Apa itu bundle branch block?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu bundle branch block?

Bundle Branch Block (BBB) adalah sebuah kondisi saat daya “listrik” untuk denyut jantung ventrikel kiri atau kanan melambat atau terputus. Biasanya, kondisi ini menyebabkan jantung memompa darah pada sistem sirkulasi secara tidak efisien.

Tidak ada pengobatan spesifik bagi BBB. Meskipun begitu, kondisi BBB yang disebabkan oleh penyakit jantung harus dirawat dengan baik guna mencegah terjadinya komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan pasien.

Seberapa umumkah bundle branch block?

Bundle Branch Block adalah penyakit yang biasanya ditemukan pada lansia, khususnya yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kondisi ini apabila menghindari faktor berisiko. Mohon diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala bundle branch block?

Pada kebanyakan penderita, BBB tidak menunjukkan gejala apapun. Bahkan seseorang tidak tahu jika mereka mengembangkan kondisi ini. Kalaupun ada, biasanya disebabkan oleh kurangnya darah yang dipompa ke dalam jantung.

Beberapa tanda dan gejala khas dari bundle branch block adalah:

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, tolong konsultasikan kepada dokter anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda pingsan dan disertai dengan nyeri dibagian dada, segera temui dokter untuk menemukan penyebabnya. Selain itu, apabila Anda sebelumnya memiliki riwayat sakit jantung atau pernah didiagnosis BBB, lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter.

Status dan kondisi dapat berbeda pada setiap orang, maka selalu diskusikan dengan dokter tentang metode diagnosis, pengobatan, dan perawatan terbaik bagi Anda.

Penyebab

Apa penyebab bundle branch block?

Pada kondisi yang normal, impuls listrik yang terdapat pada otot jantung mengisyaratkan jantung untuk berdetak. Impuls-impuls ini kemudian akan mengalir kepada otot-otot jantung, termasuk kelompok otot yang bernama “bundle of His”, yaitu yang menyambungkan katup kanan dan kiri. Apabila satu atau kedua kelompok cabang otot tersebut rusak, seperti dalam gagal jantung, maka akan menyebabkan implus listrik terputus dan menyebabkan ganguan pada ritme jantung.

Pada dasarnya penyebab bundle brack block tergantung pada cabang blok di sebelah kiri atau tangan kanan yang terpengaruh. Kasus BBB kiri biasanya disebabkan oleh sakit jantung, hipertensi, gagal jantung bawaan lahir, atau penyakit kronis otot jantung.

Sementara BBB kanan disebabkan oleh gagal jantung bawaan lahir, serangan jantung, sisa bekas luka pada jaringan lunak jantung pasca operasi, peradangan otot jantung, atau emboli paru.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk bundle branch block?

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi bundle brach block adalah:

  • Usia. Bundle branch block adalah kondisi umum yang menyerang paruh baya.
  • Memiliki riwayat penyakit jantung. Pasien gangguan jantung seperti tekanan darah tinggi dan sakit jantung biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kondisi ini,

Tidak adanya risiko tidak berarti Anda bebas dari kemungkinan terpapar gangguan. Ciri dan gejala yang dituliskan hanya untuk referensi. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk bundle branch block?

Mereka yang mengidap BBB namun tidak menunjukkan gejala tidak membutuhkan pengobatan. Tetapi, apabila Anda memiliki penyakit yang secara tidak langsung menyebabkan BBB, Anda perlu mengobati penyebabnya. Beberapa pilihan pengobatan untuk bundle branch block adalah:

  • Pemberian obat yang menurunkan tekanan darah, lalu juga
  • Melakukan prosedur angioplasty menggunakan cardiac catheterization (coronary angioplasty) untuk melebarkan pembuluh darah.
  • Apabila Anda pernah pingsan dan memiliki BBB, dokter akan menyarankan Anda melakukan metode pembuat denyut buatan menggunakan alat khusus.
  • Terdapat juga suatu bentuk terapi untuk mensinkronkan kembali denyut jantung (cardiac resynchronization). Terapi ini sama seperti pembuat denyut buatan namun akan menghubungkan kabel ke katup dada sebelah kiri agar kedua bagian jantung tetap tersinkonisasikan aktivitas denyutannya.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk bundle branch block

Beberapa tes yang mungkin akan dilakukan dokter untuk membantu menegakkan diagnosis bundle branch block adalah:

  • Tes EKG untuk memeriksa impuls listrik pada jantung Anda. Dengan meletakan elektrodes pada jantung, dokter akan dapat memantau bentuk impuls listrik yang ada pada jantung sebagai gelombang. Metode ini dapat mendiagnosis BBB juga mengetahui cabang mana yang terganggu.
  • Setelah gangguan ditemukan, dokter akan melakukan tes echocardiogram. Ultrasound menggunaan gelombang suara untuk menggambarkan struktur jantung, ketebalan otot jantung, dan kondisi katup jantung. Prosedur ini juga dapat membantu mendeteksi apakah Anda memiliki penyakit jantung bawaan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi bundle branch block?

Beberapa perubahan gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi bundle branch block adalah:

  • Apabila Anda seorang perokok, berhentilah merokok segera.
  • Kurangi konsumsi kolesterol dan lemak.
  • Pertahankan berat badan Anda selalu pada skala normal.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Tangani penyakit lain seperti hipertensi atau diabetes apabila Anda mengidap penyakit tersebut juga.
  • Minum obat sesuai dengan yang dinstruksikan dokter.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 14, 2018

Yang juga perlu Anda baca