Perkembangan Bayi 41 Minggu atau 10 Bulan 1 Minggu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/01/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 41 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu?

Menurut tes skrining perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu antara lain:

  • Berdiri berpegangan pada seseorang atau sesuatu.
  • Mencoba berdiri dari posisi duduk.
  • Protes jika Anda mencoba mengambil mainannya.
  • Berkata “mama” atau “dada” tanpa henti.
  • Bermain cilukba.
  • Meniru gerakan Anda.

Kemampuan motorik kasar

Di masa perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu ini, bayi sedang belajar untuk mengatur keseimbangan tubuhnya. Salah satu contoh, ia sudah mulai mampu berubah posisi dari berdiri menjadi duduk dengan hampir sempurna. Ia bukan hanya sekadar membanting pantatnya dengan kasar.

Bila sebelumnya ia masih perlu bertumpu pada benda di sekitarnya atau memegang tangan Anda untuk bertahan berdiri sendiri. Pada masa perkembangan bayi usia 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu, ia mulai melepas pegangan tersebut.

Meski demikian, sesekali si kecil akan kembali meraih tangan Anda atau benda di sekitarnya untuk meminta bantuan.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Setelah sebelumnya ia memang telah mampu mengucapkan “mama” dan “dada” tapi tidak begitu jelas, maka pada masa perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu, si kecil bisa mengatakannya lebih jelas.

Pada saat perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu, Anda masih akan tetap mendengar ocehannya setiap hari, bahkan setiap waktu. Khususnya setelah si kecil belajar kosa kata baru, meski dengan pengucapan yang belum jelas.

Kemampuan motorik halus

Hal yang lucu pada perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu akan tampak ketika si kecil mulai senang mendengar irama musik. Ia akan bergoyang dan bersenandung sendiri, sehingga menciptakan suatu gerakan tarian yang lucu.

Kabar baiknya, menari pada perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu, dapat membantu memperkuat otot-otot kaki si kecil. Kegiatan ini sekaligus menyempurnakan kemampuan keseimbangan tubuhnya.

Anda juga akan dibuat takjub ketika melihat si kecil telah mampu menggenggam dua benda sekaligus dalam satu kepalan tangannya.

Kemampuan sosial dan emosional

Si kecil akan menunjukkan kemampuannya yang semakin handal dalam melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan, pada masa perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu. Hanya saja, ia masih butuh waktu untuk belajar mengutarakan keinginanya, bermain dengan bola mainannya, dan menirukan kegiatan orang lain.

Apa yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu?

Berkomunikasi dengan bayi adalah cara terbaik bagi perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu. Anda dapat memberi tahu nama benda yang bayi tunjuk, atau Anda sendiri yang menunjuk untuk membantunya belajar kosa kata baru.

Pada masa perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu, Anda dapat memberikan deskripsi pada bayi mengenai apa yang sedang Anda lakukan.

Saat Anda menaruhnya ke dalam kereta dorong, katakan, “Ayo kita pergi ke taman! Tapi, kakak masuk ke dalam kereta dorong biru ini dulu, ya, nanti biar mama yang antar kakak.”

Selain itu, selama masa perkembangan 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu, Anda juga bisa menyanyikan lagu anak-anak, menunjukkan aksi sambil mengatakan “sampai jumpa” dan melambaikan tangan dan bermain. Dengan begitu, bayi bisa belajar perkembangan mengenali kata dan frase kunci.

Pada tahap permainan ini, cobalah menghindari kecenderungan untuk menggunakan bahasa bayi. Meski lucu, tapi memberi tahu kata yang benar akan lebih baik bagi perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu.

Bayi mulai mengerti banyak kata dan frase sederhana, jadi biasakan untuk terus berbicara dengannya. Bercakap-cakaplah dengan mengucapkan kata-kata bahasa orang dewasa pada masa perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu.

Jika bayi meminta botol sambil mengucapkan “bah-bah”, dengan lembut koreksilah dengan bertanya,”Kakak mau botol susu?”

Cara lain yang dapat Anda coba untuk mendukung perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu adalah menjelaskan nama dari suatu benda atau hal melalui buku cerita.

Ajak si kecil untuk membaca bersama, dan perkenalkan satu per satu hal apa saja yang ada di dalam buku cerita tersebut.

Kesehatan Bayi Usia 41 Minggu

Apa yang perlu didiskusikan dengan dokter di minggu 41 atau 10 bulan 1 minggu?

Jika memang bayi Anda tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan khusus pada perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu ini.

Akan tetapi, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan dokter apabila ada masalah pada bayi yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu?

Anda harus mengetahui sleep apnea pada perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu ini. Sleep apnea adalah kelainan tidur di mana bayi berhenti bernapas untuk sementara waktu dan berulang kali saat tertidur.

Penyebabnya mungkin ada sesuatu yang menghalangi saluran udara bagian atas, atau menghambat bayi untuk bernapas dengan benar.

