Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Supaya Imun Anak Kuat, Ini Kandungan yang Harus Ada Dalam Susu Formulanya

Supaya Imun Anak Kuat, Ini Kandungan yang Harus Ada Dalam Susu Formulanya

Asupan nutrisi harian anak berasal dari berbagai macam makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Nutrisi yang cukup dapat mendorong tumbuh kembang anak sekaligus menjaga sistem imun agar tidak mudah sakit. Apabila Anda khawatir si kecil tidak cukup mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan, salah satu alternatifnya adalah suplementasi dalam bentuk susu formula. Namun, bagaimana cara memilih susu formula sesuai kebutuhan anak? Kandungan apa yang sebaiknya terdapat dalam susu formula? Simak penjelasan berikut ini.

Kandungan dalam susu formula anak untuk mendukung sistem imun

memilih susu untuk anak

Dokter akan selalu menyarankan anak mendapat asupan nutrisi yang berasal dari ASI (air susu ibu). Namun terkadang Ibu tidak bisa setiap saat memenuhi anjuran ini. Oleh karena itu, susu formula anak dapat menjadi solusinya.

Namun, Anda tentu perlu tetap memperhatikan kandungan di dalamnya. Terutama dalam mempertimbangkan susu formula yang dapat mendorong sistem imun anak agar tetap kuat. Apa saja kandungan dalam susu formula yang dimaksud?

Beta-glucan

Sebuah penelitian di Cina yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition & Food Science menemukan bahwa beta-glucan dapat meningkatkan kesehatan anak. Asupan beta-glucan yang dapat berasal dari susu formula menurunkan risiko dan tingkat keparahan penyakit menular sehingga mengurangi beban orang tua saat merawat anak yang sakit.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih susu formula yang mengandng beta-glucan agar daya tahan tubuh meningkat sehingga anak bisa terlindung dari penyakit menular.

Omega 3 dan 6

Ibu bisa memilih susu formula dengan kandungan omega 3 dan 6. Asupan omega 3 dan 6 dapat membantu perkembangan otak si kecil dan kemampuan belajarnya.

susu organik untuk daya tahan tubuh

Seperti yang dilansir dari Healthline, omega 3 dan 6 dipercaya dapat mendukung kemampuan belajar si kecil, seperti fokus, daya tangkap, dan memorinya. Ibu bisa mendukung momen cerdasnya dengan memastikan si kecil mengonsumsi nutrisi yang tinggi omega 3 dan 6.

Prebiotik

Artikel dari Universitas Indonesia yang berjudul Terapi Probiotik dan Prebiotik pada Penyakit Saluran Cerna Anak menyatakan bahwa terdapat bukti mengenai manfaat prebiotik dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit saluran cerna, termasuk diare infeksi, diare akibat antibiotik, traveller’s diarrhea, dan intoleransi laktosa.

Agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga sehingga terlindung dari berbagai jenis penyakit, seperti gangguan pada saluran cerna, pastikan susu formula mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anak, termasuk prebiotik.

Polydextrose dan galactooligosaccharides (PDX/GOS)

Polydextrose (PDX) adalah sejenis serat larut air (soluble fiber). PDX memiliki efek prebiotik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, prebiotik bermanfaat bagi bakteri sehat dalam usus yang berhubungan dengan sistem imun anak.

Sebuah kajian yang diterbitkan di Journal of Nutrition pada tahun 2011 juga mendukung pernyataan ini. Penambahan PDX pada susu formula anak menghasilkan efek prebiotik.

manfaat susu organik untuk kecerdasan anak

Lalu apa manfaat dari PDX/GOS? Sebuah kajian dari Department of Pediatrics di Brazil mengungkapkan, penambahan PDX dan GOS dalam formula terbukti dapat ditoleransi anak dengan baik. Ini dapat mendukung pencernaan lebih baik serta konsistensi feses yang lebih lunak.

Dari kajian yang diterbitkan Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), susu formula yang ditambah kandungannya dengan PDX, GOS, dan beta-glucan, lalu difortifikasi dengan mikronutrien termasuk zinc, vitamin A, dan zat besi bermanfaat dalam menurunkan manifestasi alergi di kulit dan saluran pernapasan, contohnya seperti ruam dan asma.

Cermat dalam memilih susu formula merupakan salah satu kunci untuk melindungi anak dari ancaman berbagai jenis penyakit dan juga alergi. Pastikan si kecil mendapat asupan nutrisi yang cukup agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak tidak terganggu.

Ibu bisa memulainya dengan menyajikan nutrisi yang mengandung PDX GOS. Salah satu nutrisi tersebut ada di dalam susu formula.

Susu ini diformulasikan secara spesial karena memiliki kombinasi nutrisi unik dengan prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 tinggi yang terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil.

Dengan meminum susu ini, si Kecil memiliki peluang lebih baik untuk menghindari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lain yang menunggu di sekolah ataupun selama di rumah. Sehingga momen cerdasnya dapat optimal.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fields, L. (2014, March 26). Tips to Choose Baby Formula. Retrieved April 3, 2020, from https://www.webmd.com/parenting/baby/choosing-a-formula#1

Cafasso, J. (2016). Iron Supplements for Kids: Safe Types. Retrieved April 3, 2020, from https://www.healthline.com/health/parenting/iron-supplements-for-kids

F, M. (2016). Bakers Yeast Beta-Glucan Decreases Episodes of Common Childhood Illness in 1 to 4 Year Old Children during Cold Season in China. Journal of Nutrition & Food Sciences6(4). https://doi.org/10.4172/2155-9600.1000519

Scalabrin, D., Stolz, S., Zhuang, W., Pontes, M., Mattos, A. de, Almeida, I., Godoy, C., Gatto, S., Leal, V., Cabral, G., Ribeiro, T., & Ribeiro, H. (2014). Impact Of Formula Containing Docosahexaenoic Acid, Prebiotics, and Beta-Glucan On Allergic Manifestations In Young Children. Journal of Allergy and Clinical Immunology, 133(2), AB211. https://doi.org/10.1016/j.jaci.2013.12.755

Firmansyah, A. (2016). Terapi Probiotik dan Prebiotik pada Penyakit Saluran Cerna Anak. Sari Pediatri2(4), 210. https://doi.org/10.14238/sp2.4.2001.210-4

Herfel, T. M., Jacobi, S. K., Lin, X., Fellner, V., Walker, D. C., Jouni, Z. E., & Odle, J. (2011). Polydextrose Enrichment of Infant Formula Demonstrates Prebiotic Characteristics by Altering Intestinal Microbiota, Organic Acid Concentrations, and Cytokine Expression in Suckling Piglets. The Journal of Nutrition141(12), 2139–2145. https://doi.org/10.3945/jn.111.143727

Polydextrose – an overview | ScienceDirect Topics. (2019). Retrieved April 5, 2020, from https://www.sciencedirect.com/topics/biochemistry-genetics-and-molecular-biology/polydextrose

Ribeiro, T. C. M., Costa-Ribeiro, H., Almeida, P. S., Pontes, M. V., Leite, M. E. Q., Filadelfo, L. R., … Scalabrin, D. M. F. (2012). Stool pattern changes in toddlers consuming a follow-on formula supplemented with polydextrose and galactooligosaccharides. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition54(2), 288–290. https://doi.org/10.1097/MPG.0b013e31823a8a4c

Richter, J., Svozil, V., Král, V., Rajnohová Dobiášová, L., & Vetvicka, V. (2015). β-glucan affects mucosal immunity in children with chronic respiratory problems under physical stress: clinical trials. Annals of Translational Medicine3(4). https://doi.org/10.3978/j.issn.2305-5839.2015.03.20

Omega-3 for Kids: Benefits, Side Effects, and Dosage. (2020). Retrieved 13 April 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids#benefits-for-kids

Infant formula must contain DHA omega-3 and AA omega-6, say international experts. (2020). Retrieved 13 April 2020, from https://www.eurekalert.org/pub_releases/2008-03/udg-ifm032608.php

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x