Apakah Kanker Anak Bisa Dicegah? Apa yang Harus Ortu Lakukan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 15/01/2018 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Menurut data dari International Agency for Research on Cancer (IARC), setiap tahunnya ada 300 ribu kasus kanker baru pada anak dan 80 ribu di antaranya tidak bisa diselamatkan. Kanker dapat menyerang anak pada usia berapa pun, mulai dari bayi  hingga anak tumbuh besar. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kanker pada anak? Apakah bisa mencegah kanker anak?

Apakah memang bisa mencegah kanker anak?

Sayangnya, sampai saat ini para ahli belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker, apalagi pada kasus kanker anak. Pasalnya, para ahli menyatakan hanya ada faktor risiko yang mungkin membuat peluang seseorang terkena kanker lebih tinggi. 

Kanker pada orang dewasa memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor risiko yang biasanya dikaitkan dengan pola hidup yang tidak sehat. Ya, banyak orang yang sudah menghindari rokok, tidak makanan berlemak, rajin olahraga, serta selalu makan makanan sehat, karena tak ingin berisiko terserang penyakit kanker. Hal tersebut sebenarnya berlaku untuk orang dewasa.

Lantas, bagaimana dengan anak-anak? Kanker pada anak memang tidak diketahui pasti apa penyebabnya, karena faktor gaya hidup tidak berlaku dalam hal ini. Kanker bisa menyerang anak balita hingga yang baru saja lahir, tentu hal ini bukan disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat.

Maka itu, sebenarnya sampai sekarang belum ada hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker anak. Beberapa hal mungkin saja bisa memicu kanker ini tumbuh pada si kecil, seperti keturunan atau kerusakan gen. Namun, sekali lagi belum ada bukti ilmiah yang menyatakan dengan pasti apa penyebabnya.

Meskipun di keluarga Anda ada riwayat kanker, belum tentu itu adalah penyebabnya, tapi memang hal ini bisa menambah peluang sel kanker untuk tumbuh dan berkembang.

kanker pnet

Apa yang harus saya lakukan agar anak tidak kena kanker?

Meskipun memang tidak ada hal pasti yang bisa mencegah kanker anak, para ahli berpendapat bahwa pola hidup yang sehat dalam keluarga dapat membantu menjaga kesehatan anggota keluarga secara keseluruhan. Dari membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat dari masa sebelum dan selama kehamilan, hingga masa menyusui adalah hal yang penting.

Berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol serta merokok juga sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Dengan membiasakan pola hidup yang baik dalam keluarga, membuat anak-anak juga terhindar dari risiko kanker yang mungkin saja bisa ia alami ketika dewasa.

Selain itu, Anda juga harus selalu memerhatikan dan memantau kondisi kesehatan si buah hati. Bila memang si kecil mengalami suatu gejala tertentu, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ini karena sebenarnya kanker pada anak bisa disembuhkan. Apalagi jika kanker ditemukan masih dalam stadium awal. Untuk itu, Anda harus tetap memerhatikan kesehatannya dan menerapkan pola hidup sehat pada si kecil.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Aktivitas Seru dan Menyenangkan untuk Si Kecil yang Gagap

Orangtua bisa mendorong kemampuan berbicara anak yang gagap lewat aktivitas menyenangkan. Apa saja aktivitas yang cocok untuk anak gagap? Lihat di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 07/06/2020 . 4 menit baca

Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

Supaya anak mau mendengarkan kata-kata orangtua, Anda perlu siasat khusus. Jangan malah dimarahi atau dibentak. Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Tips Parenting 30/05/2020 . 4 menit baca

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Hewan peliharaan dan anak adalah gambaran yang menggemaskan. Namun, para orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih hewan untuk anak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Tips Parenting 10/05/2020 . 6 menit baca

Aturan Pakai Masker Wajah untuk Anak dan Tips Membuat Mereka Terbiasa

Imbauan penggunaan masker saat bepergian berlaku untuk siapa pun, termasuk anak. Apa saja aturan yang harus diperhatikan ketika anak memakai masker?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 08/05/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

ruam susu bayi

Berbagai Cara Mudah Mengatasi Ruam Susu Pada Bayi ASI Eksklusif

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 menit baca
pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 menit baca
akibat anak terlalu sering dibentak

Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 8 menit baca
mata plus pada anak

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . 5 menit baca