan seks, energi dibutuhkan untuk meningkatkan performa bercinta Anda. Nah, darah ini diperlukan untuk ereksi pria yang tahan lama. Sedangkan wanita, membutuhkan banyak darah mengalir ke bagian klitorisnya untuk mewujudkan orgasme ketika bercinta.

Alasan lain mengapa tubuh merasa lapar setelah berhubungan seks adalah gerakan seks yang menggunakan hampir semua otot tubuh. Sebetulnya, otot tubuh yang digunakan tergantung pada posisi dan gaya hubungan seks Anda. Selain itu, pada saat berhubungan seks, tubuh akan membakar banyak kalori. Maka dari itu, tubuh akan merespon kebutuhan energi, zat gula dan lemak yang dibutuhkan untuk bertenaga kembali, sembari memberikan sinyal lapar pada otak.

Berhubungan seks sama saja dengan membakar kalori dan berolahraga ringan

Alasan lain mengapa tubuh jadi lapar setelah berhubungan seks adalah karena adanya kesamaan antara bercinta dan berolahraga. Bayangkan saja, saat melakukan foreplay selama 10 menit, Anda sudah membakar sebanyak 85 kalori dalam tubuh. Dan jika Anda berhubungan seks selama 25 menit, kalori yang terbakar dalam tubuh bisa mencapai 300 kalori.

Jika dibandingkan melalui kalori yang dibakar, hubungan seks jika dilakukan sama dengan melakukan olahraga intens seperti bersepeda atau olahraga ringan lainnya. Studi di Amerika juga menunjukkan, kalau wanita yang berhubungan seks secara rutin akan lebih banyak mengonsumsi kalori setelahnya, itu kalau dibandingkan dengan mereka yang jarang bercinta.

Bagaimana cara menyiasati lapar setelah berhubungan seks?

Sulit untuk dipungkiri, kalau memang sebagian orang merasa lapar setelah bercinta. Hal ini juga perlu diwaspadai terhadap konsumsi kalori dan lemak yang berlebihan, karena lama kelamaaan efeknya bisa merusak performa bercinta selanjutnya pada pasangan.

Anda juga bisa menggunakan alternatif lain, seperti susu rendah lemak yang bisa jadi pilihan lain untuk minuman pemulih kelaparan setelah berhubungan seks. Pasalnya, susu rendah lemak juga diperkaya protein untuk membantu Anda tetap kuat untuk ativitas lain berikutnya. Studi juga menunjukkan kalau mengonsumsi susu rendah lemak, khususnya rasa cokelat, membantu meningkatkan kinerja aktivitas tubuh berikutnya untuk lebih baik lagi dibanding hanya minum minuman energi.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca