Definisi

Apa itu kutu busuk?

Kutu busuk adalah istilah yang biasa digunakan untuk jenis serangga yang makan darah manusia atau hewan ketika sedang tidur. Kutu busuk berwarna kecokelatan yang kemudian berubah menjadi kemerahan setelah makan darah.

Kutu busuk dapat bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain seperti lantai, dinding atau langit-langit tanpa terbang karena bukan itu yang mereka lakukan. Seperti kebanyakan serangga lainnya, kutu busuk memiliki laju reproduksi yang sangat cepat. Satu betina dapat memproduksi tiga generasi atau lebih setiap tahunnya, dan ia dapat menghasilkan ratusan telur ketika hidup.

Kutu busuk mencapai kematangan melalui proses shedding setelah makan hingga 5 kali. Kutu busuk yang belum dewasa disebut nimfa. Kondisi hidup yang ideal akan membantu kutu busuk sepenuhnya berkembang secepat 1 bulan, ditambah dengan laju reproduksinya, kamar Anda bisa dengan mudahnya menjadi koloni kutu busuk dalam waktu yang sangat singkat.

Seberapa umumkah kutu busuk?

Dengan ukuran biji apel, kutu busuk dapat dengan mudah ditemukan biasanya di celah-celah, kasur, bingkai tempat tidur atau di manapun yang dapat menuntun mereka pada makanan selama waktu tidur. Ada banyak kutu busuk di hotel, dan mereka dapat berpindah dari kamar ke kamar atau bahkan keluar di barang-barang pribadi pengunjung seperti koper, ransel, dll.  Kutu busuk dapat mengenai pasien pada usia berapa pun. Diskusikanlah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kutu busuk?

Gejala umum dari kutu busuk adalah:

  • Bersamaan dengan penampakan kutu busuk, ada beberapa tanda samar yang menandakan bahwa Anda ditemani sesuatu selain bekas gatal yang bisa saja bukan dari gigitan nyamuk.
  • Noda darah di tempat tidur.
  • Kotoran kutu busuk yang gelap dan berkarat, cangkang telur dan kelupasan kulit pada kasur tempat tidur, celah-celah atau tempat manapun yang bisa untuk persembunyian.
  • Bau apak.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda mengalami satupun tanda atau gejala yang disebutkan di atas, atau memiliki pertanyaan apapun, konsultasikanlah pada dokter Anda. Tubuh setiap orang bereaksi dengan cara berbeda. Selalu lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk keadaan Anda dengan dokter.

Penyebab

Apa penyebab kutu busuk?

Oleh karena mereka adalah makhluk yang hidup dari darah, Anda dapat terkena kutu busuk hampir di setiap tempat. Beberapa bisa jadi hidup di rumah teman Anda, kantor, gym, toko, hotel atau pada sofa bekas, di tumpukan pakaian yang dijual di pinggir jalan, dan seterusnya. Dengan kelincahan fisik mereka, kutu busuk dapat loncat ke tas atau bahkan tubuh Anda tanpa Anda sadari dan mengikuti Anda pulang. Keberadaan kutu busuk tidak berarti kamar Anda kotor, ini hanya menandakan bahwa tanpa sengaja Anda kedatangan teman yang tidak diundang.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kutu busuk?

Anda dapat dengan mudahnya terkena kutu busuk di semua tempat.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana kutu busuk didiagnosis?

Sulit untuk mendiagnosis apakah Anda telah digigit kutu busuk atau tidak. Segera setelah Anda menyadari tanda-tanda kondisi ini, segera periksa adanya tanda-tanda berikut:

  • Bintik hitam: kotoran kutu busuk. Periksa lokasi di sekitar kasur, bantal, sofa.
  • Noda karat atau kemerahan. Noda merah yang ditemukan pada sprei merupakan bukti adanya kutu busuk di rumah Anda.

Apa saja pengobatan untuk kutu busuk?

Cara terbaik untuk mengobati kutu busuk adalah dengan memanggil pembasmi hama untuk melakukan pekerjaan tersebut. Pastikan bahwa insektisida dapat digunakan di daerah tempat tidur, atau Anda akan dibuat sakit karenanya. Dan karena kutu busuk sangat baik dalam bereproduksi, Anda harus memanggil pembasmi hama cepat atau lambat.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu busuk?

Gaya hidup dan pengobatan di rumah berikut dapat membantu Anda mengatasi kutu busuk:

  • Bersihkan tempat tidur Anda termasuk sprei dan bantal.
  • Tirai juga merupakan tempat yang baik bagi kutu busuk, jadi jangan melewatkannya.
  • Gosok matras kasur untuk menghilangkan telur kutu sebelum membersihkan atau memvakum. Bersiaplah untuk membeli matras baru jika harus, dan ingat untuk membersihkan semuanya sebelum membeli matras baru.
  • Perhatikan celah-celah di dinding karena ini adalah lokasi persembunyian yang ideal, jadi enyahkan dengan memperbaikinya dan menempelkannya kembali jika Anda menggunakan wallpaper.
  • Rapikan kamar Anda, jaga kerapian, atur tumpukan pakaian Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 13, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 13, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan