Perlukah Mencuci Baju Bayi Pakai Detergen Khusus?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Punya bayi yang baru lahir pasti sangat menyenangkan, tapi di lain sisi Anda juga harus siap dengan segala keperluan si kecil. Tak hanya memerhatikan asupan makan, Anda juga harus memerhatikan perawatan tubuhnya. Ini mulai dari sabun mandi, jenis bahan pakaian yang akan digunakan, hingga produk detergen khusus yang digunakan untuk mencuci baju bayi. Sebenarnya, perlu atau tidak menggunakan detergen khusus untuk mencuci pakaian si buah hati?

Apakah perlu mencuci baju bayi dengan detergen khusus?

Mungkin ketika bayi belum lahir, Anda tidak terlalu memerhatikan dan kurang peduli dengan produk detergen yang digunakan selama ini. Yang Anda tahu, yang penting produk detergen tersebut bisa bikin baju lebih bersih dan tentunya wangi. Namun, saat bayi sudah lahir, Anda baru menyadari bahwa tidak semudah itu memilih produk detergen untuk bayi.

Ya, banyak orangtua yang mengira bahwa mereka membutuhkan detergen khusus untuk mencuci baju bayi. Akan tetapi, apakah benar mencuci baju bayi tidak bisa menggunakan detergen yang biasa dipakai keluarga?  

Sebenarnya, Anda tak perlu menggunakan detergen khusus untuk mencuci pakaian si kecil. Kecuali jika memang bayi Anda punya kulit yang sensitif atau suatu alergi tertentu, misalnya terhadap pewangi dari detergen yang selama ini Anda pakai. Jika bayi Anda tak punya masalah kulit seperti itu, maka aman-aman saja untuk menggunakan detergen pakaian yang biasanya Anda gunakan untuk mencuci baju keluarga.

Bila memang si kecil punya kulit yang sensitif, maka ketika ia menggunakan pakaian yang dicuci dengan detergen biasa, mungkin muncul gejala-gejala seperti:

Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera periksakan si kecil ke dokter dan sebaiknya ganti produk detergen khusus pakaian bayi. Namun, bila memang si kecil tidak menunjukkan tanda-tanda apa pun, hal tersebut tak diwajibkan. Anda bisa, kok, tetap mencuci baju bayi dengan detergen yang biasa Anda gunakan.

Terkadang, beberapa produk detergen khusus pakaian bayi justru tidak ampuh menghilangkan kotoran. Jika begitu, Anda bisa memilih produk detergen biasa yang tidak berwarna dan tak mengandung zat pewangi berlebihan. Biasanya, detergen yang seperti itu cenderung lebih aman untuk kulit si kecil.

bahan baju untuk bayi

Bagaimana mencuci baju bayi yang tepat?

Tak hanya memilih detergen saja, cara mencucinya juga harus Anda perhatikan, tidak bisa sembarangan. Berikut adalah beberapa tips mencuci pakaian si kecil:

  • Pisahkan baju yang kena kotoran dan tidak. Hal ini dilakukan agar baju yang kotor bisa Anda cuci sampai bersih dan kotorannya tak mengenai baju lainnya.
  • Gunakan air dengan suhu yang tepat. Anda sebaiknya merendam pakaian bayi yang kotor dengan air panas selama 10-15 menit sebelum dicuci.
  • Hindari menggunakan pelembut dan pewangi pakaian. Biasanya produk tersebut memiliki zat kimia yang dapat membuat kulit si kecil iritasi dan alergi.
  • Keringkan baju bayi di bawah terik matahari. Jangan hanya mengandalkan mesin pengering saja, setelah dikeringkan sebaiknya tetap jemur pakaian si kecil di bawah sinar matahari agar tidak lembap dan tumbuh jamur.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Fakta Mengagumkan Soal Lutut Manusia yang Tangguh Tapi Rawan Cedera

Lutut manusia bertugas untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, cari tahu berbagai fakta menarik soal kesehatan lutut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Penyebab BAB berdarah bukan cuma ambeien alias wasir saja. Darah pada feses bisa jadi pertanda adanya kanker pada salah satu organ saluran cerna Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kanker, Kanker Lambung 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan yang enak, gurih, dan lebih sehat. Simak beragam resep membuat bakwan yang mudah berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Resep Sehat, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit dari tikus

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
efek bleaching gigi

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit