Periode Perkembangan

Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 31 bulan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 31?

Dari semua kata-kata yang anak Anda pelajari tahun ini, mungkin ia memiliki satu kata favorit: “TIDAK.” Apa yang menarik? Anak prasekolah sering berkata “tidak” karena mereka menemukan kebebasan berpendapat. (kadang-kadang mereka berkata “tidak” saat maksud mereka “ya.”) Terkadang anak menggunakan “tidak” hanya karena ia marah atau bingung dan bertahan dengan pendapatnya. Anak Anda mungkin juga belajar jika ia berkata lantang dan cukup memaksa, ibu dan ayah akan memperhatikan atau menyetujui keinginannya.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 31?

Berikan pilihan pada anak dan latihlah ia beberapa kata alternatif: “Apa lawan kata ‘tidak’? ’Ya!’” “Tahukah apa yang ada di antara ‘Ya’ dan ‘Tidak’? ‘Mungkin!’’” dan juga, dorong ia untuk menjawab dengan suara yang biasa, tanpa berteriak. Ini adalah langkah awal mengajari anak Anda lebih dewasa.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di bulan 31?

Adanya peningkatan jumlah penderita autisme dan keterlambatan perkembangan lain memang mudah membuat orangtua untuk cemas mengenai perilaku anak dalam berkata-kata. Mintalah dokter untuk menilai jika Anda merasa:

  • Anak kurang komunikasi. Anak Anda mengulang kata-kata, namun tidak ikut dalam percakapan atau tidak merespon jika namanya dipanggil.
  • Tidak mampu membaca ekspresi wajah atau bentuk komunikasi nonverbal lainnya.
  • Tidak dapat melakukan kontak mata.
  • Berusaha menghindari kontak sosial.
  • Hanya tertarik pada sedikit hal.
  • Menggunakan mainan dengan tidak tepat (misalnya menyusun/menumpuk mainan makanan, bukannya berpura-pura main masak-masakan)
  • Kurang atau terlalu sensitif pada stimulasi sensorik, seperti suara atau sentuhan.
  • Kemampuan sosial atau bahasanya berkurang.

Apa yang harus saya ketahui di bulan 31?

Dokter dapat melakukan pengukuran:

  • Berat badan untuk memastikan anak Anda sehat.
  • Denyut jantung dan pernapasan.
  • Telinga dan mata.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan di bulan 31?

Jika Anda khawatir tentang kurangnya makanan anak Anda karena ia tidak mau makan sayur hijau atau ia hanya mau makan makanan favorit saja sehari-hari, Anda mungkin perlu memberinya suplemen untuk menenangkan pikiran.

Di usia 2 tahun, anak Anda mungkin sudah tumbuh sebagai seorang anak yang bahagia. Ia memiliki ingatan yang baik jadi Anda bersiap-siap untuk masuk taman kanak-kanak. Namun tahukah Anda anak kecil juga dapat stres?

Pemicu stres yang umum biasanya adalah terlalu banyak kegiatan yang direncanakan

Ini dapat membuatnya menjadi bandel. Walaupun perkembangan anak Anda penting, Anda harus memberinya waktu untuk ia melakukan sesuatu sesuai keinginannya. Kegiatan ini akan menstimulasi rasa ingin tahu dan kreativitas anak, meningkatkan perkembangan mental.

Bagaimana anak Anda di usia 32 bulan? Mari lihat perkembangannya dengan Hello Sehat.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca