Berat Badan Bayi Kurang, Bolehkah Diberikan Susu Formula?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bayi yang memiliki berat badan kurang, lebih rentan terkena berbagai penyakit yang tentunya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Berat badan bayi yang kurang harus segera ditangani. Lalu, apakah susu formula bisa diandalkan untuk membuat berat badan bayi naik? Apakah pemberian susu formula boleh dilakukan pada bayi dengan berat badan yang kurang?

Apa penyebab berat badan bayi kurang?

Berat badan bayi yang kurang ketika lahir, bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang terjadi saat kehamilan. Kondisi ini disebut dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang bayi BBLR:

  • Status gizi ibu saat hamil tidak normal, cenderung kurang.
  • Mengalami komplikasi ketika kehamilan.
  • Jarak kehamilan berdekatan dengan kelahiran anak sebelumnya.
  • Kondisi kesehatan ibu secara keseluruhan.
  • Usia ibu terlalu muda, atau kurang dari 21 tahun.

Semua hal tersebut dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau kurang dari 2500 gram. Sementara, berat badan kurang yang terjadi pada bayi yang berusia 1-6 bulan bisa disebabkan akibat:

  • Penyakit infeksi. Bayi yang mengalami sakit infeksi, entah itu akibat infeksi virus atau bakteri lebih sering ditemukan mengalami kekurangan gizi pula.
  • Makanan yang diberikan tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Kondisi ini tak hanya membuat bayi mengalami kekurangan berat badan, namun juga rentan terkena penyakit infeksi.

Apakah saya boleh memberikan susu formula untuk menambah berat badan bayi yang kurang?

Masih banyak ibu yang menganggap bahwa susu formula lebih baik diberikan untuk bayinya, agar pertumbuhan dan perkembangannya baik. Padahal, telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan hingga bayi berusia 6 bulan dan dilanjutkan dengan memberikan makanan pendamping ASI hingga anak berusia 2 tahun.

ASI masih menjadi makanan yang terbaik dan mudah dicerna oleh bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, meskipun ia mengalami kekurangan berat badan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan kuantitas dari ASI ibu sendiri, semakin baik kualitas dan kuantitas ASI-nya, maka kebutuhan makan bayi akan terpenuhi dengan baik.

susu untuk ibu menyusui

Jika kualitas ASI saya kurang bagus, apakah bisa digantikan dengan susu formula?

ASI memang tergantung dengan makanan yang dikonsumsi serta status gizi ibu. Kedua hal tersebut tak hanya memengaruhi kualitas, namun juga kuantitas dari ASI. Namun, faktanya meski seorang ibu mengalami kurang gizi, ia akan tetap dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas ASI yang baik.

Sebab, tubuh ibu akan mendahulukan produksi ASI ketimbang memperbaiki tubuhnya yang kekurangan gizi. Jadi ASI akan dibuat dari sisa-sisa cadangan makanan yang ada di dalam tubuh ibu. sehingga, hampir tidak mungkin seorang ibu memiliki kualitas ASI yang kurang baik.

Oleh karena itu, jangan terlalu khawatir dengan kualitas ASI Anda dan tetap berikan bayi kesayangan Anda dengan ASI yang dihasilkan. Bila memang Anda mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI atau ASI tidak bisa keluar, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membantu merencanakan makanan yang tepat bagi Anda.

Susu formula bisa saja diberikan oleh dokter jika berat badan bayi Anda kurang dari yang seharusnya.

Lalu, mana yang lebih diutamakan? ASI atau susu formula?

Sampai saat ini ASI adalah makanan yang paling mudah dicerna dan baik untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat bayi seharusnya diberikan susu formula dan yang menentukan hal tersebut adalah tim medis yang menangani bayi Anda.

Dan jika bayi terpaksa diberikan susu formula, sebaiknya Anda konsultasikan dahulu masalah ini pada ahli gizi, sebab perencanaan untuk mengatasi gizi kurang pada bayi harus dilakukan dengan tepat. Salah-salah memberikan susu formula, justru akan menimbulkan masalah lain pada sang bayi.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Indikator Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Orangtua Ketahui!

Indikator tumbuh kembang anak Indonesia diyakini belum memenuhi standar global. Cari tahu penyebabnya dan upaya mengoptimalkan tumbuh kembangnya di sini.

Ditulis oleh: Nadhila Erin
Anak 6-9 tahun, Tumbuh Kembang Anak 6-9 Tahun, Parenting 21 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Saat sedang menjalani promil, Anda perlu tahu berbagai cara cepat hamil yang perlu dilakukan bersama pasangan. Berikut tipsnya untuk Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak Usia 6-9 Tahun

Selepas balita, pertumbuhan anak masih perlu dipantau. Agar tetap ideal, berapa berat dan tinggi badan anak usia 6-9 tahun yang seharusnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Saat hamil, Anda mungkin akan menemukan garis hitam di perut pada usia kehamilan yang mulai besar. Tapi, tidak semua ibu hamil punya garis ini. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bayi tumbuh gigi

11 Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui Orangtua

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
cat kuku kutek

Informasi Seputar Cat Kuku dan Dampaknya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
jadwal mpasi 6 bulan

Pedoman Jadwal MPASI Bayi 6-11 Bulan yang Paling Ideal

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit