Mengapa Saya Bisa Terkena Kutu Kemaluan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Definisi

Apa itu kutu kemaluan?

Kutu kemaluan, juga disebut crabs, adalah kondisi yang terjadi saat Anda memiliki serangga berukuran sangat kecil yang berada di kelamin Anda. Ada 3 tipe kutu yang menyerang manusia:

  • Pediculus humanus capitis: kutu kepala
  • Pediculus humanus corporis: kutu tubuh
  • Phthirus pubis: kutu kelamin

Kutu mengisap darah manusia dan menyebabkan rasa gatal yang intens pada area tertentu. Kutu kelamin biasanya hidup di rambut kemaluan dan menyebar melalui kontak seksual. Pada beberapa kasus langka, kutu dapat ditemukan di bulu mata, bulu ketiak, dan rambut pada wajah. Kutu rambut kemaluan sering kali berukuran lebih kecil dari kutu tubuh dan kutu kepala (kutu rambut).

Seberapa umum seseorang dapat terkena kutu kemaluan?

Kutu rambut kemaluan lebih banyak ditemukan pada orang yang memiliki infeksi seksual menular. Namun, kondisi ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor-faktor risikonya. Diskusikanlah dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kutu kemaluan?

Pasien dengan kutu rambut kemaluan sering kali mengalami gatal pada area kelamin atau anus pada 5 hari setelah munculnya kutu. Di malam hari, rasa gatal yang muncul akan terasa lebih intens.

Gejala-gejala umum lain ketika terdapat kutu di rambut kemaluan Anda adalah:

  • Demam (namun suhunya rendah)
  • Mudah marah
  • Kurang energi
  • Bercak-bercak berwarna pucat di dekat gigitan

Gatal berlebih dapat menyebabkan luka atau infeksi pada area tersebut. Anak-anak yang terkena kutu pada bulu mata juga berisiko terhadap konjungtivitis (pink eye).

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan perawatan dini dapat mencegah kondisi ini memburuk juga mencegah terjadinya kondisi medis darurat lainnya. Untuk itu, segera bicara dengan dokter segera untuk menangani kondisi ini.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab munculnya kutu kemaluan?

Kutu kelamin adalah kondisi yang umumnya ditularkan melalui kontak intim, termasuk hubungan seksual. Menggunakan selimut, handuk, seprai atau pakaian orang yang memiliki kutu rambut kemaluan juga bisa menyebabkan seseorang tertular kutu ini.

Kutu dewasa meninggalkan telur pada batang rambut, di dekat kulit. Telur tersebut disebut nits. Dalam 7-10 hari kemudian, nits menetas menjadi nimfa dan mulai mengisap darah Anda. Kutu dapat hidup tanpa asupan makanan selama 1-2 hari.

Banyak yang memercayai anggapan bahwa seseorang dapat terkena kutu kelamin dari penggunaan toilet duduk bersama atau perabotan lainnya. Namun, hal itu kemungkinan tidak akan terjadi sebab kutu kelamin biasanya tidak akan jatuh dari inangnya kecuali kutu itu sudah mati. Kutu juga tidak dapat melompat dari satu orang ke orang lain seperti kutu rambut.

Jangan biarkan anak tidur bersama Anda apabila Anda memiliki kutu kelamin. Anak dapat terkena kutu setelah tidur di tempat tidur yang sama dengan seseorang yang memiliki kutu rambut kemaluan. Pada anak-anak, kutu biasanya tinggal di bulu mata atau alis. Adanya kutu kemaluan pada anak bisa menjadi indikasi adanya kekerasan seksual.

Faktor Risiko

Apa yang membuat saya berisiko lebih tinggi terkena kutu kemaluan?

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang berisiko lebih tinggi untuk kutu rambut kemaluan, yaitu:

  • Memiliki beberapa pasangan seksual
  • Memiliki kontak seksual dengan orang yang terinfeksi
  • Menggunakan seprai atau pakaian yang digunakan orang yang terinfeksi

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana kutu kemaluan didiagnosis?

Apabila dokter menduga Anda memiliki kondisi ini, pemeriksaan fisik dan beberapa tes akan dilakukan. Kutu kelamin biasanya berwarna abu-abu pucat, namun warnanya bisa berubah menjadi lebih gelap setelah mengisap darah Anda. Anda kemungkinan terkena kutu ini apabila Anda melihat serangga kecil, berbentuk seperti kepiting yang bergerak di rambut kemaluan Anda.

Telur kutu adalah indikator lain Anda memiliki kutu kelamin. Telur kutu kelamin berukuran kecil dan putih, biasanya ditemukan di sekitar akar rambut kemaluan atau rambut tubuh lainnya. Hubungi dokter apabila Anda menunjukkan tanda-tanda terkena kutu kemaluan namun masih ragu.

Bagaimana kutu kemaluan ditangani?

Pilihan perawatan untuk kutu kemaluan meliputi dekontaminasi diri, pakaian, dan seprai Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kutu rambut kemaluan ini, antara lain:

  • Pelembap dan sampo khusus yang dijual bebas dapat digunakan untuk membasmi kutu dari tubuh Anda. Tanyakan pada dokter mengenai produk apa yang aman untuk digunakan, terutama jika Anda sedang mengandung atau menyusui atau sedang menangani bayi dengan kutu kemaluan. Anda mungkin hanya perlu untuk mencuci rambut kemaluan jika kondisinya masih ringan.
  • Sekalipun perawatan yang Anda lakukan berhasil, beberapa telur kutu mungkin saja bertahan dan masih menempel pada rambut Anda. Angkat sisa telur dengan capitan. Perawatan rumahan, seperti bercukur dan mandi air panas, tidak efektif untuk mengatasi kutu kemaluan. Kutu dapat bertahan dengan air dan sabun biasa.
  • Apabila beberapa orang di rumah terkena kutu kemaluan, lakukan perawatan pada setiap orang di waktu bersamaan.
  • Anda juga perlu membersihkan seluruh rumah Anda. Sedot seluruh rumah dan bersihkan kamar mandi dengan larutan pemutih. Cuci semua handuk, seprai, dan pakaian dengan air panas, kemudian keringkan dengan mesin pada pengaturan yang paling tinggi.

Anda mungkin memerlukan obat yang lebih kuat apabila kutu masih bertahan.

Untuk kutu kemaluan yang muncul di bulu mata, oleskan petroleum jelly pada bulu mata dan kelopak mata 3 kali sehari selama beberapa hari. Gatal dapat berlangsung selama 1-2 minggu selama tubuh Anda mengatasi reaksi alergi terhadap gigitan.

Pengobatan di Rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu kelamin?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kutu kelamin:

  • Hindari berbagi pakaian, seprai, handuk dengan siapa pun yang memiliki kutu kelamin.
  • Kontak seksual harus dihindari hingga perawatan selesai dan berhasil.
  • Begitu didiagnosis memiliki kutu kelamin, Anda harus menginformasikan semua pasangan seksual sekarang dan yang lalu agar mereka juga dapat mengatasinya.

Konsultasikanlah kondisi Anda lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik dari masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: November 27, 2018 | Terakhir Diedit: November 27, 2018

Yang juga perlu Anda baca