3 Langkah Memilih Produk Skincare Terbaik untuk Kulit Bayi Sensitif

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit bayi yang sensitif lebih rentan terhadap iritasi atau ruam. Untuk itu, Anda perlu lebih bijak dalam memilih produk perawatan kulit untk bayi Anda. Jangan sampai salah pilih sehingga jadi berdampak buruk pada kesehatannya. Simak ulasan berikut untuk membantu Anda memilih produk perawatan kulit bayi sensitif.

Panduan memilih produk perawatan kulit bayi sensitif

Ada berbagai jenis produk perawatan kulit bayi seperti sabun, losion pelembap, baby oil, salep ruam popok, tisu basah dan bedak yang mudah ditemukan di toko-toko. Namun untuk kulit bayi yang sensitif, tidak semua produk tersebut cocok untuk kulitnya. Untuk itu, sebelum mengaplikasikan produk tersebut ke kulit bayi, sebaiknya Anda membaca label pada kemasan produk dengan teliti.

Orangtua tidak boleh sembarangan memilih produk perawatan kulit bayi. Pertama, pastikan dulu bahwa produk tersebut memang diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Produk perawatan kulit khusus bayi biasanya minim kandungan zat kimia keras yang bisa mengeringkan kulitnya. Produk-produk khusus bayi juga dirancang khusus untuk melindungi keseimbangan alami kulit bayi serta mempertahankan lapisan pelindung kulit terluar.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih produk perawatan kulit bayi sensitif, yaitu:

1. Lihat kandungan produk

Bebas phthalate dan paraben. Produk perawatan kulit bayi yang mengandung zat aditif phthlate dan paraben harus dihindari. Sebab kedua zat ini dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan eksim pada kulit bayi. Penelitian membuktikan bahwa phthalate dan paraben berpotensi mengubah kadar hormon dalam tubuh setelah diserap kulit.

Hypoallergenic. Label ini menandakan bahwa kandungan produk dapat menyebabkan sedikit alergi pada kulit bayi. Akan lebih aman bila Anda tidak memilih produk perawatan kulit yang memiliki label ini walaupun kemungkinannya kecil terjadi alergi .

Bebas alkohol. Dilansir dari Baby Center, walaupun ada beberapa alkohol seperti fatty alcohol tidak memiliki efek pada kulit bayi, sebenarnya alkohol hanya diperuntukkan pada produk perawatan kulit orang dewasa. Alkohol dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit bayi. Maka sebaiknya memilih produk perawatan kulit bayi yang bebas alkohol.

Hindari produk sabun antibakteri. Meskipun Anda cemas dengan kuman atau bakteri yang menempel pada kulit bayi. Memilih sabun antibakteri sebenarnya tidak dibutuhkan oleh bayi. Bahan kimia tambahan yang terdapat pada sabun antibakteri, yaitu triclosan dikhawatirkan akan mengiritasi kulit bayi yang sensitif.

Bebas pewangi dan pewarna. Produk yang menggunakan bebas pewangi dan tidak berwarna tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada kulit bayi. Bila kulit bayi Anda kering atau memiliki eksim, semua produk yang mengandung pewangi akan mengiritasi dan memperburuk kondisi kulit. Biasanya produk yang melabelkan kata “wangi” menggunakan bahan kimia tambahan dalam membuat aroma.

Sesuai dengan pH kulitnya. Beberapa minggu setelah dilahirkan, permukaan kulit bayi berubah dari pH yang mendekati netral menjadi pH 5,5. Untuk itu, pilih produk perawatan kulit yang mendekati tingkat pH kulit bayi yang tidak akan menganggu lapisan kulit. Namun, seringkali produk perawatan kulit bayi sensitif tidak memberika label yang tepat. Selama kulit tidak kering atau terkelupas ketika memakainya, pH produk berati tidak bermasalah.

2. Cek kondisi kemasan

Bila kandungan produk sudah sesuai, Anda harus melihat kembali keadaan produk. Apakah terdapat cacat atau tidak. Kemudian, perhatikan tanggal kedaluwarsa produk. Bila tanggalnya sudah lewat atau hampir habis, sebaiknya beli yang baru.

3. Lihat aturan pakai dan label peringatan

Penting untuk Anda membaca aturan pemakaian pada kemasan produk. Biasanya beberapa produk menyertakan lembaran aturan pemakaian secara terpisah, bukan hanya pada kotak kemasan. Ini mencegah terjadinya salah cara pemakaian atau pemakaian produk yang berlebihan.

Sebelum digunakan ke kulit bayi, sebaiknya tes dulu pada kulit bayi. Caranya oleskan sedikit produk pada area tangannya, kemudian tunggu hingga beberapa jam. Jika muncul ruam atau gatal, kemungkinan produk tersebut tidak cocok untuk kulit bayi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ibu, Ini 9 Penyakit Kulit yang Paling Umum Dialami Bayi

Bayi rentan mengalami masalah kulit karena kulitnya masih sangat sensitif. Lantas, apa saja penyakit kulit pada bayi yang paling umum?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Kadang, ibu tidak memperhatikan kapan harus mengganti popok dan cenderung membiarkan bayinya memakai popok terlalu lama. Ini akibatnya pada bayi Anda.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Ruam Popok

Bayi yang keseringan pakai popok, memang rentan terkena ruam popok. Jangan khawatir, ikuti cara berikut ini untuk mengobati dan mengatasi ruam popok.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 13 menit

Berbagai Cara Mudah Mengatasi Ruam Susu Pada Bayi ASI Eksklusif

Para ibu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kemunculan ruam susu atau ruam di pipi bayi. Namun, apakah ruam susu itu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bentol di kulit bayi

4 Tips Mudah Mengatasi Bentol di Kulit Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Kulit bayi Sensitif

Ketahui 4 Tips Merawat Kulit Bayi Sensitif

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
cara merawat kulit bayi

Cara Merawat Kulit Bayi yang Tepat Tanpa Membuat Iritasi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
mencegah ruam popok

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit