Sebetulnya, Apakah Anak Punya Ukuran Kebahagian Tersendiri?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Menurut survei yang diadakan oleh sebuah organisasi Inggris, Varkey Foundation, pada tahun 2017, anak muda di Indonesia termasuk yang paling bahagia dibandingkan anak muda di negara lainnya. Pada survei yang dilakukan terhadap anak-anak kelahiran 1995-2001 tersebut, skor umum kebahagiaan anak muda di Indonesia mencapai angka 90 persen. Sebenarnya, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan anak?

Apa ukuran kebahagiaan anak?

aktivitas fisik anak

Semua orang pasti menginginkan hidup yang bahagia, termasuk anak-anak. Sebagai orangtua, Anda tentunya juga selalu berusaha untuk membuat anak-anak merasa senang dengan memenuhi setiap kebutuhannya.

Namun, terkadang perasaan anak sering luput dari perhatian orangtua. Anak yang terlihat tumbuh sehat juga belum tentu merasa bahagia. Oleh karena itu, banyak para peneliti yang mengukur tingkat kebahagiaan anak dengan mengetahui sejauh mana kesejahteraan anak benar-benar terpenuhi.

Tingkat kesejahteraan dapat menjadi gambaran atas kualitas hidup anak-anak. Sebenarnya, tidak ada satu ukuran pasti yang bisa benar-benar menentukan apakah anak sudah merasa cukup bahagia dan puas dengan hidupnya.

Terdapat dua pendekatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan yang akan berpengaruh pada kebahagiaan anak.

Pendekatan pertama adalah mengetahui kesejahteraan sebagai konsep multidimensi (berbagai kemungkinan) dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kesehatan mental, fisik, dan keadaan sosial anak.

Pendekatan kedua adalah bertanya kepada anak-anak secara langsung tentang bagaimana mereka melihat hidupnya.

cara kerja prebiotik

Banyak anggapan bahwa anak-anak yang tinggal di negara-negara maju pasti memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi. Hal ini mungkin tidak sepenuhnya salah mengingat keadaan ekonomi keluarga juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan anak.

Sebagai contohnya, anak-anak yang lahir di keluarga dengan keadaan ekonomi yang lebih baik biasanya memiliki asuransi kesehatan yang sudah terjamin sehingga mereka cenderung lebih sehat dibanding anak-anak lainnya.

Selain itu, tak jarang orangtua juga menganggap bahwa memenuhi kebutuhan tersier seperti mainan atau gawai yang terbaru dapat berpengaruh besar terhadap kebahagiaan anak.

Namun nyatanya, pemenuhan secara material bukanlah kunci utama dari masalah ini. Masih banyak aspek dalam kehidupan yang dapat menentukan apakah anak merasa bahagia.

Tingkat kebahagiaan anak-anak di negara maju tidak lebih tinggi

trauma ptsd pada anak

Hal ini terlihat pada pengamatan yang dilakukan oleh sekelompok sarjana di Universitas California, Berkeley, pada keluarga di Amerika selama 35 tahun terakhir. Meski rata-rata pendapatan nasional meningkat, hal ini tidak serta merta membuat orang-orang lebih bahagia.

Pasalnya, kenaikan rata-rata pendapatan ini juga diikuti oleh tingginya tekanan yang didapatkan orangtua dari tempat bekerja serta masalah keuangan. Keadaan keuangan yang meningkat mau tak mau mendorong mereka untuk mengikuti gaya hidup yang lebih tinggi, termasuk ketika membelikan barang untuk anak-anaknya.

Banyak juga orangtua yang memberikan barang mahal sebagai kompensasi waktu yang tidak dapat dihabiskan bersama anak-anak akibat beban pekerjaan yang tidak fleksibel serta tuntutan lainnya.

Padahal, mewujudkan kebahagiaan anak tidak cukup hanya dengan bergantung pada satu aspek kesejahteraan seperti materi saja. Orangtua juga sebaiknya melakukan upaya lain seperti menjaga hubungan keluarga agar tetap dekat serta memberi ruang dan waktu bagi anak untuk berkembang.

terapi bermain

Serupa dengan hasil survei yang dilakukan oleh Varkey Foundation, koresponden yang berasal dari negara-negara lebih maju seperti Jepang dan Korea Selatan memiliki skor kebahagiaan yang terendah.

Masing-masing dari mereka mendapatkan skor hanya sebanyak 28% dan 29%, jumlah ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Setelah Indonesia, beberapa negara lain yang memiliki skor kebahagiaan tertinggi adalah Nigeria dengan skor 78%, Israel 73%, dan India 72 persen. Dengan hasil ini, bisa disimpulkan bahwa tinggal di negara-negara yang maju tidak menjamin kebahagiaan anak menjadi lebih tinggi.

Ditemukan juga bahwa faktor utama yang menentukan kebahagiaan seorang anak dari 20 negara yang menjadi koresponden adalah memiliki kesehatan mental dan fisik yang baik.

Pada koresponden Indonesia sendiri, keadaan kesehatan fisik dan mental, hubungan yang baik dengan orangtua, serta keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan merupakan faktor-faktor terbesar yang membuat seseorang merasa bahagia. Selain itu, faktor kepercayaan terhadap agama juga mencetak skor yang tinggi sebesar 93 persen.

Kesejahteraan emosional anak lebih penting

mendidik anak remaja putri

Anda telah mengetahui bahwa keadaan ekonomi yang baik bukanlah satu-satunya yang dapat menentukan kesejahteraan dan kebahagiaan anak. Sebagai orangtua, sudah seharusnya Anda turut berkontribusi pada kesejahteraan sosial dan emosional anak.

Anak-anak, terutama mereka yang masih berada di usia pertumbuhan, tentunya sangat membutuhkan perhatian dari orang ua. Tidak hanya pemenuhan kebutuhan primer, tetapi juga ikatan yang kuat dengan orangtua. Oleh karena itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk memberi kasih sayang yang dibutuhkan.

Anda mungkin mengetahui bahwa salah satu hal yang dapat membuat anak tidak merasa bahagia adalah tekanan yang dihadapinya di sekolah. Daripada menyalahkan anak ketika mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik, bimbing dan ajari anak dengan perlahan.

Sebaiknya, jangan terlalu berfokus menjadikan anak sebagai proyeksi masa depan Anda. Berikanlah anak ruang dan waktu untuk berkembang sesuai dengan keinginannya. Ikut sertakan anak pada berbagai kegiatan yang ia senangi.

Bahkan jika anak memiliki kegemaran yang mungkin banyak dipandang sebagai sesuatu yang buang-buang waktu seperti mengoleksi gim atau figur mainan. Membenamkan diri pada sebuah kegiatan yang benar-benar dicintainya dapat membuat anak merasa lebih bahagia di sepanjang hidupnya.

Terkadang yang dibutuhkan oleh anak hanyalah ruang dan seseorang untuk berbagi keluh kesah, mimpi, dan keinginannya tanpa takut dihakimi. Mereka membutuhkan seseorang yang membuat mereka merasa aman dan tenteram.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Chia Seed untuk Anak Plus Cara Mengolahnya

Banyak sekali manfaat chia seed untuk kebutuhan nutrisi anak Anda, mulai dari memenuhi kebutuhan nutrisi hingga vitamin. Bagaimana cara mengolahnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Nutrisi Anak 17/12/2019 . Waktu baca 5 menit

5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat di Sekolah

Orangtua mana yang tidak ingin anak mereka tetap sehat saat berada di sekolah? Supaya impian itu terwujud, coba simak beberapa tips ini ya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Anak, Parenting 30/08/2019 . Waktu baca 5 menit

4 Tips Membiasakan Anak Agar Doyan Minuman Sehat

Selain mengajarkan anak makan makanan sehat, bantu juga agar ia mau minum minuman sehat untuk anak. Tentunya dengan cara yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Nutrisi Anak 03/10/2018 . Waktu baca 4 menit

5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Kecil

Membiasakan cukup tidur 10 jam setiap malam saja tidak cukup, lho! Agar bisa lebih terhindari dari penyakit, ajarkan 5 kebiasaan ini sebelum anak tidur.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Anak, Parenting, Tips Parenting 05/09/2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
kesehatan dan kebahagiaan anak

Begini Pengaruh Kesehatan terhadap Kebahagiaan Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 10/08/2020 . Waktu baca 5 menit
sumber stres dalam pernikahan

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit
pengaruh kebahagiaan

Pengaruh Kebahagiaan dengan Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020 . Waktu baca 4 menit
resep camilan anak

3 Kreasi Olahan Camilan Anak untuk Liburan yang Lebih Sehat dan Bertenaga

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25/12/2019 . Waktu baca 6 menit