Sebagian besar orang selamat dari serangan jantung pertama dan tetap hidup secara produktif. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan pasca serangan jantung untuk memastikan pemulihan sepenuhnya.

Awal pemulihan di rumah sakit

Pemulihan bermula di rumah sakit. Umumnya, seseorang tinggal di rumah sakit selama 3 hari sampai seminggu setelah serangan jantung. Namun, jika terdapat komplikasi atau jika Anda telah menjalani prosedur tertentu seperti operasi bypass, Anda mungkin tinggal lebih lama. Anda tidak akan diizinkan keluar sampai kondisi Anda stabil dan aman untuk pulang ke rumah.

Salah satu perubahan pertama yang mungkin Anda sadari di rumah sakit adalah rutinitas pengobatan mungkin berubah. Dokter mungkin menyesuaikan dosis atau jumlah obat yang sudah Anda konsumsi. Dokter mungkin juga akan meresepkan obat baru. Obat ini akan mengobati dan mengendalikan gejala (misalnya dada sesak) dan faktor yang berkontribusi (macam tekanan darah tinggi atau kolesterol yang semakin tinggi) yang berhubungan dengan serangan jantung.

Penting untuk berbicara dengan dokter tentang obat Anda. Pastikan Anda:

  • Mengetahui semua nama obat yang Anda minum serta cara dan waktu minum obat
  • Menanyakan dokter tentang kemungkinan efek samping
  • Menanyakan dokter cara kerja obat dan alasan Anda menggunakannya
  • Membuat daftar obat-obatan yang Anda minum. Simpan untuk berjaga-jaga atau jika Anda harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan tentang obat tersebut.

Kesehatan emosional pasca serangan jantung

Setelah serangan jantung, wajar kalau memiliki perasaan negatif seperti:

  • Ketakutan
  • Depresi
  • Penyangkalan
  • Kecemasan

Perasaan ini sering berlangsung selama sekitar 2-6 bulan dan dapat mempengaruhi kemampuan berolahraga, mengganggu hidup keluarga dan pekerjaan, dan berdampak negatif pada proses pemulihan.

Berbicara dengan dokter atau spesialis kesehatan mental mampu membantu Anda mengatasi perasaan negatif. Biarkan keluarga dan dokter mengetahuinya. Jika mereka tidak tahu, mereka tidak dapat membantu.

Rehabilitasi jantung

Banyak rumah sakit memiliki program rehabilitasi yang bisa Anda ikuti sebagai pasien rawat jalan. Dokter mungkin merujuk pada pusat kesehatan jantung yang menjalankan program rehabilitasi jantung.

Mengikuti program tersebut memberikan sejumlah manfaat penting:

  • Membantu mempercepat pemulihan
  • Anda akan bekerja dengan spesialis kesehatan jantung. Mereka akan menunjukkan cara membuat perubahan positif dalam hidup Anda yang dapat melindungi dan memperkuat jantung Anda.
  • Anda akan turut serta dalam aktivitas yang meningkatkan fungsi kerja jantung dan mengurangi denyut jantung.
  • Dengan mengikuti rehabilitasi, Anda akan mengurangi peluang mengembangkan komplikasi atau meninggal karena penyakit jantung.

Sebagian besar program rehabilitasi terdiri dari 3 bagian:

  • Olahraga yang dipimpin oleh spesialis olahraga bersertifikat
  • Kelas untuk mengajar Anda tentang faktor risiko penyakit jantung dan cara mengurangi risiko tersebut
  • Dukungan untuk mengatasi stres, kecemasan, dan depresi

Membuat perubahan untuk mengurangi risiko penyakit jantung

Buatlah perubahan di bawah ini untuk membantu mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung:

  • Berhenti merokok
  • Mengobati tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi
  • Mengatasi diabetes dan obesitas
  • Makan makanan yang sehat bagi jantung
  • Menjadi lebih aktif

Bacalah beberapa nasihat khusus tentang cara membuat perubahan tersebut.

Berhenti merokok

Jika Anda merokok, hal terpenting yang bisa Anda lakukan—tidak hanya untuk jantung melainkan juga untuk semua sistem tubuh—adalah berhenti. Walaupun juga merupakan salah satu perubahan tersulit, dokter dapat membantu. Tanyakan dokter tentang:

  • Rencana dan panduan berhenti merokok
  • Pengganti tembakau, misalnya permen karet nikotin, dan obat resep
  • Grup dan komunitas pendukung untuk membantu orang berhenti merokok
  • Media cetak atau online yang bisa Anda manfaatkan untuk mendukung usaha Anda

Hanya karena Anda telah mencoba sebelumnya dan gagal, bukan berarti Anda tidak bisa berhenti sekarang. Kebanyakan orang harus berhenti selama beberapa kali sebelum mereka berhenti selamanya.

