Apa Itu Penyakit Herpangina?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu penyakit herpangina?

Penyakit herpangina adalah infeksi virus yang umumnya menyerang anak-anak. Beberapa tanda dari herpangina adalah sariawan kecil mirip bintil lepuhan pada langit-langit mulut dan di balik tenggorokan. Infeksi ini juga dapat menyebabkan demam mendadak, radang tenggorokan, sakit kepala, dan nyeri leher.

Herpangina cukup serupa dengan penyakit tangan-kaki-mulut (Flu Singapura). Kedua penyakit ini disebabkan oleh kelompok enterovirus, yaitu virus penyebab penyakit yang biasanya menyerang saluran pencernaan, namun dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Kelompok enterovirus yang menyebabkan herpangina sangat menular. Untungnya, gejala dapat diatasi dan biasanya menghilang dalam 7-10 hari.

Sistem imun tubuh menghasilkan antibodi untuk melawan infeksi. Antibodi merupakan protein yang berperan mengenali dan menghancurkan zat berbahaya, seperti virus dan bakteri. Namun, bayi dan anak-anak kecil jarang memiliki antibodi yang tepat karena belum terbentuk. Hal ini menyebabkan mereka lebih rentan terhadap enterovirus dibandingkan dengan orang dewasa.

Seberapa umum penyakit herpangina terjadi?

Herpangina dapat menyerang siapa pun, namun paling sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Kondisi paling umum terjadi pada anak-anak yang sering berada di tempat umum, seperti sekolah, penitipan anak, atau tempat bermain umum.

Kondisi ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risikonya. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala herpangina?

Tanda-tanda dan gejala yang muncul akibat penyakit ini bisa bervariasi bergantung dari masing-masing individu. Namun, secara umum, gejala herpangina adalah sebagai berikut:

  • Demam yang muncul tiba-tiba
  • Radang tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Nyeri leher
  • Pembengkakan kelenjar limfa
  • Kesulitan menelan
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mengeluarkan air liur (pada bayi)
  • Muntah (pada bayi)
  • Ulkus (luka) kecil pada bagian belakang mulut dan tenggorokan mulai muncul sekitar 2 hari setelah awal infeksi. Ulkus cenderung berwarna abu-abu muda dengan pinggiran berwarna merah. Ulkus biasanya sembuh dalam 7 hari.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan perawatan dini dapat menghentikan kondisi ini memburuk dan mencegah kondisi medis darurat lainnya. Bicarakanlah segera dengan dokter Anda untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab herpangina?

Herpangina adalah kondisi yang disebabkan oleh kelompok A coxsackieviruses. Namun pada kasus lain, penyakit ini juga disebabkan oleh kelompok B coxsackieviruses, enterovirus 71, dan echovirus.

Virus tersebut sangat menular dan mudah menyebar antarindividu, terutama di sekolah dan pusat penitipan anak. Orang yang terinfeksi herpangina paling berpotensi untuk menularkan penyakit pada seminggu pertama saat infeksi.

Terkena kontak dengan feses yang terkontaminasi, tetesan bersin dan batuk dari seseorang yang terinfeksi adalah cara-cara umum untuk menularkan penyakit. Hal ini berarti Anda dapat terkena herpangina apabila Anda memegang mulut setelah menyentuh sesuatu yang terkontaminasi dengan partikel feses atau tetesan liur dari orang yang terinfeksi. Virus dapat hidup pada permukaan dan objek, seperti permukaan meja dan mainan, selama beberapa hari.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya lebih berisiko terkena herpangina?

Ada banyak faktor yang memicu seseorang terkana herpangina, yaitu:

  • Anak-anak berusia di bawah 5 tahun
  • Anak-anak yang bersekolah, dititipkan ke tempat penitipan anak, atau arena bermain umum

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana penyakit herpangina didiagnosis?

Oleh karena ulkus yang disebabkan oleh penyakit herpangina cukup unik, dokter biasanya dapat langsung mendiagnosis kondisi dengan melakukan pemeriksaan fisik serta meninjau gejala dan riwayat medis Anda. Tes diagnosis khusus lainnya biasanya tidak diperlukan.

Apa saja pengobatan yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit herpangina?

Tujuan utama dari perawatan penyakit herpangina adalah untuk mengurangi dan mengatasi gejala, terutama rasa sakit. Pilihan perawatan yang digunakan biasanya akan bergantung pada berbagai faktor, seperti usia, gejala, dan toleransi terhadap pengobatan tertentu. Penyakit herpangina adalah infeksi virus. Artinya, antibiotik bukanlah pengobatan yang efektif.

Dokter mungkin akan menyarankan beberapa pengobatan berikut:

Ibuprofen atau acetaminophen

Obat-obatan ini dapat meredakan rasa tidak nyaman dan mengurangi demam. Jangan gunakan aspirin untuk meredakan gejala infeksi virus pada anak-anak dan remaja, karena telah terkait dengan Reye’s syndrome, penyakit mengancam nyawa yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan mendadak pada hati dan otak.

Anestesi topikal

Anestesi tertentu, seperti lidocaine, dapat meredakan radang tenggorokan dan nyeri pada mulut lainnya yang terkait dengan penyakit herpangina.

Meningkatkan asupan cairan

Penting untuk minum banyak cairan selama pemulihan, terutama susu dan air dingin. Mengonsumsi es batangan juga dapat meredakan radang tenggorokan. Hindari minuman yang mengandung sitrus (asam) dan minuman panas karena dapat memperburuk kondisi.

Dengan perawatan, gejala akan menghilang dalam 7 hari tanpa efek yang berlanjut.

Pencegahan

Apa saja yang dapat saya lakukan di rumah untuk mengatasi atau mencegah penuakit herpangina?

Berikut adalah gaya hidup dan cara-cara yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi herpangina:

  • Kebiasaan menjaga kebersihan adalah cara terbaik untuk mencegah herpangina. Cuci tangan dengan menyeluruh, terutama sebelum makan dan setelah dari kamar mandi.
  • Penting untuk menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk untuk mencegah penyebaran virus. Ajari anak untuk melakukan hal yang sama.
  • Ketika anak Anda terkena herpangina, Anda harus mencuci tangan lebih sering, terutama setelah terkena kontak dengan popok yang digunakan atau lendir yang mereka keluarkan.
  • Bersihkan permukaan, mainan, dan benda lain dengan disinfektan untuk membunuh kuman.
  • Jangan membiarkan anak Anda pergi ke sekolah atau tempat penitipan anak untuk menghindari penyebaran virus selama beberapa hari.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Desember 10, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 10, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan