17 Program Fitness Wajib Coba untuk Kesehatan Jantung

Oleh

Tidak ada lagi alasan malas berolahraga kalau Anda punya 17 ragam pilihan aktivitas fisik yang bukan hanya sehat, tapi juga seru!

Super-Short Workouts

Pernah dengar tentang 7-minute workout? Kalau Tabata? Keduanya bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit. Triknya adalah, Anda berolahraga lebih keras dari yang Anda bayangkan, mendorong diri Anda ke batas kekuatan Anda. Jika sekarang Anda tidak dalam bentuk fisik bagus, mulailah dengan sesuatu yang lebih moderat.

Sprint Triathlon

Jika Anda punya nyali untuk triathlon, tetapi tidak mempunyai cukup waktu untuk berlatih, cobalah versi pendek. Sebuah triathlon sprint setara dengan 800 meter perjalanan berenang, 19 km bersepeda, dan 5 km berlari. Dalam relay triathlon, anggota tim bekerja sama untuk menyelesaikan triathlon biasa. Jika Anda seorang pria berusia di atas 45 atau wanita di atas 55, atau jika Anda memiliki masalah kesehatan, periksa dulu ke dokter sebelum memulai.

Kelas Ballet Barre

Gerakan ini dapat memperkuat otot inti Anda, lengan, dan kaki. Cobalah plié, yaitu berdiri dengan kedua tumit rapat namun jari kaki kiri dan kanan terpisah, dan kemudian tekuk lutut Anda. Kencangkan paha bagian dalam dan pantat Anda, dan perlahan-lahan tekuk lutut makin rendah, pertahankan lutut di atas jari-jari kaki Anda, dan kemudian berdirilah. Beberapa studio gym menawarkan kelas ini, atau Anda dapat mengikuti video tutor di rumah. Beberapa kelas juga mencakup kardio.

Adventure Races

Hanya yang fit dan tak kenal takut dapat mengatasi balap rintang ini. Anda akan melakukan hal-hal seperti merangkak melalui lumpur, memanjat dinding, dan berenang di air dingin. Berlatihlah selama minimal 8 minggu dengan sprint, squat, push-ups, dan angkat beban. Istirahatlah sebentar.

Liga Olahraga

Tambahkan sedikit semangat tim untuk latihan Anda dan bergabung dengan liga olahraga untuk bersenang-senang. Anda bisa bermain tenis, bola voli, sepakbola, basket, futsal, atau softball, misalnya.

Elite Fitness: Muscle Confusion

Program Cross-training seperti P90X dan Insanity bertujuan untuk “Muscle Confusion” Program ini beralih dari satu latihan ke latihan lain, menambahkan langkah baru, dan sering disertai dengan gerakan melompat, yang juga disebut plyometrics.

Indoor Cycling Class

Dalam beberapa kelas, Anda bahkan dapat berlomba dengan teman sekelas Anda. Banyak program juga menggunakan beban tubuh bagian atas. Beberapa tempat menggabungkan bersepeda dengan yoga atau Pilates.

Zumba: Dance Fitness

Zumba cocok bagi Anda jika ingin sesi olahraga Anda menjadi party! Kelas high-energy dance fitness ini berawal dari musik Latin dan international beats, dan tidak menghitung pengulangan. Ini salah satu latihan yang paling populer, dan membakar kalori lebih dari kickboxing maupun step aerobic. Zumba Step, tipe baru Zumba untuk memompa intensitas, menggabungkan gerakan tarian dari Zumba dengan langkah untuk mengencangkan dan memperkuat kaki dan oto pantat.

 CrossFit

Anda dapat membakar sekitar 15 kalori per menit dengan latihan yang intens ini. Capailah titik maksimum Anda dengan squats, push-ups, gymnastic rings, berjalan intens, dan angkat besi. Namun hati-hati karena latihan intens bisa menimbulkan cedera jika tidak dilakukan dengan benar. Penting untuk melatih fleksibilitas Anda dan belajar untuk melakukannya dengan benar.

VIPR

VIPR terdengar seperti latihan yang mengerikan, tetapi tujuan sebenarnya adalah kekuatan dan kebugaran untuk kehidupan sehari-hari. Gunakan heavy rubber tube untuk latihan. Dorong, putar, apapun. Gerakkan seluruh tubuh Anda. VIPR menambahkan gerakan yang meningkatkan latihan Anda, baik jika Anda baru mulai atau jika Anda seorang atlet. Pilih ukuran dan berat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kettlebells

Latihan dengan kettlebell alias bola besi dengan pegangan dapat membakar 272 kalori rata-rata hanya dalam 20 menit. Mengayunkan kettlebell mampu menggerakan otot dengan cara yang sama ketika Anda menggunakan mesin pemberat. Mulailah dengan kettlebell ringan yaitu 4 sampai 7 kg untuk perempuan, dan 7 sampai 12 kg untuk laki-laki. Mintalah pelatih untuk menunjukkan Anda bagaimana cara menggunakannya dengan benar untuk menghindari cedera.

Aerobik Air

Berolahraga di air bagus untuk sendi Anda. Perlawanan dari arus air membantu membuat Anda lebih kuat. Anda dapat menjalani latihan ini sekeras apapun seperti yang Anda inginkan, tergantung seberapa cepat Anda melakukan gerakan. Ditambah lagi, berada di air terasa menyenangkan untuk banyak orang, sehingga dapat membantu Anda rileks dan merasa lebih baik. Jika aerobik bukan favorit Anda, Anda bisa berenang berkeliling atau berjalan di dalam air untuk latihan sendiri.

Boot Camp: Back to Basics

Olahraga ini adalah pelatihan dasar militer tanpa teriakan di wajah Anda. Tidak ada peralatan mewah. Hanya serangkaian pushups, squats, tendangan, senam lainnya, dan gerakan aerobik. Anda akan membakar sekitar 10 kalori per menit, atau 600 jam.

Exergaming: Aerobic Play

Siapa bilang main video game membuat Anda malas dan gemuk? Anda bisa membakar banyak kalori setara dengan 270 kalori berolahraga di gym, atau 216 kalori dalam virtual boxing, dalam setengah jam.

Exergaming adalah salah satu cara untuk menggerakkan anak-anak Anda supaya lebih aktif. Aktivitas ini juga bisa membuat orangtua ikut bergerak.

Tinju

Di himpunan olahraga, tinju adalah hal terbaik dalam menghantarkan kelincahan, keseimbangan, kekuatan otot, dan manfaat kardio. Sparring juga menambahkan koordinasi tangan-mata dan keaktifan mental. Lakukanlah skipping, shadow boxing, menendang dan meninju sansak, dan lainnya. Pastikan Anda sudah melindungi jari-jari Anda, dan gunakan pakaian olahraga.

Hula Hoop

Bila terakhir kalinya Anda bermain hula hoop saat kelas 4 SD, sudah waktunya untuk mencoba lagi. Lebih mudah mengayunkan hula hoop model baru yang lebih berat daripada yang berbahan plastik. Hooping dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan step aerobik dan meningkatan degup jantung Anda seperti kardio kickboxing. Hula hoop melatih pinggang dan otot core Anda, serta mengencangkan paha dan bisep.

Aplikasi untuk berolahraga

Fitness tracker seperti Fitbit dan GoWear Fit mengukur langkah Anda, kalori yang terbakar, dan kalori yang dimakan. Alat ini bahkan dapat memonitor tidur Anda. Informasinya kemudian dapat di-upload dan dipantau dari komputer Anda. Ada juga aplikasi yang menunjukkan Anda apa yang harus Anda lakukan dalam berolahraga dan menjelaskan cara untuk melakukannya dengan baik.

Menentukan pelatih yang tepat

Pelatih atau personal trainer dapat membantu Anda mendapatkan hasil terbaik untuk olahraga Anda. Pilihlah pelatih yang berpengalaman dalam olahraga yang ingin Anda coba. Carilah seseorang yang bersertifikat oleh akreditasi program.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca