Definisi

Apa itu regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Regurgitasi trikuspid adalah ketika katup jantung trikuspid tidak metutup rapat (bocor).

Katup trikuspid terletak antara atrium kanan dan ventrikel kanan jantung. Katup akan terbuka bila atrium berkontraksi untuk memompa darah ke ventrikel, dan menutup ketika ventrikel berkontraksi untuk mencegah darah mengalir kembali ke atrium.

Dalam kasus ini, katup trikuspid terbuka, katup tidak menutup rapat yang memungkinkan darah mengalir kembali ke atrium. Ketika darah mengalir kembali, atrium kanan menjadi lebih aktif dan membesar.

Seberapa umumkah regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Saat ini tidak ada penelitian yang cukup jelas mengenai kelompok yang sering menderita kebocoran katup trikuspid. Penyakit ini dapat terjadi pada orang dari segala usia, terlepas dari jenis kelamin dan letak geografi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Jika Anda memiliki regurgitasi trikuspid ringan, Anda mungkin tidak mengalami gejala. Gejala ini biasanya terjadi setelah beberapa tahun yang meliputi pembengkakan kaki, perut, dan sesak napas, terutama ketika berbaring. Gejala lain termasuk denyut jantung tidak teratur, batuk berdarah dan nyeri dada.

Kelemahan, kelelahan, dan buang air kecil yang sedikit dapat terjadi. Penyakit ini dapat menyebabkan aritmia atrium ketika tidak berkontraksi secara normal menyebabkan darah menumpuk di atrium dan membentuk gumpalan. Gumpalan ini dapat bermigrasi ke otak dan menyebabkan stroke.

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Regurgitasi trikuspid dapat mengakibatkan gagal jantung. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala gagal jantung – seperti kelelahan, sesak napas dalam aktivitas yang normal, Anda harus pergi ke dokter. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk periksa ke seorang spesialis jantung.

Penyebab

Apa penyebab regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Kelainan kebocoran katup trikuspid jarang terjadi dan mampu menyebabkan kelainan pada bagian tubuh lain. Regurgitasi trikuspid dapat merupakan cacat bawaan. Penyebab utama adalah pembesaran ventrikel kanan yang diakibatkan hipertensi pulmonal. Infeksi seperti demam rematik atau infeksi pada lapisan jantung juga dapat menyebabkan penyakit ini. Kebanyakan penderita muda mengalami regurgitasi akibat cacat bawaan.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Ada banyak faktor risiko untuk penyakit ini seperti:

  • Infeksi.
  • Serangan jantung.
  • Gagal jantung.
  • Hipertensi arteri paru-paru.
  • Penyakit kardiovaskular.
  • Penyakit jantung bawaan.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Radiasi

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan, umur, dan kondisi umum kesehatan Anda. Untuk kasus ringan, tidak diperlukan pengobatan. Beberapa orang dengan aritmia jantung dapat menggunakan antikoagulan untuk mencegah trombosis.

Untuk kasus gagal jantung, penggunaan diuretik dapat mengurangi jumlah cairan dalam darah untuk meringankan kerja jantung. Vasodilator dapat digunakan jika gagal jantung Anda lebih buruk. Dalam kasus Anda menderita regurgitasi trikuspid yang parah, Anda mungkin dapat melakukan operasi untuk penggantian katup jantung.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Dokter Anda akan mendiagnosis berdasarkan riwayat kesehatan awal dan pemeriksaan medis.

Dokter dapat memantau suara sistolik untuk mencari suara yang tidak biasa dari aliran darah. Hal ini dilakukan untuk menentukan waktu siklus darah melalui suara sistolik yang akan membantu dokter menemukan katup yang tidak menutup. Kebocoran katup trikuspid dapat didiagnosis melalui echocardiography, radiografi dada dan elektrokardiografi. Echokardiogram adalah jenis USG yang dilakukan pada jantung untuk menemukan kelainan. EKG menunjukkan adanya perubahan dalam sistem kerja jantung seperti kelainan denyut jantung.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi regurgitasi trikuspid (kebocoran katup trikuspid)?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi regurgitasi trikuspid:

Gunakan obat yang diresepkan kepada Anda.

  • Batasi konsumsi cairan dan garam dalam makanan Anda.
  • Lakukan olahraga berdasarkan saran dari dokter Anda.
  • Hubungi dokter Anda jika Anda:
  • Mengalami efek samping atau gejala baru, nyeri dada yang lebih parah, sesak napas, jantung berdebar, denyut jantung yang cepat, pembengkakan pada tangan atau perut.
  • Menggunakan antikoagulan dan memiliki sedikit luka yang mengakibatkan pendarahan nonstop atau Anda menderita cedera kepala

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016