Periode Perkembangan

Perkembangan Bayi di Usia 11 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Bayi Usia 11 Minggu

Bagaimana perkembangan bayi di minggu 11?

Pergerakan bayi akan mulai menjadi lebih mulus. Anda akan melihat pergerakan lengan dan kaki bayi Anda jadi lebih lancar dan kompleks karena ia belajar dengan mengamati orang lain. Pergerakan ini bisa membantunya memperkuat dan mengembangkan otot. Saat berbaring, mereka akan mulai lebih mendorong kaki keluar. Ini adalah langkah pertama bayi untuk siap belajar merangkak.

Pada minggu ketiga bulan ketiga, bayi Anda mungkin sudah bisa:

  • Menjaga kepala mereka tetap tegak saat sedang didudukkan
  • Saat berbaring, mereka bisa membusungkan dada dengan tangan
  • Berbalik (dalam satu arah)
  • Mengambil mainan
  • Fokus pada benda-benda kecil seperti kismis (tapi tetap awasi karena benda-benda kecil bisa membuat bayi tersedak);
  • Menggapai benda
  • Berkata dengan konsonan yang hampir serupa

Berikan bayi cukup ruang sehingga mereka bisa meluruskan tubuh dan menggerakkan tangan dan kaki. Anda juga bisa menaruh selimut di atas lantai dan membiarkannya bergerak sesukanya, ini akan membantunya memperkuat dan mengembangkan otot.

Kesehatan Bayi Usia 11 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 11?

Tergantung situasi spesifik pada anak, tes fisik secara keseluruhan, serta jumlah dan jenis teknik diagnosis dan prosedur implementasi akan sangat berbeda.

Masalah perubahan

Jika anak Anda memiliki masalah perubahan pada perilaku, kebiasaan makan atau tidak mau makan, demam tinggi, buang air besar tidak normal, terlalu sering atau jarang buang air kecil, ruam sulit hilang, mata atau telinga mengeluarkan cairan, terus menangis, ini mungkin merupakan pertanda bahwa anak Anda sakit. Bawa dia ke dokter segera jika anak kesulitan bernapas atau kejang-kejang.

Suhu badan

Bila bayi demam, ingat bahwa demam adalah reaksi tubuh untuk melawan invasi penyakit dan merupakan tanda positif, bukan hanya penyakit. Ketika Anda menghubungi dokter, tetap tenang dan berikan gambaran mendetail mengenai gejala. Anda juga harus memberi tahu dokter kapan bayi mulai demam, berapa lama berlangsung, apakah disertai dengan kelainan apapun, misalnya tumbuhnya gigi. Anda juga perlu membiarkan dokter mengetahui apakah bayi pernah kontak dengan orang yang sakit dan tentang suhu tubuh bayi sebelum menghubungi dokter. Beri tahu juga jika anak Anda telah diberi obat.

Merawat bayi usia 11 minggu

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Seborrheic dermatitis pada kulit kepala

Ini adalah jenis dermatitis pada kulit kepala yang umum terjadi pada anak kecil. Dermatitis seboroik ringan bisa diobati dengan pijatan dengan minyak mineral atau minyak untuk menenangkan kulit kepala, diikuti dengan mencuci rambut untuk menghilangkan ketombe dan minyak. Kasus yang lebih parah, misalnya kulit kepala mengelupas, mungkin harus menggunakan sampo sulfur antiseborrheic yang mengantung salicylate setiap hari. Namun, Anda harus tahu bahwa beberapa kasus mungkin memburuk dengan metode ini. Bila kondisi bayi menjadi lebih serius, hentikan pengobatan manapun dan bicarakan dengan dokter untuk menemukan cara lain.

Dermatitis seboroik pada kulit kepala menjadi lebih parah jika kulit kepala bayi berkeringat, jadi Anda harus menjaga kulit kepala bayi tetap bersih dan kering dan tidak boleh memakaikan topi jika tidak perlu.

Saat seborrheic dermatitis menjadi parah, bintik akan menyebar ke wajah, leher atau pantat bayi. Bila ini terjadi, dokter mungkin juga meresepkan salep topikal. Anak kadang-kadang akan menderita dermatitis seboroik selama tahun pertama, dalam sejumlah kasus, penyakit bayi akan berlangsung lebih lama. Jika penyakit tidak menyebabkan bahaya bagi bayi, Anda tidak perlu menggunakan pengobatan sekuat obat kulit topikal spesifik. Namun, Anda harus berbicara dengan dokter jika ada pertanyaan tambahan.

Kaki melengkung

Kebanyakan kaki bayi melengkung. Ini terjadi karena dua alasan. Pertama, kaki kanan anak melengkung saat terlahir. Kedua, kram pada rahim ibu sering membuat kaki bayi terhimpit. Selama dalam kandungan, setelah beberapa bulan dalam posisi terhimpit, kaki bayi akan membengkok atau berputar ke dalam. Beberapa bulan kemudian, ketika kaki bayi telah bebas, dia belajar untuk menaikkan kaki, merangkak, dan lalu kembali, dan kakinya akan mulai melurus. Sebagian besar kaki bayi akan kembali seperti semula tanpa perawatan. Jangan dibalut dengan kain gurita. Anda hanya perlu memastikan bahwa tidak ada penyebab lain bengkoknya kaki bayi Anda. Bicarakan dengan dokter untuk melakukan tes. Anda juga harus berkonsultasi untuk memeriksa perkembangan kaki bayi.

Pengecilan testis

Organ kelamin pada bayi biasanya mulai berkembang selama masa kehamilan. Jika ovarium selesai berkembang saat lahir, testis akan selesai berkembang dan mulai turun selama bulan ini. Akan tetapi, kenyataannya adalah sekitar 3-4% bayi yang lahir normal dan 30% bayi lahir prematur mengalami pengecilan testis. Perubahan testis yang relatif kompleks tidak langsung menentukan apakah testis bayi telah mengecil.

Biasanya, testis menyembul dari tubuh saat bayi menderita suhu tubuh yang naik drastis. Ini adalah mekanisme yang membantu melindungi sperma saat suhu tubuh terlalu rendah. Beberapa anak laki-laki memiliki testis yang agak sensitif dan sering berlokasi di bagian dalam pada tubuh. Kebanyakan testis kiri biasanya lebih rendah daripada testis kanan dan membuat bagian kanan terkesan menghilang. Karena itulah, Anda hanya bisa mendiagnosis testis bayi mengecil ketika salah satu atau kedua testis tidak terlihat di skrotum meskipun sedang anak mandi air hangat.

Pengecilan testis tidak menyebabkan rasa sakit atau tersumbatnya saluran kemih. Biasanya, mereka akan meregang. Pada bayi berumur 1 tahun, hanya 3-4 dari 1000 bayi yang testisnya mengecil. Operasi bisa memperbaiki posisi testis ke semula. Terapi hormon juga bisa menyembuhkan kasus ini, tapi kemungkinan sukses tidak terlalu tinggi.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 11 minggu?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Berbicara

Bayi masih belum bisa berbicara atau menjawab Anda pada saat ini. Namun, dia akan belajar berbicara lebih cepat dan lebih baik jika Anda mencoba berbicara dengannya dari awal. Bila dia belum pernah berbicara dengan orang lain, ini mungkin tidak mempengaruhi keahlian bahasa tapi mungkin menyebabkan anak menderita masalah pertumbuhan, namun kasus ini sangat langka. Anda bisa mengajarkannya berbicara kapanpun dan di manapun, seperti saat memeluknya, menenangkan bayi saat dia menangis, dengan berkata: “Saatnya jalan-jalan.” “Oh, ada telepon.” Ketika mendengarkan Anda berbicara dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri, kemampuan bahasa bayi akan berkembang pesat.

Menyusui dengan salah satu puting susu

Jika Anda biasanya menyusui dengan salah satu puting susu, untuk membiarkan tangan kanan Anda digunakan untuk makan, memegang buku, mengangkat telepon atau melakukan pekerjaan lain, payudara Anda yang sebelah lagi akan terbatas dalam ukuran dan produksi susu. Salah satu sisi akan memproduksi banyak ASI karena Anda sering memberi makan dengan puting susu bagian tersebut dari awal, dan ini akan membantu merangsang laktasi. Dalam banyak kasus, setelah laktasi, payudara ibu akan dalam kondisi di mana salah satu sisi mengecil dan sisi lainnya lebih besar (walaupun hanya Anda yang bisa melihatnya). Namun, tidak perlu cemas, perbedaan ukuran akan membaik setelah menyapih bayi Anda.

Seperti apa pertumbuhan bayi di minggu ke-12?

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca