Definisi

Apa itu osgood-schlatter disease?

Osgood-Schlatter Disease, juga disebut sebagai penyakit tulang tibial tuberosity depan, adalah kondisi yang dapat menimbulkan nyeri di sekitar sendi lutut. Nyeri yang dirasakan biasanya pada bagian tulang yang menonjol di bawah tempurung lutut (yaitu tulang yang menopang otot kuadrisep paha).

Gejala yang ditunjukkan biasanya mulai muncul setelah olahraga atau setelah trauma yang disebabkan oleh olahraga. Penyakit ini tidak menyebabkan kerusakan permanen. Kebanyakan penderita dapat sembuh seperti semula.

Seberapa umumkah osgood-schlatter disease?

Osgood-Schlatter paling sering menyebabkan nyeri pada lutut atlet atau orang yang berolahraga. Biasanya menyerang remaja pria berusia 11-18 tahun yang sedang dalam masa pertumbuhan dan penguatan tulang. Remaja wanita berusia 8-16 tahun juga memiliki risiko yang sama.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala osgood-schlatter disease?

Gejala yang paling umum dari penyakit Osgood-Schlatter adalah nyeri dan pembengkakan pada bagian paha bawah tepat di atas lutut. Gejala dapat terjadi hanya pada satu kaki atau keduanya. Rasa sakit akan bertambah apabila lutut dipaksa bergerak atau tulang di sekitar persendian lutut mengalami gesekan.

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, tolong konsultasikan kepada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter apabila Anda atau anak Anda tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari karena rasa nyeri pada lutut mereka. Selain itu, Anda juga perlu membawa anak Anda ke dokter apabila lutut mereka terlihat membengkak dan kemerahan, diikuti dengan gejala demam, atau kesulitan untuk menggerakkan lutut. Mungkin saja ini berarti penyakitnya bertambah parah.

Penyebab

Apa penyebab osgood-schlatter disease?

Penyebab penyakit ini adalah apabila atlet melakukan kegiatan olahraga yang terlalu keras sehingga mengganggu sistem otot dan tulang padahal keduanya belum berkembang cukup kuat. Kegiatan tersebut menyebabkan luka pada lutut.

Penyebab penyakit ini adalah penggunaan otot kuadriseps (salah satu otot paha) yang berlebihan. Gerakan olahraga membuat otot kuadriseps berkontraksi dan menarik tendon yang melekatkan tempurung lutut dengan tulang tibia. Tarikan yang terus menerus akan menyebabkan cedera dan pada beberapa kasus, tulang sang anak akan mencoba menumbuhkan tulang baru pada bagian yang cedera.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk osgood-schlatter disease?

Beberapa faktor berisiko di bawah ini dapat memengaruhi kemungkinan Anda terkena Osgood-Schaltter, yakni:

  • usia: penyakit yang menyerang biasanya terjadi pada usia pubertas. Masa pubertas tergantung gender karena pria dan wanita memiliki usia pubertas yang berbeda. Maka, penyakit ini lebih sering terjadi lebih awal pada remaja wanita berusia 11-12 tahun sedangkan pada remaja pria biasanya di usia 13-14 tahun
  • gender: biasanya penyakit terjadi pada remaja pria. Namun namun bagi balita dan orang yang aktif berolahraga, kedua gender memiliki kemungkinan yang sama
  • olahraga: penyakit terjadi pada gerakan olahraga seperti lari, loncat, dan perubahan gerakan secara tiba-tiba

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk osgood-schlatter disease?

Penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia penderita. Beberapa metode akan dapat membantu mengurangi keluhan pada anak, termasuk:

  • istirahat: kebanyakan anak akan merasakan lebih baik setelah beristirahat sebentar. Meskipun begitu, tidak dianjurkan untuk berolahraga sampai setidaknya beberapa minggu
  • mengompres dengan es pada bagian yang sakit 2-4 kali sehari, juga setelah berolahraga untuk mengurangi rasa sakit
  • lindungi bagian tempurung lutut menggunakan pelindung berbahan karet
  • angkat bagian kaki yang sakit
  • dokter akan menganjurkan terapi otot bagi balita untuk belajar merenggangkan otot dan menambahkan kekuatan otot, mengurangi durasi sakit, serta meningkatkan pertahanan dan fleksibilitas lutut. Kegiatan ini juga dapat mencegah terjadinya kambuh di masa yang akan datang
  • dokter dapat meresepkan obat penahan sakit dan penahan radang lain. Namun untuk kasus yang parah, akan perlu dilakukan operasi namun sangat jarang

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk osgood-schlatter disease

Biasanya, dokter hanya akan melakukan pemeriksaan fisik pada area sakit untuk menentukan apakah pasien menderita Osgood-Schaltter. Selain itu, dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan x-ray untuk memaparkan kondisi lain.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi osgood-schlatter disease?

Berikut merupakan bentuk-bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda menghadapi Osgood-Schlatter:

  • bantu anak Anda menurunkan berat badan apabila direkomendasikan oleh dokter
  • hindari melakukan kegiatan yang terlalu banyak menggerakan lutut atau kaki selama 15-30 menit setelah dan sebelum operasi
  • bagian yang terluka harus dirawat dan diistirahatkan sesuai permintaan oleh dokter
  • berikan anak Anda obat-obatan sesuai dengan yang diresepkan. Juga lakukan kegiatan fisik yang diinstruksikan oleh fisioterapis

Bila ada pertanyaan, konsultasikan dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016