Sindrom Metabolik

Oleh    Data medis direview oleh dr. Tania Savitri.

Definisi

Apa itu sindrom metabolik?

Sindrom metabolik adalah beberapa kondisi yang terjadi seperti peningkatan tekanan darah, peningkatan gula darah yang tinggi, kelebihan lemak dalam tubuh di sekitar pinggang, dan peningkatan kadar kolesterol yang tidak biasa, yang mana kondisi-kondisi tersebut terjadi bersamaan sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes. Jika Anda memiliki sindrom metabolik atau salah satu kondisi dari sindrom metabolik, perubahan gaya hidup yang secara agresif dapat memperlambat atau bahkan mencegah perkembangan masalah kesehatan yang serius. Sindrom metabolik merupakan penyakit yang tidak menular.

Seberapa umumkah sindrom metabolik?

Sindrom metabolik umum terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak dan orang muda. Anda dapat mencegah penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala sindrom metabolik?

Sindrom metabolik tidak memiliki gejala tertentu karena penyakit pada sindrom ini seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan kolesterol darah tinggi tidak memiliki gejala yang jelas.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan, tes darah atau mengukur tekanan darah secara teratur untuk mengetahui apakah Anda memiliki salah satu dari penyakit tersebut

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

nda sebaiknya periksa ke dokter atau ahli gizi untuk saran mengenai diet atau olahraga yang dapat dilakukan jika Anda:

Jika Anda ingin mengetahui tingkat kolesterol darah Anda, Anda dapat melakukam tes UDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida,  di pusat kesehatan atau rumah sakit.

Penyebab

Apa penyebab sindrom metabolik?

Sindrom metabolik disebabkan terutama oleh kondisi obesitas dan kurangnya beraktivitas. Sindrom metabolik berhubungan dengan suatu kondisi yang disebut resistensi insulin. Biasanya, sistem pencernaan Anda akan memecah makanan yang Anda makan menjadi gula (glukosa). Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas yang membantu gula diserap oleh sel-sel Anda untuk digunakan sebagai energi. Orang yang memiliki resistensi insulin, sel-selnya tidak merespon secara normal terhadap insulin, dan glukosa tidak bisa diserap oleh sel-sel dengan mudah. Akibatnya, kadar glukosa dalam darah Anda meningkat meskipun tubuh Anda menghasilkan banyak insulin. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi diabetes di mana tubuh Anda tidak dapat membuat cukup insulin untuk menngatur kadar glukosa dalam darah pada kisaran normal.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk sindrom metabolik?

Faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risiko Anda mengalami sindrom metabolik  yaitu:

Tidak memiliki faktor risiko tidak berarti Anda tidak bisa mendapatkan strians hamstring. Faktor-faktor ini adalah untuk referensi saja. Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk sindrom metabolik?

Pengobatan sindrom metabolik diperlukan usaha dan ketekunan. Dokter Anda dan keluarga Anda akan mendukung Anda. Perubahan hidup yang diperlukan meliputi:

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk sindrom metabolik?

Dokter Anda mungkin melakukan tes darah atau mengukur tekanan darah untuk mendiagnosis apakah Anda memiliki sindrom metabolik.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sindrom metabolik?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi sindrom metabolik:

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hidup sehat Hidup bahagia