7 Makanan Super yang Ampuh Tingkatkan Gizi Anak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Memenuhi kebutuhan gizi anak tidak bisa hanya diukur dari seberapa sering ia makan dalam satu hari dan sebanyak porsi nasi dan lauk-pauknya untuk satu kali makan. Anda harus memerhatikan betul makanan apa yang Anda sajikan untuk si kecil. Jangan cuma menyajikan daging dan ayam melulu. Sejumlah makanan di bawah ini tergolong sebagai superfood yang bergizi tinggi untuk Anda olah ke dalam menu makan harian anak.

Makanan paling sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi anak

1. Alpukat

Alpukat adalah buah tinggi protein yang juga akan lemak baik untuk menurunkan kolesterol jahat, si pemicu penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Buah hijau kekuningan yang punya rasa legit manis ini juga diperkaya oleh serat mudah larut, yang dapat mencegah sembelit pada anakRajin makan alpukat juga dapat menangkal kanker karena buah  ini diperkaya dengan vitamin E.

Untuk menyajikan alpukay pada si kecil, coba tumbuk hingga halus dan lumatkan bersama sedikit jus jeruk nipis dan yogurt untuk rasa yang lebih menyegarkan. Jika usia anak Anda masih di bawah satu tahun, jangan dulu tambahkan gula atau madu untuk memaniskannya.

2. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah dari keluarga berry yang diperkaya dengan nutrisi dan antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas biang segudang penyakit kronis, dari penyakit jantung hingga kanker. Blueberry dapat Anda jadikan cemilan sore untuk anak yang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan memperkuat memori.

Selain dimakan bulat-bulat dalam versi segarnya, Anda bisa mengolah blueblerry menjadi pudding dingin atau sebagai isian muffin, brownies, atau kukis lunak.

3. Oatmeal

Gandum utuh adalah salah satu makanan yang dapat mencegah tingginya gula darah, serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Hidangkan oatmeal sebagai sarapan. Namun pilih produk yang menawarkan biji-bijian oats kering utuh, bukan oatmeal yang siap saji, karena gandum utuh memiliki serat yang lebih dan energi yang tahan lama. Anda juga bisa memasak oat kering dengan susu ketimbang air untuk meningkatkan gizi anak, dan taburkan dengan blueberry segar untuk menu sarapan yang lebih sehat.

4. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3, lemak baik yang dikenal dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan omega 3 juga mampu memperbaiki mood dan mencegah hilang ingatan.

Anda gunakan ½ kg fillet daging salmon dan potong memanjang. Celupkan dalam putih telur yang sudah dikocok, dan masukan ke dalam campuran tepung roti dan jagung yang telah dibumbui oleh garam, lada, paprika, bubuk bawang, dan parmesan. Masak dalam wajan yang telah diminyaki menggunakan api sedang. Sajikan untuk bekal atau makan siang anak

5. Bayam

Bayam adalah salah satu sumber makanan bergizi tinggi dengan kandungan zat besi, kalsium, asam folat, dan vitamin A dan C yang sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan otak.

Sayuran ini sangat mudah diadaptasikan ke berbagai menu karena rasanya yang ringan dan cepat dimasak. Rebus bayam dalam kaldu sayur bening, tambahkan pipilan jagung manis dan hidangkan hangat saat cuaca dingin. Atau, Anda dapat menumis bayam dengan sedikit minyak sebagai lauk makan bubur bayi.

6. Ubi

Ubi merupakan salah satu makanan peningkat gizi anak yang dilengkapi dengan vitamin B, C, dan E, kalsium, kalium, dan zat besi. Ubi juga diperkaya karbohidrat kompleks dan serat yang mampu meningkatkan sistem pencernaan Anda.

Ubi sangat baik untuk mencegah naiknya kadar gula karena kadar karbohidrat kompleks yang dikandungnya. Ubi juga memiliki rasa manis yang tidak mencolok, cocok untuk resep sehat dan bekerja baik untuk menurunkan kadar asam dari tomat dalam saus pasta, sehingga anak Anda akan menyukainya.

7. Yogurt

Yogurt merupakan minuman susu yang difermentasi namun kaya akan protein, yogurt dapat membangun tulang dan gigi yang kuat. Yogurt juga dapat memperbaiki pencernaan dan melawan bakteri jahat dalam usus.

Konsumsi yogurt plain (tanpa rasa) rendah lemak dan masukkan buah segar atau beku sebagai topping. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari gula buatan dalam yogurt berperisa. Resep tersebut terasa sangat lembut dan menyenangkan kebanyakan anak yang memakannya.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca