Definisi

Apa itu tuli akibat kebisingan?

Tuli akibat kebisingan atau noice-induced hearing loss (NIHL) adalah salah satu alasan kehilangan pendengaran yang paling umum. Suara selalu ada di sekitar kita, dan telinga bekerja 24 jam sehari untuk memproses suara ini. Bila suatu suara terlalu kencang, maka suara dapat membahayakan telinga bagian dalam meskipun suara tersebut hanya berlangsung singkat.

Seberapa umumkah tuli akibat kebisingan?

Kondisi kesehatan ini sangat umum dan dapat mempengaruhi pasien dalam semua golongan usia. Gangguan ini umumnya muncul pada orang terpapar suara berfrekuensi tinggi dari aktivitas rekreasional, termasuk menembak target dan berburu, mengendarai mobil salju, bekerja sebagai tukang kayu, dan hobi lain macam bermain dalam band, dan menghadiri konser rock. Suara berbahaya di rumah mungkin muncul dari mesin pemotong rumput, alat pengisap daun, dan peralatan toko. Hal ini mampu teratasi dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala tuli akibat kebisingan?

Tuli akibat kebisingan biasanya terjadi pada kedua telinga. Namun, kehilangan pendengaran mungkin tidak selalu muncul secara bersamaan di antara telinga kiri dan kanan saat kondisi itu hanya mengenai salah satu sisi kepala. Gejala umum tuli akibat kebisingan adalah kehilangan pendengaran yang mungkin berawal dari kesulitan mendengar suara berfrekuensi tinggi dan perlahan mengakibatkan kehilangan pendengaran pada suara berfrekuensi rendah.

Tuli akibat kebisingan mungkin juga mengakibatkan tinnitus—kondisi dimana Anda mendengar suara dengungan atau berdenging di dalam telinga. Jika Anda mengalami tinnitus, Anda mungkin mengalami gejala berikut:

  • Perubahan suasana hati seperti merasa jengkel, terganggu, depresi, cemas, atau sering marah
  • Tinnitus dapat mengganggu tidur
  • Beberapa penderita tinnitus melaporkan bahwa mereka sulit fokus pada tugas karena tinnitus. Hal ini mungkin termasuk membaca buku atau surat kabar.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala yang tercantum di atas atau ingin bertanya, konsultasikan ke dokter. Setiap tubuh berfungsi berbeda satu sama lain. Selalu diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab tuli akibat kebisingan?

Tuli akibat kebisingan dapat disebabkan oleh paparan suara dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat, misalnya suara bom, atau paparan suara bising yang berlangsung dalam waktu lama, misalnya suara mesin pesawat.

Aktivitas rekreasi juga dapat mengakibatkan tuli seperti menembak, mengendarai mobil salju, mendengarkan musik dengan earphone atau headphone, bermain musik dalam band, dan menghadiri konser dengan suara yang keras. Suara bising yang dapat ditemukan di rumah antara lain mesin pemotong rumput, peniup daun, dan peralatan untuk kerja kayu.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk tuli akibat kebisingan?

Ada banyak faktor risiko tuli akibat kebisingan, yaitu:

  • Memiliki pekerjaan di mana peralatan industri bersuara keras beroperasi dalam periode waktu yang lama
  • Hidup atau bekerja di tempat di mana suara berdesibel tinggi berlanjut dalam periode waktu yang panjang
  • Menggunakan senjata api
  • Mendengarkan suara yang sangat keras tanpa menggunakan alat yang tepat, misalnya sumbat telinga
  • Terpapar suara berdesibel rendah dalam waktu lama.

 

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana tuli akibat kebisingan didiagnosis?

Dokter akan bertanya tentang gejala dan kemampuan mendengar Anda. Mereka mungkin bertanya tentang kejadian apapun yang mungkin menyebabkan kehilangan pendengaran untuk membuat diagnosis. Tes bernama audiometri berguna untuk mendeteksi tanda tuli, di mana Anda akan terpapar beragam suara dalam level berbeda untuk melihat bagaimana Anda bisa dan tidak bisa mendengar.

Apa saja pengobatan untuk tuli akibat kebisingan?

Langkah pertama pengobatan adalah mengurangi suara penyebab tuli akibat kebisingan. Gunakan penyumbat telinga atau alat lainnya untuk melindungi pendengaran. Jika pekerjaan mengharuskan Anda bekerja dengan suara keras, mintalah alat pelindung dari atasan Anda.

Melindungi telinga untuk mencegah kehilangan pendengaran lebih lanjut adalah tahap terpenting. Kemudian, Anda harus melakukan langkah untuk membantu pendengaran, misalnya cangkok koklea untuk membantu mendapatkan kembali pendengaran. Obat steroid oral dapat membantu mengatasi trauma akustik dalam beberapa kasus.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tuli akibat kebisingan?

Untuk melindungi pendengaran, ingat tiga kata ini: Jauhi, Halangi, dan Kecilkan.

  • Jauhi suara keras
  • Halangi telinga Anda dari suara yang mungkin membahayakan telinga
  • Kecilkan suara pada stereo dan alat pendengar musik
  • Ketahui jenis suara yang dapat merusak telinga (pada atau di atas 85 desibel)
  • Jika Anda menduga pendengaran Anda mulai hilang, jalani pemeriksaan medis oleh otolaryngologist (dokter spesialis penyakit telinga, hidung, tenggorokan, kepala, dan leher) dan tes pendengaran oleh audiologist (ahli kesehatan profesional yang terlatih untuk mengukur dan membantu orang mengatasi kehilangan pendengaran).

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 17, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 17, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan