Anak Haid Pertama? Begini Cara Menjelaskannya Pada Sang Buah Hati

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10 April 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sebagian besar anak perempuan merasa takut dan bingung saat mengalami haid pertama. Saat anak haid pertama kali mungkin ia akan merasa kebingungan bahkan cemas. Nah sebelum itu terjadi pada sang buah hati, sebaiknya jelaskan dulu padanya tentang hal-hal dasar menstruasi. Bingung bagaimana menyampaikannya? Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

Sebelum anak haid pertama kali, sampaikan dulu tentang apa itu menstruasi

Pertanyaan anak seputar menstruasi adalah kesempatan bagi orangtua untuk memberikan pengetahuan baru anak. Hal ini juga tidak hanya memberikan anak informasi yang mereka inginkan ketika memintanya, tapi juga membiarkan mereka tahu bahwa orangtua mereka bersedia dan nyaman untuk berdiskusi. Memang ada baiknya Anda melakukan diskusi ini sebelum anak haid pertama kali, sehingga saat ia mengalami masa itu, ia tak akan kaget.

Berikut cara menjelaskan tentang menstruasi pada anak.

1. Bicarakan sedini mungkin pada anak

Sebenarnya menjelaskan menstruasi pada anak tidak perlu menunggu pertanyaan anak untuk bicara tentang pubertas dan menstruasi. Serta tidak perlu menunggu masa  pubertas itu tiba sekitar usia 12-13 tahun.

Anak usia enam tahun biasanya sudah cukup umur untuk memahami fungsi tubuh alami seperti menstruasi. Idealnya, pada saat anak dekat dengan pubertas, baik perempuan dan laki-laki harus memiliki pengetahuan tentang perubahan yang akan terjadi di dalam tubuh mereka.

Anak-anak sering kali menyimpulkan dan menganggap jika pubertas ataupun menstruasi adalah hal yang menakutkan. Kebanyakan, anggapan ini terbentuk akibat mendengar informasi yang salah.

Maka itu lebih baik anak mendapatkan informasi dari Anda daripada meminta anak mendapatkan informasi yang salah dari orang lain. Anak juga benar-benar ingin belajar tentang banyak hal dari orangtua mereka.

Dengan memberikan informasi yang baik pada anak, orangtua akan tahu bahwa mereka memiliki informasi yang baik dan dapat memilah informasi yang salah.

Alasan lain anak-anak perlu mengetahui tentang menstruasi pada usia dini adalah gadis-gadis yang aktif secara seksual dapat hamil bahkan sebelum mereka mulai menstruasi. Kadang-kadang ovulasi dapat terjadi tepat sebelum seorang gadis akan mengalami menstruasi pertamanya. Ini berarti dia bisa subur dan hamil meskipun belum menstruasi.

2. Ceritakan dengan hal yang positif

Penting juga bagi orangtua untuk menceritakan proses menstruasi dengan cara yang positif. Jika Anda kesulitan untuk menjawab, hindari berbohong hanya untuk memberikan jawaban untuknya. Jangan pula, Anda menyebutkan bahwa menstruasi adalah penyakit atau kutukan, karena anak akan berpikir jika menstruasi adalah hal yang negatif.

Sebaliknya, para ibu dapat menjelaskan bahwa menstruasi adalah proses alami dan luar biasa dari seorang wanita. Bangunlah hal positif pada anak saat menjelaskan menstruasi. Beritahu juga pada anak, bahwa semua anak memiliki perubahan tubuh yang berbeda-beda, bisa lebih cepat atau lebih lambat, dari tubuh teman-temannya.

3. Kenalkan perlengkapan kebersihan wanita

Anak perempuan juga harus kenal dan tahu cara penggunaan perlengkapan kebersihan wanita, seperti pembalut atau tampon. Beri tahu juga padanya bagaimana membersihkan bagian kewanitaannya dengan benar dan baik.

Jelaskan juga pada anak bahwa terkadang menstruasi dapat menyebabkan keram perut, dan keluhan yang umumnya dirasakan saat menstruasi.

persiapan menstruasi pertama kali

Pertanyaan anak seputar menstruasi

Ketika anak haid pertama kali, mungkin ia akan memberikan banyak pertanyaan pada Anda. Berikut adalah pertanyaan yang kerap kali dilontarkan si kecil tentang menstruasi pertama.

1. Kenapa hanya perempuan yang mengalami menstruasi?

Jelaskan pada anak bahwa anak laki-laki berubah dengan cara yang berbeda selama masa puber, seperti perubahan suara menjadi lebih berat dan tumbuhnya rambut wajah.

Mendapatkan menstruasi berarti seorang gadis dapat memiliki bayi. Menstruasi terjadi karena perubahan rahim, bagian tubuh yang dimiliki anak perempuan tetapi anak tidak dimiliki anak laki-laki.

2. Apakah menstruasi akan dialami selamanya?

Tidak, wanita akan berhenti mengalami menstruasi biasanya antara usia 45 sampai 51 tahun, yang berarti dia tidak akan lagi bisa hamil.

3. Apa itu PMS?

Premenstrual syndrome (PMS) adalah perubahan fisik dan emosi yang terjadi sebelum perempuan mengalami masa haid yang disebabkan oleh perubahan hormon. Biasanya sebelum menstruasi akan terjadi perubahan mood, lebih sensitif, dan nyeri pada payudara. Namun,ini tidak dialami setiap kali dan semua perempuan.

4. Berapa banyak darah yang biasanya keluar saat haid?

Akan terasa banyak, tapi sebenarnya hanya 2-4 sendok makan (30-59 ml) yang berlangsung selama 3-7 hari yang bervariasi pada setiap perempuan

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Pertimbangan Sebelum Memakai Menstrual Cup

Menstrual cup adalah cup eleastis yang dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung darah haid. Perhatikan hal ini sebelum memakainya.

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kesehatan Wanita, Menstruasi 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Haid Hanya Berlangsung 2 Hari, Normal Apa Tidak?

Pernahkah Anda haid hanya 2 hari? Anda mungkin jadi cemas. Nah, daripada bingung dan takut, simak penjelasannya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Menstruasi 8 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Haid Tidak Teratur? Berikut Daftar Pelancar Haid Alami yang Patut Dicoba

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan jadwal haid berlangsung tidak teratur. Meminum obat pelancar haid alami dapat menjadi cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Wanita, Menstruasi 5 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tak Kunjung Menstruasi Setelah Melahirkan, Apakah Normal?

Waktu ibu mendapatkan menstruasi pertama setelah melahirkan mungkin akan berbeda-beda. Kapan normalnya menstruasi setelah melahirkan terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 5 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

warna darah haid

Apakah Warna Darah Haid Anda Normal? Cek di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
ciri hamil bercak darah seperti haid

Muncul Flek Darah Saat Tidak Menstruasi: Haruskah Khawatir?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
berhubungan saat haid

Sebelum Melakukannya, Perhatikan 3 Risiko Berhubungan Seks Saat Haid

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
lama menstruasi

Dalam Sebulan, Berapa Hari Normalnya Menstruasi Berlangsung?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit