1. Definisi

Apa itu penyakit lyme?

Penyakit lyme disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi dan ditularkan ke manusia melalui gigitan kutu yang terinfeksi.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Gejala biasanya termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, dan ruam pada kulit yang disebut erythema migran. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, infeksi dapat menyebar sampai sendi, hati, dan sistem saraf.

2. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Kemungkinan Anda mendapatkan penyakit lyme akibat gigitan kutu bergantung dari jenis kutu yang menggigit Anda, di mana letak gigitan, dan berapa lama gigitan tersebut berlangsung. Inilah kenapa sangat penting untuk membersihkan kutu dengan segera dan memeriksa tubuh Anda setiap hari jika Anda tinggal di area yang banyak kutu.

Kapan saya harus ke dokter?

Jika Anda merasa sakit dalam beberapa minggu setelah gigitan kutu, segera temui penyedia layanan kesehatan. Gejala umum dari penyakit lyme termasuk ruam, demam, tidak enak badan, kelumpuhan wajah, dan arthritis. Kutu juga dapat menyebarkan penyakit lain, sehingga penting untuk mewaspadai penyakit apapun yang diikuti oleh gigitan kutu.

3. Pencegahan

Mengurangi serangan kutu adalah cara terbaik untuk melawan penyakit lyme, karena vaksin untuk penyakit lyme sudah tidak lagi tersedia. Pembuat vaksin sudah menghentikan produksi sejak 2002, dikarenakan rendahnya permintaan konsumen. Perlindungan yang disediakan oleh vaksin berkurang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, jika Anda mengalami penyakit lyme sebelum tahun 2002, Anda mungkin tidak akan lagi terlindungi untuk melawan penyakit lyme.

Yang juga perlu Anda baca