Perkembangan Bayi 34 Bulan yang Perlu Anda Cermati

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 34 bulan?

Selamat! Usia anak Anda sudah bertambah dan dia bukan lagi bayi yang tenang saat ditidurkan memakai selimut. Tahap perkembangan bayi 34 bulan berjalan dengan baik bila si kecil sudah mampu melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Berlari
  • Melompat
  • Mengejar, menangkap, melempar, dan menendang bola
  • Menyeimbangkan tubuh selama 1-2 detik dengan mengangkat satu kaki
  • Menyebut dan menunjukkan 6 bagian tubuh
  • Ucapan sudah mulai jelas dan mudah dimengerti
  • Beberapa anak ada yang sudah sangat jelas pengucapannya
  • Membuat menara dari 6-8 buah balok 
  • Memakai baju sendiri
  • Menyikat gigi sendiri meski masih harus diarahkan oleh orang lain

Kemampuan motorik kasar

Dalam perkembangan bayi 2 tahun 10 bulan dari aspek motorik kasar, anak Anda akan semakin aktif dan tidak bisa diam. Melansir dari Theplab, di usia ini energi si kecil sangat besar dan keinginannya untuk terus bergerak sangat tinggi. Saat ini si kecil lebih handal dalam menyeimbangan tubuhnya dengan mengangkat kaki 1-2 detik, dan dapat melompat lebih jauh lagi. 

Ia sangat senang berlari, melompat, bahkan memanjat untuk menjelajahi setiap sudut tempat yang ada di sana. Tidak perlu melarang karena itu bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bayi 34 bulan. Anda cukup mengawasi si kecil dan tetap beri arahan untuk berhati-hati ketika bermain. 

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Perkembangan bayi 34 bulan dalam hal kemampuan bahasa dilihat dari grafik Denver II, anak sudah mampu mengombinasikan 2 kata (misalnya, kakak adik atau mainan jatuh), menyebutkan 6 bagian tubuh dengan fasih (misalnya, mata, telinga, hidung, tangan, kaki, perut), pelafalan sudah lebih jelas dan bahkan anak yang bicaranya sudah sangat jelas di fase ini. Di usia 2 tahun 10 bulan, ada beberapa anak yang sudah bisa menyebutkan warna yang sangat kontras, seperti merah atau kuning.

Kemampuan motorik halus

Anak Anda sudah semakin sering menyoret dinding atau lantai dengan memakai krayon? Meski terasa mengganggu, tapi sebenarnya ini adalah salah satu perkembangan bayi 2 tahun 10 bulan dari segi kemampuan motorik halus. Coretan si kecil kini semakin tegas dan membentuk garis lurus . Perhatikan juga cara anak memegang krayon, ia sudah mampu mengapit krayon di antara jempol dan jari lain. 

Melihat dari Kamloopschildrenstherapy, perkembangan bayi 2 tahun 10 bulan sedang penasaran dengan kertas dan gunting. Ia berusaha untuk menggunting kertas mengikuti garis yang sudah dibuat oleh Anda. Meski belum lancar, anak Anda sudah tertarik dengan mainan ini di usia 2 tahun 10 bulan.

Kemampuan sosial dan emosional

Tidak perlu heran dan kesal bila si kecil mulai menunjukkan sikap bossy dan ingin terus dilayani. Pasalnya, ini termasuk dalam perkembangan bayi 34 bulan dari segi kemampuan sosial dan emosional. Menurut Babycenter, fase anak ingin dilayani bersamaan dengan semakin baiknya kemampuan bahasa.

Si kecil sudah mengerti apa yang diinginkan dan sudah bisa mengatakan pada Anda. Di masa perkembangan bayi 2 tahun 10 bulan, anak merasa seperti pusat tata surya dan ia percaya semua orang memerhatikan dirinya.

Selain menunjukkan sikap ingin terus diperhatikan, anak Anda mulai ingin melucu dengan melakukan hal mengejutkan setiap harinya. Tidak hanya membuat lelucon, ia juga sudah bisa menerima candaan dari orang lain. Tipe humor yang anak senangi lebih ke arah suara aneh dan wajah lucu yang mengagetkan.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 34 bulan?

Ajari menggunakan kata yang sopan untuk mengatasi sikap bossy anak

Anda mulai risih dengan sikap bossy si kecil? Untuk menguranginya, Anda bisa mengajarkan anak untuk menggunakan kata “tolong” dan “terima kasih” saat menginginkan sesuatu. Ajari juga anak Anda untuk mengucapkan “maaf” ketika melakukan kesalahan.

Jika Anda merasa kesulitan menghadapi tingkahnya, cobalah bicara dalam suara yang lucu atau bahkan suara binatang. Menggunakan suara lucu saat Anda membaca atau menceritakan dongeng juga bisa membuat waktu membaca lebih menyenangkan.

Mengatasi anak yang suka membenturkan kepala

Anak Anda sering membenturkan kepala? Melansir dari Babycenter, sekitar 20 persen anak membenturkan kepala di waktu yang tidak terduga. Alasannya beragam, ada yang merasa membenturkan kepala membuat tubuhnya rileks, mengurangi rasa sakit, stres, sampai mencari perhatian. Ada beberapa cara mengatasi anak yang suka membenturkan kepala, di antaranya:

  • Memberi perhatian ketika anak tidak sedang membenturkan kepala

Saat Anda ingin membuat si kecil berhenti membenturkan kepala, pastikan Anda memberikan perhatian penuh terhadapnya. Bagaimana bila ia masih membenturkan kepala? Ambil anak Anda dan jauhkan dari dinding, lalu bicara dengan pelan bahwa apa yang dilakukannya bisa melukai kepala. Memarahinya justru membuat si kecil merasa ingin melakukannya lagi dan ini bisa mengganggu perkembangan bayi 2 tahun 10 bulan.

  • Melapisi dinding dengan matras empuk untuk melindungi kepala

Anda bisa melapisi dinding dengan matras empuk agar si kecil tidak terluka, tapi bukan berarti ia diperbolehkan untuk membenturkan kepala. Ini adalah langkah agar anak tidak mengalami luka di kepala.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter tentang perkembangan bayi 34 bulan?

Saat anak terlalu sering membenturkan kepala

Bila si  kecil masih sering membenturkan kepala ke tembok atau lantai. konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Melansir dari babycenter, dalam perkembangan bayi 2 tahun 10 bulan anak sering membenturkan kepala, ini adalah tanda kebiasaan tidak baik yang diasosiasikan dengan autisme.

Saat anak memiliki rasa ketakutan berlebih

Bila Anda melihat sikap dan rasa ketakutan anak terlihat berlebihan, konsultasikan dengan dokter anak.  Contoh kasusnya, ketika kecemasan anak Anda mengganggu kegiatan keluarga, menghalangi Anda membawa anak ke tempat penitipan atau sekolah, mengganggu tidurnya atau jika berakhir dengan perilaku kompulsif. Jika dibutuhkan, dokter akan merujuk ke konselor keluarga atau psikiater anak.

Apa yang harus saya ketahui di perkembangan bayi 34 bulan?

Jika Anda tidak melatih anak Anda menggunakan toilet atau pernah gagal sebelumnya, ini saat yang baik untuk mengenalkannya kembali. Anak Anda menjadi lebih mandiri dan akan ingin ke toilet sendiri. Kadang-kadang hal ini menakutkan dan ia tidak akan tahu kapan harus pergi. Anda harus tahu cara melatihnya.

Penjelasan pertama yaitu tentang kegunaan toilet, sementara ia duduk di toilet dengan tempat duduk yang tertutup. Hal ini akan mengurangi rasa takut.

Anda bisa meminta Anak ke toilet setiap 2-3 jam. Ini akan mengingatkannya dan mencegah ia buang air sembarangan. Anda harus membuatnya sebagai rutinitas. Misalnya, setiap pagi, sebelum tidur siang, dan tidur malam Anda mengingatkannya untuk ke kamar mandi. Setelah menggunakan toilet, ingatkan ia untuk menyiram toilet lalu mencuci tangannya.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan dalam perkembangan bayi 34 bulan?

Anak autis umumnya tidak memiliki relasi baik dengan orang lain. Mereka biasanya tidak tertarik dengan kontak fisik dengan orangtua mereka dan hanya melihat sekilas pada orang lain tanpa mau bersama mereka. Jika Anda melihat anak Anda kehilangan kemampuan fisik, bahasa, atau kemampuan lain yang ia bisa; jika ia menjadi lebih menyendiri; atau jika ia terus terlambat mencapai perkembangan yang umum, periksakan dengan dokter.

Bagaimana perkembangan bayi 35 bulan?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca