Definisi

Apa itu radikulopati servikal?

Radikulopati servikal atau saraf terjepit merupakan penyakit di mana terjadi kerusakan pada akar saraf di sekitar area tulang tersebut. Bagian serviks (leher) pada tulang belakang memiliki tujuh ruas tulang.  Akar saraf ketujuh dan keenam adalah yang paling sering terpengaruh dan mengalami rasa sakit.

Seberapa umumkah radikulopati servikal?

Radikulopati servikal adalah penyakit yang cukup banyak terjadi di kalangan masyarakat yang umumnya memengaruhi sebagian besar kelompok usia dewasa. Namun, penyakit ini jarang terjadi pada remaja dan anak-anak.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala radikulopati servikal?

Radikulopati servikal adalah kondisi yang memiliki beberapa gejala tertentu. Gejala yang muncul tergantung pada bagian akar yang terpengaruh. Gejala utama meliputi nyeri yang menyebar ke lengan, leher, dada, atau bahu. Lemah otot, mati rasa, jari atau tangan kesemutan, berkurangnya koordinasi (terutama tangan), serta sakit kepala merupakan gejala sampingan. Tingkat refleks pada otot lengan atas juga terpengaruh. Gerakan pada leher dapat memperburuk rasa sakit.

Kemungkinan terdapat tanda-tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran tertentu mengenai gejala, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika Anda memiliki rasa sakit yang menyebar ke lengan, kaki, mengalami mati rasa, gatal atau terasa lemas pada lengan dan kaki.

Penyebab

Apa yang menyebabkan radikulopati servikal?

Radikulopati servikal adalah kondisi yang disebabkan oleh tekanan pada saraf tulang belakang dapat memicu gejala. Penyebabnya meliputi cedera akibat tekanan tekanan dari cakram tulang yang sobek, perubahan tulang secara degeneratif, artritis, dan hal lain yang dapat menimbulkan tekanan pada saraf. Ketidakstabilan tulang belakang dan kanker juga dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Penderita yang berusia muda biasanya memiliki herniasi cakram atau cedera akut. Orang tua sering mengalami perubahan tulang secara degeneratifma dan ini normal karena penuaan.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk radikulopati servikal?

Radikulopati servikal adalah kondisi yang memiliki beberapa faktor risiko, antara lain seperti:

  • Kegemukan, obesitas.
  • Pekerjaan yang membuat Anda sering membungkuk.
  • Riwayat keluarga.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk radikulopati servikal?

Pengobatan tergantung pada penyebabnya, namun tujuannya ialah untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan (pembengkakan). Yang pertama harus dilakukan adalah tindakan non-operasi seperti imobilisasi (menahan leher agar jangan bergerak) di tempat tidur, kompres dengan air es, serta menggunakan penyangga lembut di leher. Penyangga dikenakan selama 1-2 minggu. Memakai bantalan empuk di leher saat malam pun dapat membantu memperbaiki posisi leher.

Terapi fisik untuk mengatasi nyeri dan peradangan antara lain termasuk peregangan ringan pada leher rahim, mobilisasi, serta latihan penguatan leher. Peregangan akan meredakan kekejangan pada otot. Peregangan dilakukan dengan mengandalkan berat tubuh menggunakan tali yang disangkutkan ke kepala umumnya juga bisa diterapkan di rumah. Stimulasi listrik dapat menenangkan kejang otot serta nyeri. Sementara, akupunktur adalah pilihan pengobatan lain.

Obat seperti steroid dan non-steroid anti-inflammatory (NSAID), ibuprofen serta naproxen kadang juga dapat membantu. Banyak penderita yang sembuh bahkan tanpa operasi. Jika pengobatan lain tidak berhasil, kemungkinan Anda perlu menjalani operasi. Jenis operasi yang dimaksud ialah foraminotomy (memperbesar celah bagi akar saraf), disektomi (mengangkat cakram/bagian tulang yang menekan saraf), dan fusi (menggabungkan dua tulang atau lebih menjadi satu).

Untuk pencegahan dan rehabilitasi, kegiatan tertentu (seperti olahraga angkat berat) sebaiknya dibatasi dan menggunakan teknik yang tepat merupakan hal penting, misalnya seperti dalam permainan sepak bola.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk radikulopati servikal?

Dokter akan memperhatikan riwayat kesehatan Anda dengan cermat serta melakukan pemeriksaan fisik dan sensorik.

Sekitar 80% dari para penderita penyakit ini mengalami peningkatan kesehatan tanpa menjalani pengobatan dan seringkali tidak memerlukan teknik imaging. Meskipun demikian, dokter bisa melakukan Magnetic Resonance Imaging (MRI) sebagai metode pengujian yang paling baik. Sinar-X, Computed Tomography (CT), tes provokatif, elektromiografi (EMG) serta diagnostik selektif blok akar saraf (SNRB) juga bisa dilakukan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi radikulopati servikal?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi radikulopati servikal.

  • Ikuti resep dokter dan jalani pengobatan hingga tuntas.
  • Istirahat sejenak saat mengemudi, menonton TV, atau bekerja dengan komputer untuk membuat kepala Anda tidak pada posisi yang sama dalam waktu yang lama.
  • Jangan lupa untuk selalu melindungi leher Anda dari cedera dengan menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Selain itu, terapkan teknik olahraga yang tepat.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 14, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2018