home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Menakjubkan Es Batu untuk Wajah

7 Manfaat Menakjubkan Es Batu untuk Wajah

Alih-alih menggunakan produk skincare, beberapa orang mengatasi masalah kulit wajah dengan es batu. Konon, es batu punya manfaat untuk wajah seperti membantu menghilangkan kerutan dan mencerahkan kulit. Benarkah demikian?

Penggunaan es batu dalam mengatasi masalah kesehatan

Menggunakan es batu untuk mengatasi penyakit sebenarnya bukan hal yang baru. Dalam dunia medis, menerapkan es ke area tubuh untuk tujuan kesehatan dikenal dengan sebutan terapi dingin.

Es batu sering digunakan sebagai kompres dingin dalam pengobatan luka memar karena cedera untuk meredakan nyeri, mengurangi pembengkakan, serta membantu mempercepat pemulihan.

Terdapat pula prosedur penanganan medis bernama cryotherapy yang biasa dilakukan untuk mengatasi beberapa penyakit kulit seperti kutil, keratosis seboroik, atau keloid. Konon prosedur tersebut juga bisa membuat berat badan turun.

Cryotherapy melibatkan pengangkatan area yang bermasalah dengan dibekukan terlebih dahulu menggunakan nitrogen cair.

Manfaat es batu untuk kulit wajah

menggunakan es batu untuk kecantikan

Tak hanya mengobati penyakit pada kulit, ternyata es batu juga bisa memberikan sejumlah manfaat untuk kecantikan kulit wajah Anda. Di bawah ini berbagai khasiatnya.

1. Bantu mengatasi mata bengkak

Mata yang bengkak bisa menimbulkan rasa tak nyaman. Untungnya, es batu punya manfaat untuk wajah. Es batu dipercaya dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit, yang mana bila dipijatkan dengan lembut akan mengurangi bengkak.

Gunakan es batu yang terbuat dari minuman berkafein seperti teh atau kopi. Kafein dapat menembus lapisan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Tambahan kafein berpotensi meningkatkan kinerja es batu dalam mengatasi pembengkakan pada mata.

2. Menjadikan kulit lebih halus

Sensasi dingin dari es batu dapat membantu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori yang membesar sehingga kulit wajah akan terasa lebih halus.

Cara menggunakannya, sebelum tidur atau setiap malam, pijat lembut wajah dan leher selama kurang lebih 3 menit dengan kantong plastik atau handuk bersih yang berisi es batu. Lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Membuat makeup lebih tahan lama

Es batu bisa menjadi primer makeup yang murah dan sangat bagus untuk digunakan sebelum menggunakan produk foundation dan makeup lainnya.

Efek dingin dari es batu pada wajah dapat membuat pori-pori pada kulit mengecil dan produksi minyak pada wajah jadi berkurang sehingga makeup yang Anda pakai akan lebih tahan lama.

4. Membantu mengatasi jerawat

Es batu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan jerawat di wajah. Memijatkan es batu selama beberapa menit pada jerawat bisa membantu mengurangi pembengkakan yang nantinya sekaligus dapat mengecilkan bintik jerawat.

Es batu juga dapat meringankan rasa sakit akibat jerawat batu. Selain itu, menggunakan es batu dapat menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Pastikan wajah dalam keadaan bersih, lalu bungkus es batu dengan kain waslap tipis. Tempelkan kompres es yang terbungkus pada jerawat, tahan 1 menit. Angkat kompres dan tunggu 5 menit sebelum kembali mengompres lagi selama 1 menit.

5. Berpotensi cegah tanda penuaan dini

Keriput pada wajah Anda tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Untungnya, Anda masih bisa menunda munculnya keriput dengan menjaga agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Memijat wajah dengan es batu akan memperlancar sirkulasi darah menjadi lancar sehingga tanda-tanda penuaan pada kulit wajah bisa lebih lambat.

6. Mengurangi kemerahan pada wajah

Es batu dapat meringankan kondisi kulit rosacea. Kompres dingin dapat membuat pembuluh darah berkontraksi. Bila ini terjadi, tampilan pembuluh darah akan memudar sehingga mengurangi rona merah pada kulit akibat kondisi kulit.

Hati-hati karena cara ini belum tentu bekerja untuk semua orang. Beberapa pasien bahkan mengalami pemburukan pada gejala. Konsultasikan penggunaan es batu untuk mengatasi masalah ini dengan dokter kulit terlebih dahulu.

7. Membuat kulit menjadi lebih berkilau

Kepada WebMD, Ellen Marmur, MD, seorang profesor dermatologi, mengatakan bahwa aliran darah yang baik bisa bantu membersihkan kulit dari dalam. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel yang bekerja di seluruh tubuh, termasuk kulit.

Aliran darah juga membantu membuang produk limbah, termasuk radikal bebas dari sel-sel tubuh. Memijat es batu pada wajah bisa membantu terjadinya proses ini dan memunculkan efek kilau yang instan.

Hal yang harus Anda ketahui saat mengompres wajah dengan es batu

Memang, mengompres es batu aman-aman saja untuk kulit Anda. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat menggunakannya agar es batu tidak menimbulkan masalah pada kulit.

Gunakanlah tempat khusus yang akan menampung es batu untuk perawatan wajah Anda. Jangan lupa bersihkan tempatnya sebelum dan sesudah Anda gunakan.

Pastikan juga untuk mencuci muka sebelum mulai melakukan terapi dingin. Perlu diingat, jangan langsung menempelkan es pada permukaan kulit, terutama bila Anda memiliki tipe kulit sensitif.

Lebih baik bungkus es terlebih dahulu menggunakan kain waslap atau penghalang lainnya yang akan menjadi pembatas di antara es batu dan kulit.

Jangan menempelkan es batu terlalu lama karena efeknya malah akan membuat wajah kemerahan seperti terbakar. Bila Anda masih ragu atau memiliki reaksi alergi tertentu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan solusi terbaik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ice – The Secret Pimple Fighter. (n.d.). Dermadoctor Blog. Retrieved 28 April 2021, from https://www.dermadoctor.com/blog/ice-the-secret-pimple-fighter/

Bags under eyes. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 28 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/diagnosis-treatment/drc-20369931

Skin Sensitivity & Ice Cubes. (2016). National Rosacea Society. Retrieved 28 April 2021, from https://www.rosacea.org/rosacea-review/2016/spring/q-a-skin-sensitivity-ice-cubes

Applying a Cold, Dry Compress. (n.d.). State of Indiana Government. Retrieved 28 April 2021, from https://www.in.gov/isdh/files/l59.pdf

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 06/01/2021
x