5 Trik Rambut Bebas Gatal Bagi Anda yang Berjilbab

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh para wanita berjilbab adalah rasa gatal yang muncul di kulit kepala dan rambut. Hal ini tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama jika Anda mengenakan hijab sepanjang hari. Lalu, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut gatal karena berjilbab? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa penyebab rambut gatal pada wanita berjilbab?

Rambut wanita yang berjilbab akan tertutup sepanjang hari dan rambut baru mendapatkan udara segar saat sudah di rumah.

Ternyata, kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah pada rambut wanita berjilbab. Kulit kepala dan rambut yang terus menerus ditutup lebih mudah berminyak dan lembab.

Sebenarnya, normal jika kulit kepala mengeluarkan minyak alami (sebum). Hal ini bertujuan supaya rambut Anda tidak akan kekeringan. Namun, jika produksi sebum terlalu berlebihan justru akan mengakibatkan kulit kepala gatal. Bahkan gatal bisa kian parah jika ketombe muncul di kulit kepala.

Selain itu, rambut dan kulit kepala yang hampir selalu ditutup jilbab saat cuaca panas lebih mudah berkeringat. Keringat mengakibatkan rambut dan kulit kepala lebih mudah lembab, serta merangsang tumbuhnya jamur.

Di samping itu, beberapa wanita berjilbab seringkali mengikat rambut terlalu kencang. Hal ini juga dapat mengakibatkan timbulnya rasa gatal pada bagian rambut yang tertarik.

Cara mengatasi rambut gatal karena berjilbab

Ternyata, rambut yang selalu ditutupi jilbab tetap membutuhkan perhatian khusus, apalagi jika rambut sudah sering terasa gatal. Mengatasi rambut gatal karena berjilbab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya adalah:

1. Segera melepas jilbab setelah sampai rumah

Setibanya Anda di rumah, sebaiknya jangan membiarkan rambut tertutup jilbab terlalu lama. Segera lepas hijab dan ikatan rambut Anda. Kemudian, biarkan rambut “beristirahat” dan mendapatkan udara.

Akan lebih baik apabila Anda memberikan pijatan ringan pada rambut supaya kepala terasa lebih rileks. Hal ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di kepala Anda.

2. Pastikan rambut kering sebelum memakai jilbab

Cara lain menghindari rambut gatal karena berjilbab adalah dengan mengeringkan rambut sebelum mengenakan jilbab Anda. Setelah keramas, pastikan rambut Anda sudah benar-benar kering sebelum Anda mengikat dan menutupnya dengan kain.

Menutup rambut yang basah dengan jilbab dapat menyebabkan rambut terlalu lembab, bahkan berisiko mengakibatkan munculnya jamur. Hal ini dapat menyebabkan rambut terasa semakin gatal.

3. Pilih bahan jilbab yang tepat

Gunakan jilbab dengan bahan yang sesuai dengan suhu dan cuaca. Apabila cuacanya cukup panas dan terik, hindari menggunakan jilbab berbahan tebal.

Kain berbahan tebal menyebabkan rambut Anda tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga lebih cepat lembab dan gatal.

4. Pilih sampo dan kondisioner berbahan ringan

Memilih sampo dan kondisioner dengan bahan yang ringan juga dapat membantu mengurangi rambut gatal karena berjilbab. Produk rambut dengan bahan-bahan yang terlalu keras dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Pilihlah produk pembersih rambut dengan kandungan bahan yang lembut, seperti minyak kelapa. Anda juga dapat memilih sampo antiketombe dan antijamur yang mengandung pyrithione zinc atau selenium sulfide.

5. Hindari keramas setiap hari

Mungkin Anda berpikir keramas setiap hari dapat membantu mengurangi minyak pada rambut berjilbab. Ternyata, keramas terlalu sering pun tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Terlalu sering keramas dapat mengakibatkan minyak alami di kulit kepala berkurang, sehingga kulit kepala akan semakin kering. Kulit kepala yang terlalu kering juga berpotensi memicu munculnya gatal-gatal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Memilih Air Mineral yang Berkualitas untuk Dukung Kesehatan

Agar Anda dan keluarga mendapat manfaat optimalnya, intip lima cara mudah memilih air mineral yang baik dan sehat. Selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
air mineral yang sehat
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Tambal gigi digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada gigi. Berikut ini, merupakan jenis-jenis tambalan pada gigi dan proses pemasangannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bernapas Lewat Hidung Atau Mulut, Apa Bedanya?

Meski biasanya bernapas dengan hidung, kadang kita bernapas lewat mulut saat pilek atau karena ngos-ngosan habis olahraga. Apa efeknya berbeda pada tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Pernapasan 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Banyak orang yang mengonsumsi obat penambah tinggi badan yang dianggap bisa membuat mereka tinggi. Tapi, benarkah klain tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

vaginismus

Bisakah Penetrasi Vagina Tanpa Merobek Selaput Dara?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
mata bengkak menangis

Mata Jadi Bengkak Setelah Menangis, Ternyata Ini Penjelasan Medisnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
kesalahan cara suntik insulin salah

4 Cara Suntik Insulin yang Salah dan Sering Kali Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit