Definisi

Apa itu perikoronitis?

Perikoronitis adalah gangguan pada mulut di mana jaringan gusi membengkak dan terinfeksi di sekitar gigi bungsu, geraham ketiga, dan geraham terakhir. Perikoronitis umumnya muncul pada akhir masa remaja atau awal usia 20 tahun.

Perikoronitis berbeda dengan penyakit gusi (periodontitis), di mana kondisi ini spesifik pada area di sekitar gigi yang tumbuh. Penyebab dari kondisi ini menyerupai pembentukan abses gusi pada periodontitis, di mana sisa-sisa makanan terjebak di bawah jaringan gusi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala perikoronitis?

Gejala perikoronitis dapat meliputi:

  • Nyeri
  • Infeksi
  • Pembengkakan pada jaringan gusi (akibat penumpukkan cairan)
  • Rasa yang tidak sedap pada mulut (akibat nanah dari gusi)
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada leher
  • Kesulitan membuka mulut.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mengobati perikoronitis?

Kadang, gejala ringan dari perikoronitis dapat diatasi di rumah tanpa antibiotik. Menyikat area dengan menyeluruh dan lembut dengan kepala sikat gigi yang kecil dapat membantu menghancurkan plak atau makanan yang terjebak.

Irigator air mulut juga dapat membersihkan sisa makanan yang terjebak di bawah operkulum dengan efektif. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan area. Selain itu, larutan hidrogen peroksida juga dapat digunakan sebagai obat kumur atau cairan irigasi untuk membantu mengurangi bakteri pada area.

Kapan saya harus periksa ke dokter gigi?

Untuk perikoronitis parah yang disertai oleh demam dan pembengkakan, perawatan di rumah tidak disarankan, dan perawatan yang tepat harus dilakukan oleh profesional. Hubungi dokter gigi apabila Anda mengalami perikoronitis parah.

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah perikoronitis?

Anda dapat membentu pencegahan perikoronitis dengan menjaga kebersihan mulut terutama pada gigi geraham yang sedang tumbuh, dengan memastikan partikel makanan dan bakteri tidak menumpuk di bawah gusi.

Namun, apabila langkah-langkah tersebut tidak berhasil dan perikoronitis kembali, mungkin akan diperlukan pengangkatan bagian gusi yang menindih gigi geraham. Pada beberapa kasus, gigi bungsu perlu dicabut.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 14, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 14, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan