Bayi Sering Eksim? Mungkin Makanan Ibu Penyebabnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Eksim pada bayi bisa membuat bayi tidak nyaman dan sering menangis. Bayi mungkin akan berusaha untuk menggaruk bagian tubuhnya yang gatal saat eksim kambuh tapi menggaruk justru bisa membuat kondisi eksim bertambah buruk. Beberapa hal mungkin harus dihindari jika bayi Anda mempunyai eksim, salah satunya adalah makanan tertentu yang dikonsumsi ibu menyusui. Apa saja?

Apa itu eksim pada bayi?

Eksim atau juga disebut dengan dermatitis atopik adalah kondisi kulit yang mengalami peradangan, di mana kulit akan kemerahan, mengalami iritasi, kasar, dan mungkin bersisik. Kadang, benjolan kecil berisi cairan juga bisa muncul saat bayi mengalami eksim. Biasanya, eksim muncul pada bagian pipi, dahi, punggung, tangan, dan kaki.

Menurut KidsHealth, eksim bisa terjadi pada satu dari sepuluh anak. Gejalanya bisa muncul beberapa bulan setelah bayi lahir, atau pada usia sekitar 3-5 tahun. Setengah dari anak yang mengalami eksim pada masa kecilnya, mungkin bisa mengalami eksim pada saat remaja.

Jangan khawatir, eksim tidak menular. Namun, penyebab eksim pada bayi belum diketahui secara pasti. Jika bayi Anda mempunyai eksim, mungkin Anda harus menghindari beberapa hal yang dapat memicu eksim pada bayi kambuh. Salah satu hal yang bisa memicu eksim adalah makanan yang dikonsumsi ibu menyusui.

Makanan ibu menyusui penyebab eksim pada bayi

Makanan sendiri bukanlah penyebab dari eksim. Akan tetapi, makanan sedikit banyak berpengaruh terhadap munculnya gejala eksim pada bayi. Terutama jika bayi mempunyai alergi makanan tertentu.

Ibu yang masih menyusui bayinya mungkin harus memerhatikan makanan yang ia makan. Hal ini karena makanan yang ibu makan bisa masuk ke tubuh bayi melalui ASI.

payudara sakit saat menyusui

Hindari makanan penyebab alergi

Jika bayi dengan eksim masih menyusui, sebaiknya ibu menghindari makanan yang umum menyebabkan alergi. Menurut American Academy of Pediatrics, beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi dan sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui adalah:

  • Susu sapi
  • Kacang-kacangan
  • Telur
  • Kerang atau makanan laut lainnya

Hal ini sebaiknya tidak menghentikan langkah Anda untuk terus menyusui bayi sampai usia 2 tahun. Lagipula, menyusui bayi juga dapat melindungi bayi dari dampak eksim. Hal ini karena ASI mengandung antibodi khusus yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Konsumsi makanan yang dapat mendukung kekebalan tubuh

Untuk mencegah eksim pada bayi kambuh, ibu menyusui juga sebaiknya mengonsumsi banyak makanan yang dapat mendukung kekebalan tubuh. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik selama menyusui, bahkan juga disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, sehingga hal ini kemudian dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt, tempe, dan kimchi.

Asupan makanan bayi juga harus diperhatikan

Selain asupan makanan ibu, asupan makanan bayi sendiri juga dapat memengaruhi eksim, terutama jika bayi menerima susu botol atau sudah menerima makanan lain selain ASI.

Jika bayi minum susu botol dan memiliki eksim yang parah, Anda mungkin harus memberikan susu formula yang tidak memicu alergi, seperti susu formula yang terbuat dari protein terhidrolisis.

Sedangkan jika bayi Anda sudah mulai menerima makanan padat, sebaiknya tawarkan bayi makanan secara satu per satu. Setelah bayi makan, lihatlah tanda-tanda apakah ruam atau bintik kemerahan muncul di kulit bayi atau apakah bayi merasa gatal. Jika iya, mungkin bayi punya alergi makanan.

Namun, biasanya reaksi alergi baru muncul setelah beberapa hari bayi makan makanan penyebab alergi. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu ke dokter untuk memastikan alergi pada bayi.

Mengatasi eksim pada bayi

Untuk membantu mengatasi eksim, berikan juga makanan yang mengandung probiotik pada bayi untuk mendukung kekebalan tubuhnya. Juga, berikan bayi makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial seperti ikan salmon, sarden, tuna, kacang almond, kacang kenari, alpukat, dan lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak esensial dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh, sehingga dapat mendukung kesehatan kulit bayi.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Kondisi yang Menjadi Penyebab Bercak Putih pada Kulit Bayi

Bercak putih pada kulit bayi bisa menandakan masalah kesehatan. Apa saja, ya? Lantas, bagaimana cara mengibatinya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 10 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Gangguan Kesehatan Penyebab Gatal di Jari Tangan

Kondisi kulit yang kering sering dikaitkan sebagai penyebab jari tangan gatal. Namun ternyata, ada beberapa penyakit yang bisa memicu rasa gatal juga.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 9 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Fakta Empeng Bayi, Apa Saja Manfaat dan Kekurangannya?

Jika digunakan dengan benar, empeng alias dot bayi yang tak berisi susu memang memiliki banyak manfaat. Tapi ketahui juga kekurangannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 2 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

8 Cara Ampuh Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat membuat si kecil tidak nyaman. Jangan cemas, Anda bisa mengikuti cara mengatasi biang keringat pada bayi berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 30 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pedoman makanan anak 1-3 tahun

Pedoman Praktis Makanan untuk Anak Usia 1-3 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
balsem bayi

Sebelum Menggunakan Balsem Bayi, Perhatikan 3 Poin Penting Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
demam pada anak

Demam Anak Tidak Sembuh-Sembuh Meski Sudah Minum Obat, Harus Bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit