Apa itu kanker payudara pria?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu kanker payudara pria?

Kanker payudara pada pria adalah pertumbuhan sel yang abnormal pada formasi jaringan payudara pria. Metastatic melanoma  adalah kumpulan dari sel kanker yang dapat berlipat ganda dengan cepat pada jaringan sekitarnya, atau dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lain. Ini adalah penyakit yang jarang terjadi pada pria, hanya terdapat sekitar 1% kasus dari kasus kanker payudara pada pria yang terdiagnosis per tahun.

Seberapa umumkah kanker payudara pria?

Penyakit ini lebih umum terjadi pada pria yang berusia 60-70 tahun dan pria yang memiliki tingkat hormon estrogen yang tinggi karena berat badan yang berlebihan atau sedang menjalani pengobatan yang mengandung hormon. Anda dapat membatasi risiko terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kanker payudara pria?

Gejala-gejala paling umum dari kanker payudara pada pria adalah munculnya benjolan tanpa rasa sakit, pembengkakan dan dapat dirasakan di bawah puting dan area dada. Ada juga gejala-gejala lain seperti puting yang memerah dan membengkak, menekuk ke dalam, dan berdarah, atau pengeluaran cairan yang abnormal, dan kulit yang mencekung ke dalam di sekitar payudara.

Kemungkinan ada beberapa tanda atau gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda mempunyai kekhawatiran mengenai suatu gejala, konsultasikanlah pada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Apabila Anda memiliki tanda-tanda dan gejala yang disebutkan di atas, atau memilki pertanyaan atau kekhawatiran, konsultasikanlah ke dokter Anda. Status dan kondisi dapat berbeda-beda pada banyak orang. Selalu diskusikan dengan dokter Anda untuk dapat didiagnosa agar mengetahui pengobatan terbaik untuk Anda.

Penyebab

Apa penyebab kanker payudara pria?

Para ilmuwan masih belum dapat menemukan penyebab dari kanker payudara pada pria. Namun demikian, mereka telah mempelajari bahwa penyakit biasanya timbul saat sel payudara mulai tumbuh secara tidak normal dan membelah diri lebih cepat dari sel yang sehat. Sel-sel ini membentuk penumpukan dan menjadi tumor yang dapat menyebar ke jaringan terdekat atau bagian tubuh lainnya.

Diperkirakan 5-10% dari kasus-kasus kanker payudara terkait dengan mutasi genetik dan keturunan. Faktor genetik yang diidentifikasi sebagai karsinogen yaitu termasuk gene 1 (BRCA1) dan gene 2 (BRCA2). Apabila Anda memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga Anda, hubungi dokter untuk pemeriksaan dan memastikan apa Anda memiliki gen-gen di atas atau tidak.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kanker payudara pria?

Faktor-faktor utama yang meningkatkan risiko kanker payudara di antaranya:

  • Usia lanjut (khususnya lebih dari usia 60 tahun)
  • Adanya cacat genetik
  • Konsentrasi hormon estrogen pada tubuh yang terlalu tinggi karena obesitas, penyakit hati, dan penggunaan obat-obatan yang meningkatkan kadar hormon estrogen pada tubuh

Tidak adanya faktor-faktor risiko bukan berarti Anda tidak dapat terkena kanker payudara. Faktor-faktor ini hanya merupakan referensi, konsultasikanlah pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kanker payudara pria?

Dokter akan memeriksa perkembangan dari penyakit dan status kesehatan Anda sebelum memilih dan menerapkan pengobatan berikut:

Operasi

Metode yang paling umum digunakan adalah operasi untuk mengangkat tumor atau mengangkat seluruh payudara. Saat melakukan operasi pengangkatan tumor, dokter akan memotong tumor dan area sekitar tumor. Pada operasi pengangkatan seluruh payudara, terkadang dokter akan mengangkat payudara, kelenjar getah bening, dan sebagian otot dada.

Radioterapi

Terapi radiasi ini menggunakan sinar berenergi tinggi untuk merusak sel kanker. Saat terapi radiasi dilakukan untuk pasien pria dengan kanker payudara, mesin besar digerakkan di sekitar tubuh dan mengantar sinar ke titik yang tepat pada dada.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Apabila setelah operasi sel kanker masih terdapat di area lain atau Anda memiliki kanker metastasis, dokter Anda akan memberikan kemoterapi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kanker payudara pria?

Dokter mungkin akan meminta Anda menjalani mammogram, USG, dan biopsi dari sampel jaringan payudara untuk mendiagnosis kanker payudara pada pria. Anda juga mungkin memerlukan tes lain yang terkait dengan hormon dan protein dalam tubuh.

Untuk memastikan tingkat pertumbuhan dari penyakit ini, dokter akan mendiagnosis berdasarkan hasil dari rontgen, CT scan, MRI, PET scan, dan biopsi.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker payudara pria?

  • Konsumsi obat-obatan seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda
  • Periksa secara berkala untuk mendeteksi komplikasi penyakit atau metastasis
  • Pertahankan diet sehat untuk mempertahankan keseimbangan berat badan. Hubungi dokter Anda apabila mengalami gejala-gejala ini setelah konsumsi alkohol berkepanjangan atau mengonsumsi terlalu banyak alkohol

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 12, 2018

Yang juga perlu Anda baca