Penting untuk bersikeras bahwa orang tidak merokok di dalam rumah Anda, serta cobalah menghindari tempat berkumpulnya perokok. Merokok pasif adalah faktor risiko penyakit jantung.

Mengobati tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi merusak arteri Anda.  Sepanjang waktu, hal ini meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Olahraga, diet sehat, dan perubahan gaya hidup dapat membantu, tapi mungkin tidak sepenuhnya. Dokter mungkin meresepkan obat untuk mengobati salah satu atau kedua penyakit.

Mengobati diabetes dan obesitas

Diabetes dan obesitas adalah faktor risiko utama penyakit jantung dan serangan jantung. Jika Anda mengalami diabetes, penting untuk bekerja dengan tim pelayanan kesehatan utnuk mengendalikan gula darah Anda. Hal ini bisa dicapai melalui olahraga, diet, dan dalam beberapa kasus, obat-obatan. Bekerja dengan tim untuk mengembangkan rencana mengendalikan diabetes.

Obesitas adalah faktor risiko utama diabetes serta penyakit jantung. Dokter mampu membantu Anda membuat rencana yang akan membiarkan Anda mengontrol jumlah kalori yang Anda konsumsi selagi Anda meningkatkan aktivitas fisik untuk membakar lebih banyak kalori. Dokter mungkin juga merujuk pada ahli diet dan program olahraga untuk membantu menurunkan berat badan.

Makan makanan sehat bagi jantung

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, diet yang sehat bagi jantung:

  • Rendah lemak jenuh
  • Mengandung setidaknya 4-5 cangkir buah dan sayuran setiap hari
  • Setidaknya ada 2 porsi (3,5 ons per porsi) ikan seminggu
  • Termasuk setidaknya tiga 1 ons porsi gandum utuh kaya serat setiap hari
  • Rendah natrium (kurang dari 1,500 mg per hari)
  • Mengandung tidak lebih dari 36 ons minuman bergula seminggu.

Karena Anda memerlukan kalsium dan vitamin D, pastikan Anda mendapatkan cukup makanan yang diperkaya susu rendah atau tanpa lemak dalam diet Anda. Hindari daging olahan.

Mungkin terdapat batasan tertentu dalam diet Anda karena obat-obatan yang Anda minum. Tanyakan dokter apakah ada makanan tertentu yang tidak boleh Anda makan.

Mengubah diet lebih mudah jika Anda bekerja dengan ahli diet, yang bisa membantu merencanakan menu dan menemukan resep. Ahli diet juga akan membantu Anda menemukan sumber yang akan membiarkan Anda fokus pada makan makanan sehat.

Bila Anda tidak sanggup bekerja dengan ahli diet sebagai bagian dari program rehabilitasi, tanyakan dokter untuk rujukan.

Menjadi lebih aktif

Salah satu kunci terpenting untuk kesehatan jantung yang baik adalah menjadi aktif. Beberapa orang takut berolahraga setelah serangan jantung. Namun, olahraga adalah hal yang benar-benar Anda harus lakukan untuk memperkuat jantung dan mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung di hari selanjutnya.

Mengikuti program rehabilitasi jantung adalah cara aman untuk menjadi lebih aktif. Anda akan belajar cara meningkatkan level aktivitas dengan aman.

Jika Anda tidak pergi ke tempat rehabilitasi, pastikan Anda berbicara dengan dokter tentang level olahraga yang aman bagi Anda dan tentang cara lebih banyak beraktivitas dalam rutinitas harian. Dokter mungkin menyuruh Anda menjalani tes stres untuk menentukan level aktivitas yang bisa Anda mulai.

Selain itu, tanyakan dokter tanda peringatan yang harus Anda waspadai saat Anda berolahraga dan apa yang harus dilakukan.

Rutinitas olahraga teratur (contohnya, 3-5 kali seminggu masing-masing selama 30-35 menit) akan membantu memperkuat jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, tujuan sebenarnya adalah menjadi lebih aktif dalam hidup sehari-hari. Semakin Anda aktif—jalan cepat, bermain dengan anak atau cucu, bersepeda—semakin Anda kuat dan sehat. Dan hal itulah tujuan membuat perubahan yang dapat menyelamatkan hidup.

Serangan jantung bukan merupakan pertanda bahwa Anda harus mundur dan melakukan hal-hal yang Anda sukai, melainkan Anda harus membuat kesehatan—kesehatan fisik dan mental—sebagai prioritas.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca