Apa itu lidah geografik?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu lidah geografik?

Lidah geografik adalah kondisi yang menyebabkan munculnya area yang tidak teratur, halus, dan berwarna merah pada lidah, yang berbentuk seperti peta. Lidah geografik muncul pada bagian atas dan samping lidah, dan kadang di bawah permukaan. Biasanya ada garis-garis berombak putih di sebelah area.

Anda dapat menyadari dalam beberapa minggu atau bulan, posisi garis-garis dan area merah akan berubah.

Hal ini terjadi karena permukaan yang “lama” pada lidah mengganti dengan sendirinya. Lapisan atas “kulit” lidah tidak muncul dengan rata. Beberapa bagian “kulit” muncul terlalu awal dan meninggalkan area berwarna merah dan terasa sakit seperti goresan pada kulit. Pada bagian lain kulit berada terlalu lama dan berwarna putih.

Akibat tipisnya area yang berwarna merah, kadang terinfeksi dengan thrush (candida). Thrush (seperti sariawan) sangat umum muncul pada mulut.

Faktor yang terkait dengan meningkatnya risiko meliputi:

  • Riwayat keluarga. Beberapa orang dengan lidah geografik memiliki sejarah keluarga terhadap penyakit ini, faktor turunan genetik dapat meningkatkan risiko.
  • Lidah pecah-pecah. Orang dengan lidah geografik seringkali memiliki kelainan lain yang disebut lidah pecah-pecah, tampak retakan atau alur pada permukaan lidah.

Kondisi ini mempengaruhi semua kelompok usia dan Anda dapat menyadarinya sejak Anda kecil. Kondisi ini bukanlah suatu infeksi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala lidah geografik?

Tanda-tanda dan gejala dari lidah geografik dapat meliputi:

  • Area yang halus, merah dan berbentuk tidak teratur pada atas atau samping lidah Anda
  • Perubahan lokasi, ukuran dan bentuk luka yang sering
  • Rasa tidak nyaman, nyeri atau sensasi terbakar, seringkali terkait dengan makanan panas, pedas, asin atau asam.

Banyak orang dengan lidah geografik tidak memiliki gejala apapun.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara mengobati lidah geografik?

Lidah geografik umumnya tidak memerlukan perawatan medis. Walau lidah geografik kadang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, selain itu kondisi ini tidak berbahaya.

Kadang perawatan untuk thrush dapat meringankan rasa tidak nyaman, seperti, miconazole gel). Anda dapat membelinya di apotek.

Lidah geografik tidak akan berubah menjadi kanker, namun  Anda akan perlu untuk belajar mengatasinya. Anda perlu mencari tahu makanan apa yang memperburuk kondisi, serta menghindarinya.

Kapan harus diperiksakan ke dokter gigi?

Lidah geografik adalah kondisi yang minor, walau kadang terasa tidak nyaman. Namun, luka pada lidah dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius pada lidah atau penyakit yang mempengaruhi tubuh secara umum. Jika Anda memiliki luka pada lidah yang tidak membaik dalam 7-10 hari, kunjungi dokter atau dokter gigi.

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah lidah geografik?

Anda dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang terkait dengan lidah geografik dengan menghindari atau membatasi zat yang umumnya memperparah sensitivitas jaringan mulut, seperti:

  • Makanan panas, pedas, asam atau asin
  • Produk tembakau
  • Pasta gigi yang mengandung zat aditif tartar-control, perasa atau pemutih yang berlebih.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 12, 2016 | Terakhir Diedit: Juli 14, 2017

Yang juga perlu Anda baca