Beberapa kemungkinan penyebab sleep apnea antara lain kelenjar adenoid dan amandel yang membesar, sedang sakit, alergi, bibir sumbing, atau sistem saraf yang belum berkembang dengan baik.

Bayi prematur dan bayi yang memiliki kondisi seperti cerebral palsy dan Down syndrome, lebih berisiko terkena sleep apnea. Selama tidur, bayi dengan sleep apnea mungkin mendengkur keras, terengah-engah, atau batuk.

Bahkan bisa saja bayi tampak mengalami sulit bernapas atau terdapat jeda panjang di antara napas, tidak bisa tenang, atau mengeluarkan banyak berkeringat. Anak dengan sleep apnea mungkin juga terbangun sejenak berkali-kali sepanjang malam dan tampak kurang tidur di siang hari.

Sleep apnea yang tidak diobati dapat mengakibatkan komplikasi kardiovaskular dan masalah belajar dan kebiasaan. Bicarakan dengan dokter, khususnya jika amandel atau kelenjar adenoid menyebabkan masalah ini. Dokter mungkin akan menyarankan operasi untuk beberapa kondisi tertentu.

2. Pilih tempat penitipan anak yang tepat

Jika Anda tidak dapat mengurus si kecil selama waktu tertentu atau bahkan sedang tidak dimintai tolong untuk menjaga, menitipkan bayi di tempat penitipan anak mungkin bisa menjadi salah satu solusi.

Hanya saja, jangan lupa perhatikan beberapa kriteria untuk memilih tempat penitipan anak pada masa perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu.

Mulai dari para pembimbing si kecil di tempat tersebut, perlakuannya pada si kecil, aturan yang diterapkan, dan lain sebagainya. Pasalnya, hal tersebut berguna dalam proses perkembangan bayi 41 minggu alias 10 bulan 1 minggu.

Meski pada awalnya, si kecil mungkin terlihat agak bingung dan canggung dengan suasana serta orang-orang baru, tapi biasanya seiring berjalannya waktu ia akan terbiasa dengan sendirinya.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu?

Perkembangan bayi  41 minggu alias 10 bulan 1 minggu ini, umumnya sedang menunjukkan beberapa kebiasaan, seperti membenturkan kepalanya, menggoyangkan tubuhnya, hingga menggulingkan tubuhnya.

Tampaknya si kecil telah menunjukkan bahwa ia sudah mulai mengerti ritme pada perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu. Anda tidak bisa memaksa bayi menghentikan salah satu kebiasaannya, sampai ia memang benar-benar mau menghentikannya.

Akan tetapi, tips di bawah ini mungkin memudahkan Anda untuk menenangkan si kecil pada masa perkembangan bayi 41 minggu atau 10 bulan 1 minggu:

  • Lebih sering memeluk dan menggoyangkan bayi dengan lembut.
  • Lakukan banyak aktivitas ritmik, seperti menggoyangkan bayi di atas kursi goyang, memberikan satu atau lebih mainan bersuara, dan bermain tepuk tangan. Anda juga bisa melakukan permainan lain yang menggunakan jari atau tangan, terutama musik.
  • Biarkan bayi bermain dengan aktif selama siang hari.
  • Melakukan rutinitas yang menenangkan bayi, misalnya memeluk, pijat ringan, dan mungkin sedikit goyangan, walau tidak sampai tertidur.
  • Jika bayi sering membenturkan kepalanya di dalam boks bayi, jangan taruh dia di boks sebelum ia merasa mengantuk.
  • Jika bayi tetap menggoyangkan atau membenturkan kepalanya, kurangi risiko bahaya dengan meletakkan boks di atas karpet tebal dan beri pengaman. Hal ini bertujuan agar boks tidak akan bergeser atau memantul di atas lantai.
  • Usahakan untuk meletakkan boks sejauh mungkin dari dinding atau perabotan lainnya. Jika perlu, berikan alas di luar boks. Ingat untuk memeriksa boks secara berkala untuk mencari mur yang longgar, terutama apabila bayi senang memanjat.

Lalu, bagaimana perkembangan bayi 42 minggu?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 menit baca

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . 6 menit baca

Terus Mengantuk dan Ingin Tidur, Ini Berbagai Penyebab Anda Tidur Berlebihan

Kurang tidur di malam hari menjadi penyebab utama Anda mengalami tidur berlebihan atau hipersomnia, tapi beberapa penyebab lainnya juga perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Hidup Sehat, Gangguan Tidur 02/06/2020 . 4 menit baca

Pilihan Susu Formula Agar Bayi Tidak Sembelit

Susu formula ternyata bisa membuat bayi sembelit. Lantas, seperti apa susu formula untuk bayi yang tidak bikin sembelit? Lihat beberapa pilihannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Nutrisi Anak 22/04/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 menit baca

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca