Mengapa PDX GOS Baik untuk Kesehatan Saluran Cerna?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Dalam menjaga kesehatan anak, orang tua memerlukan pengetahuan yang cukup agar siap menghadapi segala kondisi. Untuk masalah penyakit seperti pilek, batuk, atau flu, Anda mungkin sudah menguasai beberapa tips atau cara mengatasinya. Bagaimana dengan kesehatan saluran pencernaan anak? Perlu diingat, kesehatan pencernaan anak tidak kalah penting karena berhubungan dengan sistem imun atau daya tahan tubuh anak. Ketika daya tahan tubuh menurun, anak akan rentan mengalami infeksi oleh bakteri atau virus yang meningkatkan risiko penyakit.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan anak

alergi anak atau masalah pencernaan

Sistem pencernaan memiliki hubungan erat dengan sistem imun karena usus merupakan salah satu tempat sistem imun berada.

Dilansir dari WebMD, terdapat formula sederhana untuk menjaga kesehatan pencernaan anak, yaitu serat, cairan, dan aktivitas fisik. Louise Goldberg, RD, LD, seorang ahli diet anak menyatakan, apabila anak melewatkan satu saja, kemungkinan besar gangguan kesehatan akan terjadi.

Berbicara mengenai sumber serat untuk anak, Anda dapat mendapatkannya dari makanan sehat, seperti sayur dan buah. Anak maupun orang dewasa membutuhkan serat setidaknya 14 gram serat dari setiap 1000 kalori yang dikonsumsi.

Artinya, anak usia 1-3 tahun perlu 19 gram serat per hari, dan usia 4-8 tahun perlu sekitar 25 gram per hari.

Namun, terkadang makanan tidak selalu berhasil memenuhi kebutuhan anak. Oleh sebab itu, butuh asupan suplemen untuk membantu menjaga kesehatan anak contohnya susu formula yang mengandung manfaat untuk pencernaan.

Salah satu kandungan susu formula yang bermanfaat bagi pencernaan di antaranya adalah PDX/GOS (polydextrose dan galactooligosaccharides). Apa itu PDX/GOS?

Mengenal PDX/GOS dan manfaatnya bagi pencernaan anak

susu penambah berat badan anak balita

Dari beberapa kandungan tersebut, mungkin Anda belum mengenal PDX/GOS (polydextrose dan galactooligosaccharides).

Polydextrose atau biasa disingkat PDX adalah kandungan yang cukup umum digunakan dalam industri makanan yang tidak dapat dicerna (non-digestible). Bukan tanpa alasan, PDX memiliki fungsi yang sama dengan serat makanan dan telah terbukti berpotensi sebagai prebiotik.

Perlu Anda ingat, prebiotik bermanfaat untuk pencernaan anak dengan cara meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik dalam usus. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi pada tahun 2008.

Serat prebiotik dapat berdampak pada sistem imun secara positif. Contohnya yaitu meningkatkan resistensi terhadap sejumlah infeksi.

Lalu untuk galactooligosaccharides (GOS), sebuah penelitian di Cina dan Jepang yang meneliti susu formula yang ditambah GOS menemukan, suplementasi GOS dengan jumlah kecil dalam formula anak dapat meningkatkan frekuensi feses dan meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Manfaat ini sama seperti yang ditemukan pada ASI (Air Susu Ibu). Masing-masing kandungan tersebut dapat memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik dalam usus anak.

Ditambah lagi, penelitian lain memeriksa kombinasi antara keduanya (PDX dan GOS). Hasilnya, anak yang diberikan susu formula yang mengandung PDX/GOS memiliki feses yang lebih lembut dan efek bifidogenik (menjaga pertumbuhan bakteri baik dalam usus). Ini hampir mendekati manfaat dari ASI dibandingkan dengan susu formula yang tidak mengandung PDX/GOS.

Kesehatan pencernaan anak perlu menjadi salah satu prioritas orang tua. Alasannya jelas, dengan saluran cerna yang sehat, sistem imun pun ikut mendapat dampaknya. Anak tidak akan mudah jatuh sakit akibat infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Oleh karena itu, selain menyediakan makanan sehat dan seimbang, pertimbangkan untuk menambah asupan nutrisi dari susu formula agar kesehatan pencernaan anak selalu terjaga dan dalam kondisi terbaik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Memilih Susu Soya yang Tepat untuk Kebutuhan Anak

Susu soya dapat menjadi sumber nutrisi anak. Namun, tetap teliti sebelum memilih susu soya untuk anak dan lakukan tips berikut ini.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Nutrisi Anak 3 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Kelebihan Formula PDX GOS dan Betaglucan dalam Memperkuat Imun Anak

Susu formula dengan kandungan PDX, GOS, dan Betaglucan memiliki keunggulan untuk sistem imun anak. Benarkah demikian? Bagaimana cara kerjanya?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
susu formula untuk anak
Parenting, Nutrisi Anak 5 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Peran dan Manfaat Nutrisi dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Salah satu manfaat dari nutrisi adalah untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Jika asupannya tidak mencukupi, berbagai gangguan kesehatan dapat terjadi.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Parenting, Nutrisi Anak 4 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Pertanda Ketika Sistem Imun Anak Menurun

Apabila anak mulai sering atau mudah jatuh sakit, berarti sesuatu terjadi pada sistem imunnya. Yuk, kenali apa saja tanda saat sistem imun anak menurun.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
sistem imun menurun
Kesehatan Anak, Parenting 16 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
potret anak bahagia bebas dari alergi karena orangtua menjaga keseimbangan mikrobiota usus

Apa Peran Keseimbangan Mikrobiota Usus dalam Cegah Alergi Anak?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 31 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
sudah optimalkah daya tahan tubuh anak

Sudah Optimalkah Upaya Mama untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil?

Ditulis oleh: Luthfiya Rizki
Dipublikasikan tanggal: 5 Agustus 2020 . Waktu baca 1 menit
Konten Bersponsor
perbedaan susu sapi dan soya

Adakah Perbedaan pada Tumbuh Kembang Anak Minum Susu Sapi dan Soya?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 16 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
prebiotik membantu tidur

Bisakah Prebiotik Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 16 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit