home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Buat Wanita di Usia 40-an, Ini Cara Merawat Keindahan Alami Rambut Anda

Buat Wanita di Usia 40-an, Ini Cara Merawat Keindahan Alami Rambut Anda

Perawatan rambut bagi wanita merupakan hal yang penting karena rambut adalah mahkota untuk wanita. Memiliki rambut sehat dan indah pasti impian semua wanita. Untuk memiliki rambut impian Anda, diperlukan perawatan yang tepat. Merawat rambut tidak hanya dilakukan pada usia muda, namun untuk semua usia.

Jika Anda berusia 40-an, kemungkinan besar Anda sudah lebih nyaman dengan kondisi kulit saat ini, merasa lebih dewasa, dan lebih percaya diri. Tidak sulit untuk menjaga rambut Anda terlihat indah di usia 40-an. Berikut beberapa tips untuk merawat rambut Anda agar tetap sehat dan indah meski sudah memasuki masa penuaan.

1. Asupan nutrisi untuk perawatan rambut wanita

Mungkin Anda semakin menyadari bahwa rambut mulai menjadi lebih halus dan lebih tipis. Ini wajar, tapi ada beberapa cara untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut secara alami. Coba tambahkan asam amino biotin, vitamin B, zat besi, vitamin C, dan asam lemak omega-3 dalam pola makan Anda untuk merangsang pertumbuhan rambut. Anda bisa menambah asupan berbagai nutrisi tersebut dari sayur dan buah-buahan, ikan salmon, ikan tuna, tahu, telur, dan paprika kuning.

2. Kurangi menggunakan hairdryer

Mengeringkan rambut dengan hairdryer memang mudah dan cepat. Namun, jika Anda menggunakannya lebih dari beberapa kali dalam seminggu, akan berdampak pada kerusakan rambut Anda. Rambut Anda akan menjadi kering, rontok, bercabang, dan merusak kutikula rambut.

Agar rambut Anda tetap sehat dan kuat, batasi penggunaan hairdryer atau alat pemanas rambut lainnya seperti catokan. Jika Anda ingin menggunakan alat pemanas rambut, setelah keramas lapisi dulu rambut Anda dengan serum, vitamin, atau lotion khusus rambut untuk melindungi rambut Anda dari panas.

Anda juga bisa menyemprotkan hair mist yang mampu mencegah kerusakan rambut akibat panas. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut dengan bahan kimia tinggi karena rambut akan terasa lebih berat dan sulit dikeringkan.

3. Bebaskan diri Anda dari stres

Pekerjaan, keluarga, dan kesibukan pada umumnya bisa menambah ketegangan pada tubuh Anda. Stres dapat menyebabkan rambut putih (uban) datang lebih cepat, dan bahkan bisa menyebabkan rambut rontok.

Beberapa cara untuk mengatasi stres adalah bermeditasi selama 15 menit sehari atau berolahraga 30 menit setiap hari, misalnya dengan berjalan kaki. Anda juga sebaiknya tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

4. Lindungi rambut Anda dari Matahari

Kulit kepala yang sehat sangat penting untuk rambut sehat setelah usia 40 tahun. Sama seperti Anda melindungi kulit Anda di bawah sinar matahari, Anda juga harus melindungi kulit kepala Anda.

Pasalnya, kerusakan karena sinar matahari dapat mempercepat proses kerusakan rambut. Paparan sinar matahari pada kulit kepala dapat menyebabkan sel stratum korneum rusak, sel epidermis menipis, dan dermis yang rusak

Memakai topi merupakan salah satu solusi yang dapat membantu Anda melindungi kulit kepala saat Anda berada di bawah sinar matahari. Solusi lainnya adalah menggunakan produk yang mengandung yang mengandung SPF untuk melindungi rambut Anda dari sinar UV. Radiasi UVA dapat mengubah warna rambut Anda, dan radiasi UVB dapat menyebabkan kehilangan protein.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tips For Hair Care in Your 40s. [online] Available at: https://www.madison-reed.com/blog/tips-for-hair-care-in-your-40s Accessed 6 September 2017.

10 Ways Women Over 40 Can Get Their Best Hair Ever.  [online] Available at: https://shtrands.com/10-ways-women-40-can-get-best-hair-ever-2/ Accessed 6 September 2017.

http://www.webmd.com/beauty/features/summer-hair-care

https://www.everydayhealth.com/womens-health/woman-dealing-with-hair-loss.aspx

https://www.everydayhealth.com/pictures/supplements-skin-hair/#07

Foto Penulis
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 19/09/2017
x