Definisi

Apa itu trichiasis?

Trichiasis adalah kondisi saat pertumbuhan bulu mata salah arah menuju ke bola mata. Bulu mata yang salah arah dapat menyebar pada seluruh kelopak mata atau pada bagian kecil.

Trichiasis memiliki beberapa penyebab, dan strategi untuk mengatasi masalah ini tergantung pada kelainan anatomi yang menyebabkan salah arah pada bulu mata.

Seberapa umumkah trichiasis?

Trichiasis cukup jarang ditemui. Jumlah persis kasus trichiasis tidak diketahui. Trichiasis ringan yang melibatkan hanya beberapa bulu mata cukup umum ditemui. Penyebaran trichiasis pada seluruh margin kelopak mata jauh lebih jarang, dan ditemui terutama pada negara-negara dengan endemik trakoma. Trichiasis dapat terjadi pada usia berapapun, namun paling sering ditemukan pada orang dewasa. Epiblepharon, salah satu penyebab dari trichiasis, ditemukan terutama pada anak-anak.

Namun, trichiasis dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala trichiasis?

Jika Anda mengalami trichiasis, mata Anda mungkin akan terasa terganggu dari sensasi adanya sesuatu di dalam mata. Mata mungkin akan menjadi:

  • Merah
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Sakit
  • Mudah berair

Anda mungkin juga mengalami pandangan yang kabur. Atau mungkin Anda tidak mengalami gejala apapun. Bulu mata yang bergesekan dengan kornea dalam waktu yang lama dapat menyebabkan abrasi korea atau bahkan ulkus kornea.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab trichiasis?

Siapapun dapat mengalami trichiasis, walau kondisi ini lebih umum pada orang dewasa. Trichiasis dapat disebabkan oleh infeksi mata, peradangan pada kelopak mata, kondisi autoimun dan trauma. Kondisi tertentu yang meningkatkan risiko terkena trichiasis:

  • Epiblepharon, kelainan turunan yang terjadi saat kulit yang kendur di sekitar mata membentuk lipatan yang menyebabkan bulu mata mengasumsikan posisi vertikal. Epiblepharon paling umum ditemukan pada anak-anak keturunan Asia.
  • Penyakit mata herpes zoster.
  • Trauma pada mata, seperti luka bakar.
  • Blepharitis kronis, kondisi yang umum dan berlanjut dimana kelopak mata meradang, dengan partikel berminyak dan bakteri melapisi margin kelopak mata di dekat dasar bulu mata.
  • Trakoma, infeksi mata parah yang umum ditemukan di negara berkembang.
  • Kelainan langka tertentu pada kulit dan selaput lendir, termasuk Stevens-Johnson syndrome dan cicatricial pemphigoid.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk trichiasis?

Kondisi lain yang dapat meningkatkan risiko trichiasis adalah epiblepharon yang merupakan kelainan inborn dan menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi kendur, sehingga bulu mata bertumbuh secara abnormal. Blepharitis, kelainan umum yang terjadi saat malfungsi minyak pada kelenjar di area mata menyebabkan infeksi. Kondisi ini juga dapat menyebabkan trichiasis jika kondisi kronis.

Trakoma, Stevens-Johnson syndrome dan cicatricial pemphigoid juga dapat memiliki trichiasis sebagai efek samping.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana trichiasis didiagnosis?

Pasien mungkin asimptomatik atau memiliki beragam gejala yang meliputi sensasi tubuh asing, kemerahan, lakrimasi, nyeri dan photophobia.

Pemeriksaan menyeluruh dengan slip-lamp pada bagian anterior dilakukan pada setiap pasien untuk melihat penyebaran bulu mata trichiatic, menjelaskan penyebab dan mengeliminasi diagnosis lainnya.

Apa saja pengobatan untuk trichiasis?

Perawatan utama untuk trichiasis adalah operasi.

Operasi untuk trichiasis dapat meningkatkan kualitas hidup, tanpa memerhatikan ketajaman pandangan. Banyak prosedur untuk memperbaiki trichiasis yang tersedia. Teknik yang digunakan tergantung pada penyebab masalah. Prosedur tersebut dikategorikan menjadi penghancuran bulu mata/folikel atau reposisi bulu mata/folikel.

  • Operasi penghancuran bulu mata dan folikel

Operasi penghancuran bulu mata dan folikel ditujukan untuk trichiasis segmental atau fokal. Epilasi sederhana dengan forcep biasanya membiarkan folikel bulu mata dan hanya prosedur sementara. Saat bulu mata kembali tumbuh, bulu mata akan menjadi pendek dan kaku, serta lebih mengganggu. Elektrolisis dari bulu mata dapat efektif, namun seringkali terasa sakit untuk pasien dan melelahkan untuk ahli bedah.

  • Operasi reposisi bulu mata dan folikel

Operasi reposisi bulu mata dan folikel harus ditujukan kepada penyebab anatomis dari masalah.

Selain operasi, pelumas seperti air mata buatan dan salep, dapat mengurangi efek iritasi dari gesekan bulu mata.

Apabila kondisi lebih serius (seperti ocular cicatricial pemphigoid, Stevens-Johnson syndrome) merupakan penyebab dari salah arah bulu mata, terapi medis harus dilakukan untuk kondisi tersebut.

Li et al telah menemukan bahwa doxycycline berhasil menekan fibroblas kontraktil pada pasien dengan trakoma dan mengusulkan doxycycline sebagai perawatan untuk mencegah terjadinya trichiasis kembali setelah operasi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi trichiasis?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi trichiasis:

  • Cara terbaik untuk mencegah trichiasis adalah dengan selalu terinformasi. Trichiasis, apabila dibiarkan, memiliki potensi menjadi kondisi yang serius dan membahayakan kesehatan mata. Dengan selalu memperhatikan gejala trichiasis, Anda dapat menghindari efek samping pada mata Anda. Walau yang Anda alami hanyalah blepharitis ringan, apabila kondisi menjadi kronis dan kambuh, kondisi trichiasis dapat menjadi semakin buruk.
  • Jika Anda merasa Anda memiliki salah satu gejala yang disebutkan di atas, segera cari bantuan medis untuk menghindari iritasi lebih lanjut pada mata.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 12, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 12, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan