Definisi

Apa itu pityriasis rosea?

Pityriasis rosea adalah ruam gatal-gatal yang berbentuk lingkaran atau oval, berukuran sekitar 2,5-5 cm, dan umumnya muncul di dada, perut, atau punggung. Biasanya berwarna merah atau kemerahan, dan bersisik di sekitarnya. Bintik ini biasanya hilang setelah 2-8 minggu tanpa adanya bekas luka, tapi penyakit ini terkadang membutuhkan waktu lebih lama. Ruam bersisik tidak menular.

Seberapa umumkah pityriasis rosea?

Kondisi kesehatan ini umumnya lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita. Pityriasis rosea dapat mempengaruhi pasien berumur 10-35 tahun. Penyakit ini bisa diatasi dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala pityriasis rosea?

Sebagian besar pasien tidak memiliki gejala. Namun, Anda mungkin masih merasa sedikit gatal. Gejala lain mungkin meliputi kelelahan, demam, sakit kepala, dan radang tenggorokan. Dalam kebanyakan kasus, gejala ini akan hilang ketika ruam mulai muncul.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala yang berlangsung lama dan tidak kunjung hilang, konsultasikan dengan dokter. Setiap tubuh berfungsi berbeda satu sama lain. Selalu diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik dalam situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab pityriasis rosea?

Saat ini, para ilmuwan belum menentukan penyebab ruam akibat pityriasis rosea. Terdapat banyak bukti bahwa penyakit ini dapat muncul karena infeksi virus, terutama oleh virus Herpes. Namun, virus herpes ini berbeda dari virus penyebab herpes alat kelamin.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk pityriasis rosea?

Sama seperti penyebab, faktor yang meningkatkan risiko pityriasis rosea masih belum sepenuhnya dimengerti. Namun, anak-anak cenderung lebih banyak terkena penyakit ini daripada orang dewasa. Hubungi dokter jika ingin bertanya.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk pityriasis rosea?

Bila terdapat gejala pityriasis rosea ringan, Anda mungkin tidak membutuhkan pengobatan, karena penyakit biasanya akan hilang setelah 2-8 minggu. Dalam kasus yang lebih parah, dokter akan meresepkan krim kulit macam hydrocortisone untuk meredakan iritasi. Anda bisa minum obat histamine untuk mengurangi gatal.

Sebagai tambahan, menjaga kebersihan tubuh harian, mandi, mendapatkan paparan sinar matahari sedang (lebih baik di pagi hari) atau terapi cahaya lainnya juga dapat membantu mengurangi ruam.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk pityriasis rosea?

Dokter akan mendiagnosis berdasarkan gejala yang Anda miliki. Dalam beberapa kasus penting, dokter mungkin melakukan tes darah untuk memastikan bahwa tidak terdapat gejala penyakit lain (seperti sifilis). Selain itu, Anda juga akan menjalani biopsi kulit untuk memastikan diagnosis.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pityriasis rosea?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin membantu mengatasi pityriasis rosea:

  • Mengikuti instruksi dokter, jangan menggunakan obat tanpa resep atau berhenti tanpa izin dokter
  • Menjadwalkan pemeriksaan ulang untuk mengontrol perkembangan gejala serta kondisi kesehatan

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan