Definisi

Apa itu mimpi basah?

Mimpi basah atau emisi noktural adalah pengeluaran sperma saat Anda tidur di malam hari. Mimpi basah terutama terjadi saat Anda mengalami mimpi mengenai hubungan seks, dan karena Anda sedang tidur, tidak akan terjadi masturbasi dan Anda mungkin bahkan tidak akan mengingat mimpi tersebut. Kebanyakan mimpi basah terjadi pada remaja laki-laki dan pria muda, dan terkadang juga terjadi saat beranjak dewasa.

Seberapa umumkah mimpi basah?

Mimpi basah sangatlah umum terjadi,  pada remaja laki-laki dan pria muda. Mimpi basah dapat mengenai pasien pada usia berapa pun. Hal ini dapat dikendalikan dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala mimpi basah?

Gejala umum dari mimpi basah adalah noda basah dan lengket pada pakaian dalam, yang ditemukan di pagi harinya. Anda mungkin tidak akan ingat apa yang telah Anda mimpikan.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika mengalami satupun dari berikut:

  • mimpi basah yang berlebihan
  • masalah psikologis
  • masalah fisik
  • kelelahan, keletihan

Penyebab

Apa penyebab mimpi basah?

Mimpi basah dikendalikan oleh hormon pria yang disebut testosteron, yang diproduksi pada masa pubertas. Sebagai hasil dari produksi testosteron, penis Anda dapat melepaskan sperma. Ini berarti Anda akan mampu membuahi telur jika Anda memustuskan untuk memiliki bayi di masa depan. Mimpi basah terjadi saat Anda mengalami mimpi yang merangsang secara seksual saat sedang tidur. Hampir semua pria mengalami setidaknya satu mimpi basah sepanjang hidup mereka.

Meskipun perempuan tidak dapat berejakulasi, mereka dapat mengalami orgasme pada saat bermimpi. Meskipun begitu, perempuan tidak mengalami mimpi syur sesering yang dialami laki-laki.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk mimpi basah?

Seorang remaja laki-laki berusia 9-19 tahun, biasanya selama tidur REM (rapid eye movement).

Meskipun banyak pria tidak sering mengalami mimipi basah setelah masa remaja, beberapa pria terus mengalaminya sampai menjadi dewasa.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana mimpi basah didiagnosis?

Dokter mungkin akan menanyakan mengenai kesehatan Anda, tanda-tanda yang Anda alami, dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan kondisi kesehatan ini.

Apa saja pengobatan untuk mimpi basah?

Mimpi basah selama pubertas merupakan tanda yang sangatlah normal bahwa sistem reproduksi Anda berfungsi dengan baik. Mimpi basah merupakan bagian normal dari tumbuh dewasa. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan atau menghentikan mimpi basah.

Beberapa pria mengalami mimpi basah beberapa kali dalam seminggu. Yang lain mungkin hanya mengalami mimpi basah beberapa kali dalam sepanjang hidup mereka. Setelah Anda mulai melepaskan sperma melalui masturbasi atau melakukan hubungan seks dengan pasangan, Anda bisa saja mengalami lebih sedikit mimpi basah. Namun, jika Anda mengalami emisi noktural berlebihan yang berulang lebih dari tiga kali dalam periode tujuh hari, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan hormon, produksi sperma abnormal. Masalah ini harus diobati oleh dokter.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi mimpi basah?

Perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi mimpi basah:

  • Santailah. Jangan merasa stres atau bersalah. Mimpi basah terkadang bisa saja terjadi sampai dewasa. Jika Anda merasa tidak nyaman karena mengalami mimpi basah, bicaralah pada orang dewasa yang Anda percaya—orang tua, konselor sekolah, dokter Anda. Membicarakan mengenai masalah tersebut adalah cara terbaik untuk membuat Anda merasa lebih nyaman mengenai bagian alami dari pertumbuhan Anda ini.
  • Bersihkanlah penis dan testis Anda dengan air dan sabun, termasuk daerah di bawah kulup jika Anda tidak disunat.
  • Tingkatkanlah asupan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral untuk keuntungan sistem reproduktif.
  • Makanlah bawang putih untuk memperkuat organ reproduksi.
  • Makanlah almond untuk meningkatkan masalah kelemahan mental, misalnya, pelupa.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 9, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 9, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan